Album Debut Solo Kai - Kpop Indonesia

Album Debut Solo Kai

Sumber: Pinterest / EXO Planet

Kim Jong-in atau lebih sering dikenal sebagai Kai merupakan seorang penyanyi, model, aktor, dan penari asal Korea Selatan. Ia juga menjadi salah satu anggotan EXO yang debut pada tahun 2012, masuk kedalam sub-unit EXO-K dan sebagai salah satu member supergrup SuperM. Sebagai aktor, Kai juga membintangi beberapa drama seperti Choco Bank (2016), Andante (2017). dan Spring Has Come (2018). Selain karir perfilman-nya, Kai memulai solo karir pada November 2020 lalu dengan mini album bertajuk Kai (开).

Kai The 1st Mini Album ‘KAI (开)’

Sumber: Pinterest

Album Type: Mini Album
Genre: Dance
Record Label: SM Entertainment
Distribution: ETC
Release: 2020.11.30
Track list:
음 (Mmmh)
Nothing on Me
기억상실 (Amnesia)
Reason
Ride or Die
Hello Stranger

Mini album debut Kai (开) memiliki enam tracks termasuk Mmmh sebagai lead single. Album fisik tersedia dalam tujuh versi yang berbeda: 3 versi photobook, 3 versi jewel case, dan satu versi flipbook.

Sumber: Pinterest / EXO Planet

Dikutip dari Wikipedia, berikut adalah penjelasan komposisi enam lagunya:

Lagu utama 음 (Mmmh) merupakan lagu pop R&B dengan melodi yang simple namun membuat kecanduan, juga digambarkan sebagai lagu cinta yang menarik dan apa adanya.

Single kedua, Nothing on Me adalah lagu PBR&B yang menampilkan alur bass yang heavy. Menggambarkan momen dimana seorang protagonist yang mabuk karena aroma orang lain sambil mendekat pada mereka.

기억상실 (Amnesia) sebagai lagu R&B dan trap dengan alur melodi yang atraktif. Single ini bercerita tentang momen ketika protagonis jatuh cinta dan melupakan semua kenangan lama, hanya ingin mengisi kehidupannya dengan kenangan bersama pasangannya saat ini.

Reason memiliki genre R&B progresif yang dikomposeri oleh Mike Daley, seorang produser Amerika, dengan pola 808 adiktif yang dimasukkan ke musik EDM minimal. Liriknya menceritakan tentang mencari satu sama lain dan akhirnya jatuh terpesona kepada satu sama lain.

Ride or Die merupakan lagu PBR&B yang diproses oleh produser Cha Cha Malone, menyatukan suara gitar oriental dan suasana dreamy. Liriknya mengenai sebuah titik dimana waktunya melangkah keluar dari batasan yang ada guna menikmati kehidupan.

Hello Stranger adalah lagu R&B progresif yang menonjol dengan suara gitar lyrical. Lirik lagu bercerita dimana terdapat situasi saat seseorang merasakan simpati pada orang asing.

Video highlightFilm: Kai’ dikeluarkan pada 27 November, adalah sebuah video yang terdiri dari penampilan dari keseluruhan lagu didalam album. Video ini dirilis di V Live, Naver, dan Youtube. Dikatakan bahwa video tersebut sebagai bayangan untuk para penggemar, dan sebagai inspirasi yang menunjukkan konsepnya datang dari berbagai film.

Sumber: Pinterest

Kai muncul di DoReMi Market bersama dengan Ravi VIXX, dimana ia bermain bersama anggota lainnya dan memberikan spoiler untuk poin dari dance lagu Mmmh di acara.

30 November, video musik resmi dirilis 6 jam sebelum perilisan album, pada pukul 12pm KST. Music video menggabungkan berbagai material seperti sci-fi, dan menunjukkan kemampuan berteleportasi Kai, yang merupakan kekuatan supernya dalam dunia EXO.

Satu jam sebelum rilis, Kai melakukan siaran di V Live, mempromosikan dan berdiskusi mengenai album bersama penggemar melalui komentar . Kemudian satu jam usai rilis, Kai muncul di Kim Shinyoung Noon Song of Hope Radio untuk mempromosikan album dan berbicara mengenai banyak hal yang berkaitan dengan album tersebut. Penampilan Mmmh pertama kali dibawakan di Naver Now.

Album Kai debut di Gaon Album Chart pada posisi tiga, posisi sebelas di Japanese Album. Meraih posisi tujuh di Billboard Top Heatseekers, kemudian di Billboard World Albums pada posisi sebelas, dan posisi dua puluh tiga di UK Digital Albums.

Mengenai perilisan album debutnya, Kai mengaku sangat gugup dan canggung. Namun ia terinspirasi oleh rekannya, Baekhyun, yang menurutnya sukses dalam bersolo karir dan penjualan albumnya mencapai berjuta-juta. Ia bangga sekaligus termotivasi. Ia juga menyebutkan dirinya yang masih newbie dalam bersolo karir, sehingga meminta banyak dukungan dari para penggemar. Selain itu Kai juga mengungkapkan rasa terima kasihnya pada para EXO-L.

Salam Kpopindo!

Sr: Wikipedia, tirto.id
Kpopi

Add Comment