10 Skandal Kelam Dunia Hiburan Korea Selatan Yang Menggemparkan, Mulai Dari Bunuh diri, Narkoba, Hingga Pelecehan Seksual. - Kpop Indonesia

10 Skandal Kelam Dunia Hiburan Korea Selatan Yang Menggemparkan, Mulai Dari Bunuh diri, Narkoba, Hingga Pelecehan Seksual.

Dunia hiburan Korea Selatan masih menjadi daya tarik yang begitu memikat bagi masyarakat dunia. Mulai dari boygroup, girlgroup, para penyanyi solo, Band, tak lupa juga drama-drama Korea yang semakin hari semakin berkembang dan menarik untuk diikuti dan dinikmati.

Hingar bingar dunia hiburan Korea Selatan selalu menunjukkan warna yang begitu ceria dan menyenangkan. Aktor dan aktris drama dengan penampilan yang menawan, idol-idol grup yang bersliweran menjadi bintang iklan ataupun brand ambassador merek-merek terkenal sekelas Gucci, Prada, Celine, Chanel dan banyak lagi.

Tak ayal banyak anak-anak muda maupun dewasa yang berkeinginan hidup menjadi bagian dari bintang-bintang dunia hiburan Korea Selatan.

Namun pada kenyataannya semua hal selalu memiliki sisi gelapnya. Tak terkecuali dengan dunia hiburan Korea selatan. Mulai dari kasus Narkoba, Bunuh diri, Bullying, hingga pelecehan seksual.

Berikut ini 10 skandal dunia hiburan Korea yang sempat menggemparkan jagat maya.

1. Kasus Burning Sun

Digadang-gadang akan menjadi pemimpin agensi YG Entertainment, Seungri ‘BIGBANG’ justru terlibat dalam skandal Burning Sun yang menghebohkan publik.

Burning Sun sendiri merupakan klub malam yang dimana Seungri ‘BIGBANG’ tercatat pernah menjabat sebagai direktur utamanya. Kasus ini melibatkan banyak tindak kriminalitas seperti penyuapan polisi, kekerasan terhadap pelanggan, pemerkosaan, prostitusi, hingga perdagangan dan penggunaan narkotika.

Akibatnya, Seungri ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut dengan dakwaan (tanpa penahanan) telah melanggar undang-undang antiprostitusi Korea Selatan.

2. Skandal Pembullyan member T-Ara oleh sesama member

Skandal ini terjadi pada kisaran tahun 2012. Girlgroup T-Ara yang saat itu sangat eksis mengadakan konser di Jepang. Namun salah satu membernya yaitu Hwayoung hanya ikut tampil satu lagu karena dikabarkan mengalami cedera kaki.

Setelah kejadian tersebut, member T-Ara yang lain karena merasa kesal ‘menyindir’ Hwayoung di akun Twitter mereka. Dari kejadian tersebut para pendukung Hwayoung menggali bukti-bukti untuk menguatkan bahwa Hwayoung mengalami pembullyan dalam grup.

Mereka menemukan bukti-bukti seperti rekaman video yang menunjukkan bahwa Hwayoung sering diabaikan oleh member lain, dipermalukan secara tidak langsung, dan tampak lebih akrab dengan grup lain dibanding grupnya sendiri.

Hal tersebut akhirnya membawa kehancuran bagi T-Ara. Namun akhirnya pada tahun 2017, Hwayoung dan kembarannya Hyoyoung tampil dalam acara Taxi dan menceritakan kronologi kasus bullying tersebut dari sudut pandangannya. Ia mengaku sering mengurung diri di kamar dan menangis, dan Hyoyoung adalah pendukung terbesarnya.

Seorang mantan staf Core Contents Media yang merasa kesal karena pengakuan Hwayoung akhirnya membeberkan fakta bahwa Hwayoung sebenarnya tidak mengalami cedera kaki parah, dia telah sehat namun tetap meminta kakinya digips. Ia juga diminta untuk berobat namun justru tidak mau dan memilih pergi ke salon hias kuku.

Jadi selama ini Hwayoung membohongi publik tanpa alasan yang jelas, dan Core Contents Media pun tidak memberikan pernyataannya.

3. Kasus Bunuh Diri Jang Ja Yeon

Siapa sangka kalau kasus bunuh diri akrtis Korea Selatan satu ini disebabkan oleh depresi karena skandal pemerkosaan yang menimpa dirinya.

Jang Ja Yeon yang merupakan pemeran Sunny dalam drama populer adaptasi Meteor Garden, Boys Before Flower memutuskan untuk mengakhiri hidupnya pada tahun 2009 silam diduga karena depresi setelah dirinya menjadi korban kekerasan seksual.

Dari surat yang ia tulis, Ja Yeon mengaku kalau dirinya dipaksa melakukan hubungan seks dengan 31 orang yang berbeda.

Yang mengejutkan adalah dari ke-31 laki-laki tersebut kebanyakan merupakan para petinggi manajemen dan agensi yang menaunginya.

4. Manipulasi skor di ajang survival show ‘Produce X 101

Skandal ini berawal dari hasil temuan netizen mengenai keganjilan selisih perolehan suara 11 kontestan Produce X 101 yang lolos dan akan didebutkan dalam X1. Polisi akhirnya menyelidiki dugaan adanya manipulasi dalam program survival buatan Mnet ini.

Satu demi satu penyelidikan akhirnya mengungkap adanya praktik suap yang dilakukan sejumlah agensi yang trainee nya diikut sertakan dalam program tersebut. Mereka melakukan suap terhadap PD program Produce untuk melakukan perubahan pada hasil voting. Pada akhirnya Ahn Joon Young (Produser acara tersebut) ditetapkan sebagai tersangka. Kepada polisi, pihaknya mengakui adanya manipulasi di program Produce X 101 dan Produce 48. Hal ini menyebabkan bubarnya grup X1.

5. Jung Joon Young dan grup chat seks yang juga berkaitan dengan Burning Sun

Terlibat dalam skandal grup chat mesum yang juga menyeret nama Seungri, Jung Joon Young terpaksa harus didepak dari agensi yang menaunginya yaitu MAKEUS Entertainment pada bulan Maret 2019.

Joon Young juga dikeluarkan dari acara televisi yang dibintanginya, 2 Nights 1 Day (2N1D) karena keterlibatannya dalam skandal tresebut.

Kasus ini bermula saat Joon Young diketahui merekam video seksnya dengan para wanita saat mereka tak sadarkan diri dan menyebarkannya di sebuah grup chat yang juga berisi idol idol ternama Korea termasuk Seungri.

Atas perbuatannya tersebut, pada tanggal 21 Maret 2019 Joon Young resmi ditahan dan terancam hukuman 7 tahun penjaara.

6. Kasus bullying member AOA

Skandal yang ramai pada 2020 ini terjadi pada girlgroup AOA. Kwon Mina yang merupakan mantan anggota AOA mengaku pernah di-bully Shin Jimin selama 10 tahun belakangan hingga Mina melakukan percobaan bunuh diri.

Dia kedapatan beberapa kali memposting pergelangan tangannya yang berdarah akibat luka sayatan di akun Instagram pribadinya. Hal tersebut tentu saja menimbulkan kekhawatiran publik.

Pada akhirnya Shin Jimin pun turut hengkang dari AOA dan berhenti dari dunia hiburan.

7. Kasus narkoba B.I iKON

Kasus ini telah ada sejak tahun 2016 namun baru muncul ke media pada tahun 2019. Hanbin atau yang biasa dipanggil B.I diketahuin melakukan transaksi pembelian narkoba kepada mantan trainee YG Entertainment yang diketahui bernama Han Seo Hee.

Akibat kasus ini B.I akhirnya keluar dari iKON dan meninggalkan YG Entertainment. Diketahui B.I mengaku pernah memiliki keinginan untuk mencoba narkoba. Hasil tes pun mengeluarkan hasil bahwa B.I negatif narkoba sehingga pada akhirnya kasusunya dihentikan.S

Sekarang Hanbin sendiri telah bergabung dengan IOK Company dan menjabat sebagai Direktur eksekutif label tersebut. Dirinya telah mengeluarkan beberapa lagu seperti Midnight Blue, Waterfall dan Stay yang berkolaborasi dengan Tablo.

8. Itaewon F4

Itaewon F4 adalah julukan yang diberikan pada 4 orang idol Line 97 yang kedapatan mengunjungi 2 restoran dan sebuah tempat hiburan di Itaewon yang pada saat itu, 25 April 2020, telah ditetapkan sebagai cluster penyebaran Covid-19.

4 orang yang dijuluki F4 tersebut adalah Jeon Jungkook BTS, Cha Eunwoo Astro, Kim Mingyu Seventeen, dan Jung Jaehyun NCT. Keempatnya kedapatan mengunjungi daerah Itaewon pada tanggal 25 April malam sampai 26 April 2020 dini hari dalam rangka melakukan gathering.

Usai berita itu muncul ke media sosial, masing-masing dari mereka membuat surat tulis tangan berisi pernyataan meminta maaf dan menyesali perbuatan yang mereka lakukan .

9. Kematian Rapper Iron

Iron adalah seorang Rapper Korea Selatan yang terkenal berkat keikutsertaannya dalam program survival show Hip Hop ‘Show Me The Money 3’ besutan Mnet.

Dia ditemukan dalam keadaan bersimbah darah pada 25 Januari 2021 di area kediamannya oleh penjaga kemanan komplek apartemen Jung-go, Seoul, Korea Selatan. Ia lantas dibawa ke rumah sakit terdekat namun nyawanya tak tertolong hingga akhirnya meninggal dunia.

Polisi mengatakan tak ada indikasi percobaan bunuh diri. Namun bukti yang mengarah kepada pembunuhan pun belum mereka temukan sehingga penyebab kematiannya masih belum jelas.

Iron sendiri diketahui pernah terjerat kasus penggunaan ganja pada 2016, kasus penganiayaan teman sekamarnya saat remaja dengan tongkat baseball, dan menyerang serta mengancam mantan pacarnya pada 2018.

Karena kasus pada 2018 tersebut ia mendapat hukuman kurungan penjara selama 2 tahun dan 80 jam pengabdian masyarakat.

10. Kematian Sulli eks F(x)

Sulli atau Choi Jin Ri adalah member girlgroup F(x) di bawah naungan agensi SM entertainment. Dirinya meninggal dunia pada 14 Oktober 2019 akibat bunuh diri dengan cara gantung diri.

Diketahui selam masa karirnya Sulli kerap kali menerima rumor keji tanpa alasan yang membuatnya tertekan hingga mengganggu kesehatan mentalnya. Dalam suatu acara Sulli pernah mengaku bahwa hidupnya begitu hampa dan dia hanya pura-pura bahagia.

Ditambah pula dengan dirinya yang merupakan pendukung feminis dan aksi-aksinya seperti unggahan foto tanpa menggunakan bra dan perannya dalam film ‘Real’ bersama Kim Soo Hyun semakin membuat masyarakat memberikan komentar negatif pada Sulli yang semakin membuatnya depresi sehingga memilih untuk mengakhiri hidupnya.

Demikian 10 skandal K-Pop yang membuat gempar pada masanya. Perlu diketahui bahwa hal membahagiakan yang kita lihat tidak semuanya nyata, banyak kesemuan dalam dunia ini. Dan jagalah jari-jari anda dari ketikan jahat yang akan melukai orang lain.

Sumber : Allkpop, Dispatch, IDN Times, Soompi
Written by: Tiya

Kpopindo.id

Add Comment