8 Idol K-Pop ini sukses dirikan agensi mereka sendiri! - Kpop Indonesia

8 Idol K-Pop ini sukses dirikan agensi mereka sendiri!

Demam budaya korea hingga kini masih terus diminati masyarakat Indonesia bahkan kian banyak peminatnya. Agensi-agensi hiburan di Korea Selatan pun semakin menambah kinerja mereka dengan merekrut bakat-bakat luar biasa yang akan dilatih dan mereka jadikan sebagai bintang masa depan. Sebut saja idol-idol rookie agensi besar seperti Aespa dari SM Entertainment, Treasure dari YG Entertainment, dan Enhypen yang berada di bawah naungan HYBE Entertainment yang kini mulai terlihat prestasinya walau usia debutnya baru seumur jagung.

Dalam menjalani karir mereka para artis K-Pop tentu saja memiliki masa kontrak dengan agensi. Biasanya satu kali penandatanganan mereka memiliki masa kontrak 7 tahun. Setelah itu kebijakan akan diberikan kepada sang artis apakah ingin melanjutkan kontrak atau memutuskannya.

Sebagian besar idol memilih untuk memperpanjang kontrak, namun ada pula yang justru berpindah agensi atau malah membangun agensinya sendiri. Banyak pula dari mereka yang mendapat kesuksessan karena para fans yang setia dan memberikan dukungan penuh. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ini daftarnya.

1. Rain

Suami dari Kim Tae Hee ini adalah mantan artis di bawah naungan JYP Entertainment. Dia memutuskan keluar dari agensi tersebut dan mendirikan agensinya sendiri pada tahun 2007 dengan nama J. Tune Entertainment. Namun kemudian saham J.Tune entertainment ia jual pada JYP. Rain kemudian mendirikan lagi agensi barunya pada 2015 dengan nama Rain Company yang pada 15 Maret 2021 lalu mendebutkan boygroup pertamanya yang bernama CIIPHER.

2. Kang Daniel

Idol laki-laki yang dikenal melalui grup Wannaone ini memilih untuk bersolo karir dan mendirikan agensinya sendiri setelah 2 tahun menjalani aktivitas sebagai member Wannaone. Agensi yang ia beri nama KONNECT Entertainment. Album solonya yan berjudul ‘Color On Me’ begitu sukses di pasaran.

3. Zico

Zico yang sempat begitu populer lewat lagu Any Song ini adalah mantan anggota grup BlockB. Dia memutuskan tidak memperpanjang kontrak dengan agensi lamanya, kemudian mendirikan agensinya sendiri. Agensi yang ia dirikan pada 2019 ini bernama KOZ Entertainment. Namun pada 2020 agensi HYBE Entertainment (yang saat itu masih bernama Big Hit) mengakuisisi agensi yang menaungi solois Dvwn ini.

4. PSY

Pada tahun 2012 lagu Gangnam Style yang dinyanyikan oleh PSY begitu mengguncang dunia. Lagu yang turut menaikan namanya ini bahkan sempat menjadi video dengan penayangan terbanyak di Youtube. Dia adalah artis dalam naungan YG Entertainment, sebelum akhirnya memutuskan keluar pada dan mendirikan agensinya sendiri yang ia beri nama P-Nation pada 2018. Agensi ini menaungi artis-artis seperti Hyuna, Edawn, dan Jessi.

5. Jay Park

Mantan anggota Boy Band 2 PM ini memutuskan keluar dari agensi JYP Entertainment yang menaunginya pada 2013. Ia lantas mendirikan agensinya sendiri yang diberi nama AOMG. Salah satu artis yang bernaung di bawah agensinya yaitu Simon Dominic.

6. Hyolyn

Setelah hengkang dari Starship Entertainment, mantan member Sistar ini kemudian mendirikan agensi yang ia beri nama Bridge. Agensi ini menaungi para ahli di bidang koreografi, creative director, video editor dan produser yang akan bekerja bersamanya. Ia berjanji akan membuat musik yang bagus dan bekerja brsama orang-prang terbaik demi kemajuan agensi yang didirikannya.

7. Ravi VIXX

Setelah memutuskan tak lagi memperpanjang kontrak dengan Jellyfish Entertainment, Ravi yang masih tetap bergabung dengan grup VIXX ini mendirikan agensi sendiri yang ia beri nama GROOVL1N. Ia mendapat dukungan penuh para penggemarnya, karena ia dipercaya sebagai seorang yang kreatif dalam membuat lagu. Salah satu lagu solonya yang patut untuk didengarkan yaitu yang berjudul Rockstar.

8. HIGHLIGHT


5 member boygroup BEAST yang memutuskan keluar dari Cube Entertainment ini membangun agensi mereka sendiri. Mereka yang kemudian mengganti nama grup menjadi Highlight, membangun agensi bernama Around Us Entertainment yang kemudian mendebutkan grup Highlight itu sendiri.

Itulah 8 Idol yang tetap sukses meskipun memutus kontrak dengan agensi lama mereka. Walau tentu saja banyak halangan dan rintangan yang mereka hadapi demi kesuksessan yang mereka dapatkan sekarang. Semangat mereka yang tak pantan menyerah dan berani melangkah keluar dari zona nyaman patut untuk kita teladani.

Written : Tiya

Kpopindo.id

Add Comment