BTS: LOVE YOURSELF 轉 ‘TEAR’ - Kpop Indonesia

BTS: LOVE YOURSELF 轉 ‘TEAR’

Sr: Pinterest

Fake love inevitably leads to loss and separation. For true love can only begin when you learn to love yourself.

Sr: Pinterest

Cinta palsu mengarah pada kehilangan dan perpisahan. Karena cinta sejati hanya bisa dimulai ketika kamu belajar mencintai dirimu sendiri.

Apa yang dirasakan usai membaca kalimat tersebut?

BTS benar-benar mengusung konsep yang mampu memotivasi banyak orang. Konsep dari album mereka menyadarkan orang-orang agar lebih mencintai diri sendiri. Menghargai kehidupan diri sendiri. Bersama BTS, orang-orang melangkah menuju ke sebuah tempat yang lebih baik.

Seperti album sebelumnya, LOVE YOURSELF 轉 ‘TEAR’ meraih banyak kesuksesan di domestik maupun internasional. Mari kita simak infonya, yuk!

LOVE YOURSELF 轉 ‘TEAR’

Sr: ibighit.com

Album type: Mini Album
Genre: Hip hop, pop, R&B, EDM, & electro-pop
Record Label: Big Hit, LOEN, & Universal
Release: 2017.09.18
Track List:
• Intro: Singularity
• FAKE LOVE
• The Truth Untold (Ft. Steve Aoki)
• 134340
• Paradise
• Love Maze
• Magic Shop
• Airplane pt. 2
• Anpanman
• So What
• Outro: Tear

LOVE YOURSELF 轉 ‘TEAR’ menjadi full-length album ketiga BTS setelah Dark & Wild dan WINGS. Dirilis pada 18 Mei 2018. Album tersedia dalam empat versi: Y, O, U, dan R, serta berisi sebelas lalu single FAKE LOVE sebagai lead single. Album ini diumumkan pertama kali pada 16 April usai perilisan sebuah video berdurasi 9 menit berjudul Euphoria: Theme of Love Yourself 起 Wonder yang dinyanyikan oleh Jungkook. Konsep dari album ini mengeksplorasi hal-hal yang berkaitan dengan rasa sakit dan kesedihan sebab perpisahan.

Seri LOVE YOURSELF memiliki amanat bahwa mencintai diri sendiri adalah sebuah permulaan dari cinta sejati. Sementara album LOVE YOURSELF 起 ‘WONDER’ dan LOVE YOURSELF 承 ‘HER’ yang lebih dulu diluncurkan, didalamnya mengungkapkan momen-momen cinta yang menggetarkan dan menggelitik, untuk album LOVE YOURSELF ‘TEAR’ sebagai perwujudan dari rasa sakit anak laki-laki yang menghadapi perpisahan.

Dua jam sebelum perilisan album, BTS menggelar comeback preview show di Naver V Live yang disiarkan langsung dari Los Angeles. Didalam live broadcast tersebut BTS membicarakan tentang album terbaru mereka.

Single utama, FAKE LOVE ditampilkan secara langsung di tanggal 20 Mei pada acara 2018 Billboard Music Awards. Membuat sejarah dengan penampilan artis Korea pertama di acara tersebut. Empat hari kemudian, BTS menggelar BTS Comeback Show spesial di Mnet dan ditayangkan secara langsung di seluruh dunia. Dalam comeback showh tersebut, grup menampilkan FAKE LOVE dan beberapa lagu lain dari album LOVE YOURSELF ‘TEAR’. BTS Comeback Show disiarkan secara bersamaan secara online melalui Mnet Jepang, YouTube, Facebook, dan Joox. Kemudian pada 25 Mei, BTS muncul di Ellen DeGeneres Show dan menampilkan FAKE LOVE. Dengan begitu, menjadi penampilan kedua BTS di acara tersebut.

FAKE LOVE mendapat beberapa penghargaan termasuk Song of The Year dan Best Pop Song di Korean Music Awards 2019. Secara komersial, FAKE LOVE meraih posisi puncak di Gaon Digital Chart dan nomor sepuluh di US Billboard Hot 100, menjadi single BTS pertama yang masuk sepuluh besar di US.

Pada 24 Mei, BTS juga mengadakan konferensi pers di Lotte Hotel, Jung-gu, Seoul, bertujuan untuk mempromosikan album LOVE YOURSELF ‘TEAR’. Selama dua minggu berikutnya, grup menampilkan FAKE LOVE, Airplane pt.2, dan Anpanman di berbagai program musik Korea Selatan.

Antara 18 dan 25 April 2018, IRIVER melaporkan bahwa enam hari pertama periode pre-order untuk album LOVE YOURSELF ‘TEAR’ sudah mencapai 1,44 juta kopi di dalam negeri, hal ini melampaui album sebelumnya LOVE YOURSELF ‘HER’. Menjadika BTS sebagai grup K-Pop pertama yang dua albumnya mengalami pre-order lebih dari satu juta kopi. Kemudian pada 24 Mei, media mengumumkan bahwa pre-order album sebetulnya telah melampaui 1,5 juta kopi.

Sr: Pinterest

Usai dirilis di Korea Selatan, LOVE YOURSELF ‘TEAR’ telah mendapat penjualan sebanyak 1,664,041 kopi dalam dua minggu pertama. Berdasarkan fakta itu, menjadikannya penjualan bulanan tertinggi untuk sebuah album di Gaon Chart. Rekor sebelumnya dipegang oleh album LOVE YOURSELF ‘HER’. Album ini juga menjual 250,000 kopi lebih banyak pada minggu pertama yang lagi-lagi melampaui album mereka sebelumnya. Karena penjualan album yang sukses, membuat BTS sebagai artis K-Pop pertama yang melampaui satu juta kopi penjualan dalam minggu pertama dalam sejarah Hanteo, menyabet gelar double million seller (murni tanpa album re-package).

LOVE YOURSELF ‘TEAR’ akhirnya diberi sertifikasi Million oleh Korea Music Content Association pada Juli 2018 , menjadi album pertama yang menerima sertifikasi tersebut setelah Gaon Music Chart meluncurkan sertifikasi awal tahun itu. Dari total 20 juta album yang terjual tahun 2018, LOVE YOURSELF ‘TEAR’ telah menyumbang sekitar 10% atau 2 juta album diantaranya.

27 Mei 2018, album LOVE YOURSELF ‘TEAR’ meraih posisi pertama di US Billboard 200, mengahasilkan 135,000 album-equivalent units, dimana 100,000 diantaranya merupakan penjualan album murni, menjadikan album dengan charting tertinggi di US dan album dan chart tertinggi oleh artis Asia.

Selain itu, merupakan penjualan album tertinggi untuk BTS dan artis Korea di Amerika Serikat, serta album pertama terutama dalam bahasa non-Inggris yang menduduki puncak Billboard 200 sejak II Divo dengan Ancora pada 2006. Pada Juli 2018, menurut Nielsen Music’s Mid-Year Report, LOVE YOURSELF ‘TEAR’ merupakan album terlaris ke sembilan tahun 2018 di Amrerika Serikat, selain itu juga menjadi album dengan bahasa asing terlaris.

Album ini memiliki posisi terlama di World Albums pada Juli 2020, saat masuk kembali ke chart pada 18 Juli di nomor sebelas, menandai minggu keseratus dalam hitungan. Menjadi album BTS pertama yang meraih prestasi tersebut dan juga sebagai album bahasa Korea dalam sejarah chart.

Di United Kingdom, LOVE YOURSELF ‘TEAR’ masuk kedalam sepuluh besar, pada posisi delapan di UK Albums. Tak lama album mencapai Silver di UK. Menjadi album pertama BTS yang meraih sertifikasi tersebut.

Di Jepang, album meraih penjualan lebih dari 100,000 kopi sejak dirilis di negara tersebut, menjadi diskografi BTS berbahasa Korea pertama yang mendapat sertifikasi emas oleh Recording Industry Association of Japan pada bulan Agustus 2018. Tower Records Japan juga mengungkapkan bahwa album tersebut menjadi album terlaris di Jepang pada tahun 2018.


Salam Kpopindo!

Sr: Wikipedia
Kpopindo.id

Add Comment