BTS: Love Yourself 承 ‘HER’ - Kpop Indonesia

BTS: Love Yourself 承 ‘HER’

Loving yourself is the beginning of true love’ sangat mendalam bukan? Mencintai diri sendiri adalah yang utama sebelum mencintai orang lain. Mencintai diri sendiri adalah awal dari cinta sejati. Makna itulah yang terdapat di mini album terbaru BTS kali ini.

Sejak awal debutnya sampai pada album kali ini, masing-masing memiliki makna yang mendalam sekali, serta kadang kali relate dengan kehidupan. Tetapi sepertinya itulah tujuannya.

Nah, mari kita simak beberapa info mengenai album, yuk!

Love Yourself 承 ‘HER’

Sr: ibighit.com

Album type: Mini Album
Genre: Hip hop, pop, R&B, EDM, & electro-pop
Record Label: Big Hit, LOEN, & Universal
Release: 2017.09.18
Track List:
• Intro: Serendipity
• DNA
• Best Of Me
• Dimple
• Pied Piper
• Skit: Billboard Music Award Speech
• MIC Drop
• Go Go
• Outro: Her

18 September 2017, BTS merilis album dengan seri baru, LOVE YOURSELF, seri pertama berjudul 承 ‘HER’. Album dirilis dengan empat versi: versi L, O, V, dan E, serta sembilan lagu, DNA sebagai lagu utama, dan MIC Drop sebagai b-side track.
LOVE YOURSELF ‘HER’ merupakan ekspresi dari kecemasan yang dirasakan dan kegembiraan akan cinta, diceritakan dalam style unik BTS. ‘LOVE’ yang ingin disampaikan BTS dalam seri LOVE YOURSELF adalah pengalaman pribadi seorang anak laki-laki yang tumbuh dewasa, serta pesan damai dan persatuan bagi masyarakat saat ini. Dalam mini album ‘HER’ yang memulai cerita baru, citra seorang anak laki-laki yang jatuh cinta untuk pertama kalinya diekspresikan dengan cara yang segar dan ceria, bertujuan untuk membicarakan topik mengenai ‘cinta’ sembari tenggelam dalam kisah dewasa.

Single utama, DNA mendapat posisi dua di Gaon Digital Chart, bersama semua lagu dari album yang meraih posisi 40 besar. Juga di nomor satu pada Billboard K-Pop Hot 100, nomor enam puluh tujuh di US Billboard Hot 100 dan nomor sembilan puluh di UK Singles Chart. selain itu DNA meraih penjualan 2,5 kopi digital di Korea Selatan pada Februari 2019.

Sr: Pinterest / seoul572.rssing.com

Lagu ini mendapat sertifikasi emas oleh Recording Industry Association of America (RIAA) dan double platinum oleh Recording Industry Association of Japan (RIAJ). DNA menerima beberapa penghargaan, termasuk nominasi untuk Song of The Year di 15th Korean Music Awards dan di 19th Mnet Asian Music Awards. Untuk video musiknya dalam 24 jam setelah rilis telah ditayangkan sebanyak 21 juta kali. Menjadi music video K-Pop pertaa yang mencapai lebih dari 20 juta penayangan selama 24 jam.

Sementara untuk b-side track, MIC Drop, memulai debutnya di nomor dua puluh delapan pada US Billboard Hot 100, menjadi lagu pertama BTS yang meraih 40 besar di chart tersebut. Juga nomor tiga puluh tujuh di Canadian Hot 100 dan mencapai puncak juga di beberapa wilayah lain. MIC Drop mendapat sertifikasi platinum dari RIAA dan double platinum dari RIAJ.

Sr: Pinterest / allkpop.com

BTS melakukan promosi di beberapa program musik Korea Selatan, termasuk M! Countdown, Music Bank, dan Inkigayo. Selain itu, boy group ini juga tampil di 2017 American Music Awards. DNA turut ditampilkan di festival musik SBS Gayo Daejeon pada 25 Desember 2018.

Selama periode 25 – 31 Agustus 2017, pre-order mencapai 1,051,546 juta kopi. Membuat BTS sebagai grup K-Pop pertama yang meraih lebih dari satu juta pre-order.

Ketika selesai perilisan, LOVE YOURSELF ‘HER’ memulai debutnya pada posisi nomor satu di Gaon Album Chart. Sementara posisi tujuh di Billboard 200 AS, membuat prestasi kembali dengan album K-Pop dengan charting tertinggi di chart tersebut. LOVE YOURSELF: ‘HER’ tetap berada di Billboard 200 selama 44 minggu, membuatnya menjadi album Korea pertama yang melakukannya. Majalah Seventeen menyebut album tersebut sebagai salah satu dari ‘The 8 Best Albums of 2017 So Far’.

Album ini mencapai 31,000 kopi album-equivalent units, dimana 18,000 di antaranya adalah penjualan album murni. Sebab hal itu, BTS menjadi artis Asia pertama dalam tujuh tahun yang mendapat posisi sepuluh besar di chart. Kemudian pada 7 Oktober, album menapaki nomor empat belas di UK Albums Chart. Lalu pada nomor dua di Japanese Oricon Albums Chart, kemudian pada minggu kedua, album berpindah posisi menjadi nomor satu.

Menurut Gaon Album Chart bulanan yang rilis pada 14 Oktober, LOVE YOURSELF: ‘HER’ adalah album dengan pernjualan tertinggi pada September 2017 dengan penjualan sebanyak 1,203,533 kopi, selain itu album ini juga memiliki penjualan bulanan tertinggi kedua dalam sejarah Gaon Chart, dan merupakan album pertama dalam 16 tahun yang terjual lebih dari 1,2 juta kopi sejak album g.o.d Chapter 4 yang diluncurkan 2001 lalu. Dengan begitu, mengalahkan rekor yang dibuat album WINGS. Serta menjadi salah satu album terlaris dalam sejarah Gaon Chart dengan penjualan lebih dari 2,2 juta kopi pada April 2020.

LOVE YOURSELF: ‘HER’ memenangkan penghargaan utama di 32nd Golden Disc Awards dalam Physical Categori di 11 Januari 2018.


Salam Kpopindo!

Sr: Wikipedia, Fandom
Kpopindo.id

Add Comment