BTS: LOVE YOURSELF 結 ‘ANSWER’ - Kpop Indonesia

BTS: LOVE YOURSELF 結 ‘ANSWER’

Sr: Pinterest

Loving oneself is where true love begins.

Mencintai diri sendiri adalah dimana cinta sejati dimulai.

Ini cinta sejati, bersama diri sendiri. Mencintai diri sendiri adalah sebuah keharusan, karena hal itu merupakan sebuah langkah awal menuju kebahagiaan yang lebih besar. Jika tidak, bagaimana kamu akan mencintai orang lain sementara dirimu sendiri terabaikan dan selalu dibiarkan terluka tanpa obatnya? Kira-kira seperti itulah pandangan pribadi saya.

Bicara tentang album, album kali ini menjadi penutup dari seri LOVE YOURSELF. Sepertinya walaupun berakhir, namun semua pesan yang BTS sampaikan melalui lagu-lagu mereka tidak akan pudar. Sebuah kemungkinan dimana diluaran sana terdapat seseorang yang diselamatkan hidupnya oleh lirik-lirik indah nun memotivasi.

Banyak rekor dan prestasi diraih pada album kali ini. Seperti yang sudah-sudah. Tentu menjadi sesuatu yang bagus sebab artinya pesan positif mereka tersampaikan kepada banyak orang di dunia.

Nah, simak ya informasi mengenai album LOVE YOURSELF 結 ‘ANSWER’ dibawah ini!

LOVE YOURSELF 結 ‘ANSWER’

Sr: ibighit.com

Album type: Re-package Album
Genre: Hip hop, pop, & R&B
Record Label: Big Hit & IRIVER
Release: 2018.08.24
Track List:
(CD A)
• Euphoria
• Trivia 起 : Just Dance
• Serendipity (full-length edition)
• DNA
• Dimple
• Trivia 承 : Love
• Her
• Singularity
• FAKE LOVE
• The Truth Untold (Ft. Steve Aoki)
• Trivia 轉 : Seesaw
• Tear
• Epiphany
• I’m Fine
• IDOL
• Answer: Love Myself
(CD B)
• Magic Shop
• Best of Me
• Airplane pt.2
• Go Go
• Anpanman
• MIC Drop
• DNA (Pedal 2 LA Mix)
• FAKE LOVE (Rocking Vibe Mix)
• MIC Drop (Steve Aoki Remix) (full-length edition)

Dirilis pada 24 Agustus 2018, LOVE YOURSELF 結 ‘ANSWER’ merupakan album re-package tetapi masih menyertakan lagu baru. Dengan total enam belas lagu yang sebagian besar berasal dari album LOVE YOURSELF 承 ‘HER’ dan LOVE YOURSELF 轉 ‘TEAR’ dan beberapa remix. Serta tujuh lagu baru yang tersimpan di CD A sebagai konsep album, dan single utama pada album ini yaitu IDOL. Secara lirik, semua lagu didalam album saling terhubung untuk menyorot kehebatan BTS sebagai artis dan pendongeng. Album tersedia dalam empat versi: S, E, L, dan F.

Sejak pertama kali diluncurkan pada bulan Maret 2016, seri BTS: LOVE YOURSELF membuat narasi dengan menghubungkan lagu-lagu utama menjadi satu tema dari setiap album, mengamanatkan bahwa “Mencintai diri sendiri adalah cinta sejati.” Seperti sebuah novel bagus yang memiliki pengantar, pengembangan, konflik atau lika-liku, dan kesimpulan. Seri ini berbagi banyak cerita selama dua setengah tahun.

Sr: Pinterest

Sebagai seri terakhir, LOVE YOURSELF 結 ‘ANSWER’ menutup kisah yang dimulai pada 2016 lalu. Album ini tersambung dengan plot cerita yang diawali oleh film pendek LOVE YOURSELF 起 ‘WONDER’ (Euphoria), mini album LOVE YOURSELF 承 ‘HER’, dan album studio LOVE YOURSELF 轉 ‘TEAR’. Keempatnya membentuk 起 承 轉 結 (gi seung jeon gyeol/기승전결) yang merupakan struktur dalam sebuah cerita.

LOVE YOURSELF 起 ‘WONDER’ sebagai gi (pengantar), LOVE YOURSELF 承 ‘HER’ sebagai seung (pengembangan), LOVE YOURSELF 轉 ‘TEAR’ sebagai jeon (lika-liku), dan LOVE YOURSELF 結 ‘ANSWER’ sebagai penutup, yakni gyeol (kesimpulan).

Dua seri dari album ini memang tidak dirilis berurutan, yang pertama dirilis bukan LOVE YOURSELF ‘WONDER’ sebagai permulaan dari kisah seri LOVE YOURSELF melainkan LOVE YOURSELF ‘HER’ sebagai seri kedua. Tetapi walaupun begitu apa yang disampaikan melalui bait lirik tidaklah terhalangi. Pesan positif mereka tetap menyebar.

Sebagai langkah awal promosi album, BTS mengadakan konferensi pers yang membahas mengenai album terbaru serta World Tour: Love Yourself yang telah dimulai kemarin. BTS merekam performance IDOL dan I’m Fine untuk berbagai acara musik Korea Selatan yang akan ditayangkan minggu berikutnya. Saat menampilkan I’m Fine di M Countdown, BTS menampilkan versi pendek dari music video Save Me sebagai intro dari lagu tersebut. Kemudian pada 30 Agustus di Soribada Best K-Music Awards, grup ini menampilkan FAKE LOVE sebagai encore.

Sr: Pinterest

Ketika tur LOVE YOURSELF di Amerika Utara, BTS menampilkan IDOL pada episode semifinal kedua America’s Got Talent musim tiga belas yang ditayangkan 12 September mendatang. Selain itu, BTS tampil serta melakukan wawancara di Jimmy Fallon dan Good Morning America masing-masing pada tanggal 25 dan 26 September, membawakan single lead dari album LOVE YOURSELF ‘ANSWER’. I’m Fine juga ditampilkan di kanal YouTube Tonight Show.

Pada 1 Oktober 2018, muncul rumor bahwa BTS akan tampil di The Graham Norton Show BBC pada 12 Oktober, yang lima hari kemudian dikonfirmasi oleh Big Hit Entertainment.

Selama periode pre-order album pada 18 – 24 Juli, IRIVER Inc melaporkan bahwa album telah terjual sebanyak 1,52 juta kopi lebih, melampaui album sebelumnya yang memegang pre-order terbanyak, LOVE YOURSELF ‘TEAR’. Album ini kemudian meraih posisi satu di Gaon Album Chart dengan penjualan 1,933,450 kopi selama delapan hari terakhir di bulan Agustus. LOVE YOURSELF ‘ANSWER’ memecahkan rekor sebagai penjualan album bulanan terbanyak dalam sejarah Gaon Chart yang didirikan sejak 2010.

Sr: Pinterest

Pada Oktober 2018, LOVE YOURSELF ‘ANSWER’ telah memperolah sertifikasi Double Million Seller dari KMCA karena telah menjual album lebih dari 2 juta kopi. BTS menjadi yang pertama mendapatkan gelar tersebut pada tahun tersebut.

Selanjutnya album mengawali debutnya pada posisi satu di US Billboard 200, menjadi album kedua BTS yang berada di tahun 2018 yang ada di posisi tersebut dan sebagai penjualan tertinggi mereka di US hingga saat ini. LOVE YOURSELF ‘ANSWER’ memperoleh 185,000 album-equivalent units dimana 141,000 diantaranya merupakan album murni. Album ini juga menjadi akbum Korea pertama yang menerima sertifikasi dari RIAA. LOVE YOURSELF ‘ANSWER’ juga menjadi album BTS ketiga yang masuk ke 20 besar di Inggris dan menapaki nomor empat belas di Official Album. Kemudian menjadi album pertama BTS yang mendapat sertifikasi Silver di Inggris.

Sr: Pinterest

Satu hari sebelum perilisan single, ketika trailer diunggah, muncul rumor mengenai BTS yang melakukan kolaborasi bersama Nicki Minaj. Kemudian pada 24 Agustus 2018, dua jam sebelum perilisan, Big Hit mengonfirmasi bahwa alternative version dari lagu IDOL yang menampilkan Nicki Minaj akan dimasukkan kedalam versi digital album sebagai track bonus.

Track utama, IDOL menjadi lagu perdana BTS serta lagu berbahasa Korea pertama yang masuk 40 besar di UK’s Official Singles Chart dan berada di posisi dua puluh satu. Sementara di Irlandia, IDOL mencapai posisi tiga puluh tiga.


Salam Kpopindo!

Sr: Wikipedia, ibighit.com
Kpopindo.id

Add Comment