10 Street Food Khas Korea Selatan Paling Populer, Kalian Harus Coba! - Kpop Indonesia

10 Street Food Khas Korea Selatan Paling Populer, Kalian Harus Coba!

Sumber: Personal

Kpopindo.id – Korea Selatan memang terkenal dengan aneka macam jajanan pinggir jalan (street food) yang sangat enak dan menggugah selera. Ketika kamu pergi ke Korea pasti tergiur dengan banyaknya makanan di pinggir jalan.

Tentunya tak jarang pula, jajanan pinggir jalan khas korea ini muncul di beberapa drama-drama. Kpopindo.id akan merangkum beberapa jajanan pinggir jalan khas korea paling populer, stay tuned!

1. TTEOKBOKKI

Sumber: eatrightseatle.org

Pasti banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan jajanan ini, Tteokbokki adalah salah satu makanan jajanan paling populer di Korea. Tteokbokki terbuat dari kue beras Korea, kue ikan Korea, kaldu sup Korea/kaldu dashi dan gochujang (pasta cabai Korea).

2. ODENG

Sumber: idntimes.com

Odeng adalah makanan berkuah yang biasanya di santap saat musim dingin, namun saat ini banyak dijadikan sebagai camilan kapan saja.

Odeng biasanya dijual di kedai pinggir jalan bersama dengan street food khas Korea lainnya. Bentuk odeng tipis dan pipih lalu ditusuk bambu panjang, adonan dibuat seperti gelombang dan disajikan dengan kuah bening segar atau bisa menggunakan bumbu tambahan.

3. GYERANPPANG

Sumber: Wikipedia

Gyeranppang adalah roti kecil yang manis, beruap, panas dan lembut dengan telur utuh di atasnya.

Penjual Gyeranppang menggunakan mesin khusus yang memungkinkan mereka membuat beberapa lusin roti sekaligus. Si penjual menuangkan adonan ke dalam rak cetakan gyeranppang logam, memecahkan telur, menutupi cetakan, dan membaliknya untuk dimasak.

4. CORN DOG

Sumber: food.detik.com

Apakah kalian sudah menonton drama Start Up? kalau iya, pasti kalian sudah tidak asing dengan makanan ini. Karena di beberapa adegan menampilkan jajanan Corn dog, bahkan nenek seo dal mi (Bae Suzy) berjualan Corn dog di taman Yeouido, Hangang.

Corn dog adalah makanan yang mengombinasikan sosis dengan adonan tepung tebal. Sebelum di goreng, corn dog juga dilapisi kentang goreng.

Corn dog saat ini sudah banyak macamnya, tak hanya menggunakan isian sosis, namun bisa menggunakan keju mozarella. Lapisan luarnya tak hanya memakai tepung jagung kasar, bisa juga menggunakan kentang, mie yang di hancurkan, dan tepung roti. Di Korea corn dog ditaburi gula halus dan diberikan saus. Bahkan di Indonesia pun saat ini sudah banyak yang menjual jajanan tersebut.

5. HOTTOEK

Sumber: Wikipedia

Hottoek (pancake manis Korea) adalah jajanan jalanan Korea yang paling populer. Mereka sangat populer di saat musim dingin.

Hottoek dikenalkan oleh imigran Cina pada awal tahun 1900-an di Korea, dan berjalan sampai saat ini.

6. BUNGEOPPANG

Sumber: Wikipedia

Bungeoppang adalah kue serupa wafel dengan bentuk ikan mas yang populer di Korea. Bungeoppang terasa manis legit karena diisi pasta kacang merah. Beberapa penjual menawarkan bungeoppang yang diisi dengan krim custard, yang mana disebut “chou-cream bungeoppang”.

Pencinta drama Vincenzo pun pasti tau dengan jajanan ini, di episode 12 Vincenzo (Song Joong Ki) dan Hong Cha Young (Jeon Yeo Bin) sedang menikmati Bungeoppang yang ada di pinggir jalan.

7. PAJEON

Sumber: idntimes.com

Pajeon adalah makanan asal Korea Selatan sejenis pancake tradisional. Pajeon ini bisa divariasikan isi campurannya, mulai dari daging, kimchi, seafood hingga sayur-sayuran.

8. KIMBAB

Sumber: Kimchi.com

Kimbab adalah jenis makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Kimbab populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan.

Tidak diketahui asal-muasal Kimbab. Ada yang mengatakan bahwa makanan ini diadaptasikan dari sushi Jepang. Namun, faktanya Kimbab adalah “Korean breakfast yg praktis untuk dibawa dan dimakan dimana saja”.

9. YANGNYEOM CHICKEN

Sumber: Wikipedia

Dilansir dari Wikipedia, Yangnyeom Chicken (ayam goreng bumbu) adalah jenis ayam goreng Korea yang dibumbui saus pedas manis gochujang, bawang putih, gula, dan bumbu-bumbu lainnya.

Sajian ini sering dihidangkan sebagai anju, yaitu makanan pendamping minuman keras, di Korea Selatan. Penulis Julia Moskin dari The New York Times menyebut Yangnyeom chicken sebagai “apoteosis” ayam goreng gaya Korea.

10. JAPCHAE

Japchae adalah salah satu hidangan Korea paling populer, biasanya jadi salah satu makanan pendamping nasi.

Japchae dibuat dari mie khusus yang terkesan transparan seperti kaca bernama dangmyeon. Dangmyeon adalah mie yang dibuat dari tepung ubi jalar khas Korea.

Nah, itulah beberapa rangkuman jajanan pinggir jalanan paling populer khas Korea Selatan. Wah! malah jadi ingin mencobanya, bukan?

Cr: Wikpedia, zenrooms
Written by: Feby Dwi Lestari
KPopindo.id

Add Comment