6 Sejarah Kepemimpinan CEO SM Entertainment Tahun 1989 Hingga 2021 - Kpop Indonesia

6 Sejarah Kepemimpinan CEO SM Entertainment Tahun 1989 Hingga 2021

SM Entertainment merupakan salah satu agensi hiburan tertua di Korea Selatan. Sejak berdiri SM telah mengalami pergantian CEO dari tahun ke tahun. Mari kita simak siapa saja yang pernah menduduki kursi CEO agensi hiburan besar ini.

1. Choi Jin-Yeol

Merupakan CEO pertama SM Entertainment yang ditunjuk oleh Lee Soo Man. Menarik, ternyata ia adalah pegawai pos sebelum ditunjuk menjadi CEO SM yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan dunia hiburan. Ia berhenti pada tahun 1990-an karena posisi SM saat itu nyaris bangkrut akibat skandal narkoba Hyun Jin-Young dan menjadi manajer Seo Taiji and Boys.

2. Jung Hae-Ik

Jung Hae-Ik CEO kedua SM Entertainment. Pada masa kepemimpinannya lahir H.O.T tahun 1996 dan S.E.S tahun 1997. Namun tidak berlangsung lama karena kejadian ‘kudeta’ oleh Kim Kyung Wook pada tahun 1998.

3. Kim Kyung Wook

Si CEO ‘kontrovesional’ SM pada jamannya. Ia pernah berseteru dengan H.O.T dan penyebab krisis missmanagament yang mengakibatkan grup seperti M.I.L.K, Black Beat, Isaac dan Jiyeon berantakan. Namun di sisi lain, dibawah kepemimpinannya ekspansi K-Pop ke Tiongkok, Jepang dan Amerika mulai berjalan. TVXQ adalah satu-satunya grup yang bertahan di masa kepemimpinan Kim Kyung Wook.

4. Kim Young-Min

Adalah CEO SM Entertainment kontroversial ke-2 setelah Kim Kyung Wook. Ia dikenal sebagai CEO “tangan besi” karena sifatnya yang keras dan ketat terhadap artis mereka. Banyak skandal selama masa kepemimpinannya, seperti  gugatan hukum JYJ, keluarnya 3 member EXO dan Hangeng serta kasus Jessica Jung. Sisi baiknya, SM Entertainment mengalami masa keemasan selama kepemimpinan Kim Young Min pada tahun 2015-2016.

5. Nam So-Young

CEO perempuan pertama SM Entertainment yang menggantikan Kim Young Min pada tahun 2017. Tidak berlangsung lama, ia lengser karena performanya yang kurang baik dan diambil alih lagi oleh Kim Young Min pada Agustus 2018 sampai awal 2020.

6. Chris Lee

Chris Lee merupakan CEO SM Entertainment saat ini. Keponakan Lee Soo Man dari jalur istrinya, pria yang bernama asli Kim Eun Jin ini telah berkarir sejak 2005 di SM Entertainment. Ia dikenal sebagai ketua tim A&R paling sukses.

Cr.beritasmtown

Writter by : Tia

Add Comment