Berikut Tiga Mini Album Baekhyun! - Kpop Indonesia

Berikut Tiga Mini Album Baekhyun!

Sumber: Pinterest / Twitter

Siapa yang tidak kenal member EXO yang satu ini, Byun Baekhyun. Lahir di Bucheon, Gyeonggi, 6 Mei 1992 lalu. Profesinya bukan hanya sekedar penyanyi, tetapi penulis lagu juga sebagai aktor Korea Selatan. Memulai debut sebagai anggota EXO, juga masuk kedalam sub-unit EXO-K dan EXO-CBX. Selain itu ia juga memulai karirnya sebagai solois pada 2019 dengan mini album City Lights. Dan sampai 2021 sekarang telah mengeluarkan tiga mini album. Mau tahu apa saja? Yuk, simak!

1. Baekhyun The 1st Mini Album ‘City Lights’

Sumber: Pinterest / SM Global Shop

Album type: Mini Album
Genre: Ballad
Record Label: SM ENTERTAINMENT
Distribution: ETC
Release: 2019.07.10
Track List:
• UN Village
• Stay Up (Feat. Beenzino)
• Betcha
• Ice Queen
• Diamond
• Psycho (Bonus Track)

Dirilis pada 10 Juli 2019, mini album City Light menjadi album debut solo Baekhyun. Memiliki total enam lagu dengan UN Village sebagai lead single. UN Village bergenre R&B dengan suara senar dan ketukan groovy. Berkisah tentang momen romantis pasangan yang menikmati cahaya bulan di bukit UN Village.

Baekhyun sempat mengadakan showcase pribadi di Seoul Arts Center, ia menampilkan UN Village untuk pertama kalinya sebelum album dan music video tersebut dirilis. Pada 12 Juli, di Hee-yeol’s Sketchbook, Baekhyun membawakan single UN Villages dan pada hari yang sama pula ia melakukan promosi di Music Bank. Secara keseluruhan saat masa promosi, single tersebut telah meraih tiga trofi.

9 Juli, penjualan album telah mencapai 401.545 kopi dalam delapan hari. UN Village menempati puncak iTunes di 67 negara. Juga menduduki posisi puncak di Gaon Album Chart, serta menjadi album yang paling laris di Juli 2019, dengan total penjualan 508.321 kopi di Gaon Album Chart dan total 100 kopi penjualan di Amerika Serikat. Single ini juga mendapat posisi empat di Billboard World Albums Chart. Di Prancis album City Lights meraih posisi nomor dua puluh pada French Digital Albums Chart. Serta mendapat posisi delapan di Billboard Japan Hot Albums Chart dan posisi tiga puluh satu di Australian Digital Album Chart.

2. Baekhyun The 2nd Mini Album ‘Delight’

Sumber: Pinterest / SM Global Shop

Album type: Mini Album
Genre: ETC
Record Label: SM ENTERTAINMENT
Distribution: ETC
Release: 2020.05.25
Track List:
• Candy
• R U Ridin’?
• Bungee
• Underwater
• Poppin’
• Ghost
• Love Again

Pada April 2020, Baekhyun dirumorkan sedang menggarap album keduanya, dan kemudian hal itu dibenarkan oleh Sang agensi, bahwa Baekhyun akan merilis mini album keduanya pada akhir Mei. 25 Mei, album resmi dirilis secara fisik maupun digital. Album Delight memiliki total tujuh lagu dengan genre yang berbeda-beda. Single lead Candy menggambarkan lagu R&B dengan synth yang adiktif dan melodi yang trendi. Liriknya seolah mengekspresikan pesona seorang Byun Baekhyun yang warna-warni seperti bermacam rasa permen.

25 Mei 2021, penjualan album telah mencapai 732.297 kopi. Menjadikan album solois yang paling banyak dipesan dalam sejarah Korea Selatan. Usai dirilis, album Delight menduduki puncak iTunes di 79 negara. Mendapat gelar all-kill di Melon, menjadikan Baekhyun sebagai artis solois pertama yang mencapai gelar tersebut pada tahun 2020. Selain itu meraih posisi satu dan menjadi album terlaris Mei 2020 di Gaon Albums Chart, dengan total penjualan 660.000 kopi. Juni 2020, Delight melampaui 971.000 penjualan. Membuat Baekhyun menjadi solois pertama yang mendapat sertifikasi Triple Platinum KMCA. 1 Juli, album tersebut telah melampaui 1 juta penjualan.

Delight juga meraih kesuksesan di luar negeri. Dengan mendapat posisi lima di Billboard World Albums Chart, lalu posisi enam di Oricon Album Chart. Di Cina, album Delight mencapai hasil penjualan 3 juta Yuan di QQ Music pada 28 Mei, membuatnya sebagai album Korea pertama tahun 2020 yang mendapat sertifikasi Triple Platinum. 25 November, Delight kembali menuai keberhasilan dengan mendapat sertifikasi Diamond karena melampaui 250.000 penjualan di QQ Music. Mengikuti posisi GD sebagai solois Korea pertama yang mendapat sertifikasi Diamond di QQ Music.

3. Baekhyun The 3rd Mini Album ‘Bambi’

Sumber: Pinterest / SM Global Shop

Album type: Mini Album
Genre: Ballad
Record Label: SM ENTERTAINMENT
Distribution: ETC
Release: 2021.03.30
Track List:
• Love Scene
• Bambi
• All I Got
• Amusement Park
• Privacy
• Cry For Love

Bambi menjadi mini album ketiga milik solois Baekhyun. Didalamnya terdapat enam single memiliki title track Bambi dan salah satu single, Amusement Park yang sudah dirilis pada 21 Desember 2020 lalu. Album Bambi dirilis sebelum keberangkatan Baekhyun untuk melaksanakan wajib militer. Music video dan album fisik maupun digital dirilis bersamaan pada 30 Maret 2021.

Sebagai bagian dari promosi, Baekhyun melakukan siaran V Live sebagai promosi satu jam sebelum album dirilis. Bambi mendapatkan trofi pertamanya pada 9 April di Music Bank. Pada promosi album kali ini, Baekhyun tidak bisa mengikutinya secara biasa dikarenakan kewajiban dinasnya.

Beberapa jam sebelum perilisan juga, dilaporkan bahwa pre-order Bambi telah mencapai 833.392 kopi, menjadi rekor terbesar dengan solois pertama yang memiliki pre-order terbanyak. Tak lama usai dirilis, Bambi menempati posisi puncak di iTunes pada 70 negara. Juga mendapat posisi satu di Gaon Albums Chart, dan menjadi album terlaris Maret 2021 di Gaon dengan 591.944 penjualan. Sembilan belas hari kemudian, mini album ketiga Baekhyun ini telah melampaui 1 juta penjualan.

Selain itu, juga meraih posisi nomor lima belas di Billboard World Albums Chart. Di Cina, pada QQ Music, Bambi telah mendapat hasil 1 juta Yuan setelah satu jam dirilis. Menjadikan Baekhyun sebagai penyanyi Korea pertama yang mendapat sertifikasi Double Platinum di tahun 2021.

Semua kesuksesan yang didapatkan Baekhyun tidak instan. Melalui beberapa tahun sejak debutnya, Baekhyun telah berusaha keras agar dikenal banyak orang. Ayo tetap dukung Baekhyun!

Salam Kpopindo!

Cr: Wikipedia
Kpopindo.id.

Add Comment