7 Culture Shock di Korea Selatan! - Kpop Indonesia

7 Culture Shock di Korea Selatan!

Source: Pinterest

Kpopindo.id – Culture Shock merupakan geger budaya yang biasanya terjadi ketika seseorang berada di lingkungan baru. Baik itu pindah negara, luar kota, provinsi, sekolah dan lainnya.

Banyak warga Indonesia yang demam dengan Korea Selatan, entah karena drama, musik, atau budaya. Tentu hal itu, banyak yang berkeinginan untuk pergi ke Korea.

Sebelum pergi ke Korea Selatan, alangkah baiknya mempelajari budaya negara tersebut, supaya tidak mengalami culture shock.

Adapun beberapa culture shock di Korea Selatan!

1. Aturan buang sampah yang sangat ketat

Korea Selatan jangan sekali-kali membuang sampah sembarangan. Negara tersebut punya aturan yang ketat perihal buang sampah. Jika melanggar akan dikenakan denda.

2. Taat mengantri

Tidak taat saat antri atau nyerobot sama saja kalian mencari ribut. Karena warga Korea sangat taat dan menghargai sesamanya.

3. Berisik saat makan

Jangan heran jika orang Korea ketika makan berisik, mereka menganggap suara berisik saat makan merupakan tanda kalau makanan yang dihidangkan itu sangat lezat.

Berbeda dengan Indonesia, kita harus makan dengan tenang bahkan tidak boleh berbicara.

4. Makanan yang dipisah

Di Indonesia ketika makan, lauk dengan nasi akan disatukan dalam satu piring. Akan tetapi di Korea, nasi dengan lauk pauk akan disimpan dalam wadah yang terpisah.

Ketika makan di restoran Korea, selain menu utama para pelayan juga akan menyajikan lauk pendamping atau yang dikenal dengan nama banchan termasuk satu mangkuk kecil kimchi.

5. Koneksi internet sangat cepat

Jika kalian sering mengalami hilangnya sinyal, mungkin akan betah jika tinggal di Korea Selatan. For your information, koneksi internet di Korea Selatan adalah yang tercepat di dunia.

Para warganya menggunakan Internet Explorer dan alih-alih menggunakan Google. Orang Korea Selatan justru lebih nyaman menggunakan Naver yang merupakan mesin pencari buatan Korea Selatan.

6. Para couple yang tidak segan mengumbar kemesraan

Para pasangan di Korea Selatan tidak segan menunjukkan kemesraan di depan umum. Mulai dari outfit yang kembaran, berpegangan tangan, sampai pelukan di depan umum bukanlah pemandangan yang aneh di sana. 

7. Saling menyentuh

Korea Selatan tidak segan untuk saling bersentuhan atau berpelukan dengan orang yang dianggap dekat. Hal berlaku juga untuk sesama jenis, termasuk laki-laki dan laki-laki.

Perilaku seperti itu bukan berarti mereka saling suka, melainkan bentuk kedekatan sebagai teman.

Nah itulah beberapa Culture Shock di Korea Selatan. Culture Shock bukan sesuatu yang aneh, tidak hanya berlaku di satu negara saja, namun hampir setiap negara memiliki culture shock yang berbeda.

Cr: Idntimes, koreabanget
Written by: Feby Dwi Lestari
Kpopindo.id

Add Comment