BTS: 'MAP OF THE SOUL: PERSONA' - Kpop Indonesia

BTS: ‘MAP OF THE SOUL: PERSONA’

Sr: Pinterest

Di dalam album kali ini, BTS menyusun bersama apa yang benar-benar mereka rasakan baik dari diri mereka sendiri maupun dunia di sekitar mereka yang terus meluas. Sebagai superstar global yang dicintai oleh banyak penggemar di seluruh dunia, BTS kini ingin membentuk masa depan dengan merenungkan dan menggunakan kekuatan yang telah mereka perolah sambil merangkul semua bayangannya.

Sama seperti album lainnya, album ini juga memiliki makna positif yang mendalam.

Pada album ini, BTS meraih banyak pencapaian baru, baik di dalam maupun di luar negeri. Grup ini tampil di berbagai acara luar negeri. Selain membanggakan juga mengharumkan negara asal mereka, Korea Selatan. Tak salah jika BTS disebut sebagai aset negara.

Nah, berikut informasi dan segala pencapaian BTS di album terbaru mereka. Yuk, simak!

MAP OF THE SOUL: PERSONA

Sr: ibighit.com

Album type: Mini Album
Genre: Pop, rap rock, & R&B
Record Label: Big Hit, IRIVER, Columbia, & Virgin
Release: 2019.04.29
Track List:
• Intro: Persona
• Boy With Luv (Feat. Halsey)
• Mikrokosmos
• Make It Right
• HOME
• Jamais Vu
• Dionysus

BTS memulai kembali cerita baru mereka bersama mini album ke enam mereka, MAP OF THE SOUL: PERSONA pada 12 April. Grup ini kini membuka seri MAP OF THE SOUL dengan PERSONA. Dalam seri kali ini, BTS berbicara mengenai kegembiraan dalam menemukan cinta, dan menjangkau dunia dengan pesan yang ingin mereka bagikan kepada para penggemar. BTS sangat ingin tahu tentang kisah masing-masing dan semua orang yang telah membantu mereka sampai ke titik sekarang.

Terdapat empat versi album fisik: version 1, 2, 3, dan 4 dengan total tujuh lagu di dalamnya, melalui Intro: Persona yang merupakan lagu solo RM, mengajukan sebuah pertanyaan dasar tetapi mampu membuat seseorang berpikir mendalam: Who am I? Penyanyi ternama, Halsey turut tampil dalam lead single album MAP OF THE SOUL: PERSONA berjudul Boy With Luv. Dalam lagu ini BTS berbicara mengenai bagaimana kekuatan dan cinta sejati berasal dari kita yang menemukan hal-hal kecil dalam hidup dan bisa menjangkau dunia.

MAP OF THE SOUL: PERSONA mencakup lagu Mikrokosmos yang melukis dunia sekitaran diri sendiri melalui ketertarikan manusia. Serta collab bersama Lauv dalam lagu Make It Right. Dalam single HOME, BTS menemukan para penggemar mereka, ARMY, yang menjadi pelindung dari kesepian dan kesulitan. Lalu Jamais Vu merupakan lagu unit oleh J-Hope, Jin, dan Jung-kook, sementara Dionysus adalah lagu hip-hop khas BTS yang menampilkan ad-libs dan ketukan powerful dari awal sampai lagu berakhir.

Sebagai bagian dari promosi, live performance dari single lead ditampilkan pertama kali di acara Saturday Night Live pada 13 April 2019, berkat kemunculan mereka, sehingga tercetak sejarah sebagai artis Asia pertama yang tampil secara langsung pada acara tersebut. Kemudian menampilkan lagu yang sama dengan Halsey perdana di Billboard Music Awards 2019. Pada tanggal 15 Mei, BTS menjadi headliners di Good Morning America ‘Summer Concert Series’ di Central Park Manhattan dengan menampilkan Boy With Luv dan FIRE.

Sr: Pinterest

Satu hari kemudian, grup menampilkan Boy With Luv di The Late Show With Stephen Colbert, di mana mereka menciptakan kembali momen ikonik dalam sejarah The Beatles. BTS menari dalam warna hitam-putih sementara para penonton mengenakan pakaian tahun 60-an. Pada acara yang sama, mereka turut menampilkan single Make It Right. 21 Mei, BTS muncul di final The Voice dan mempertontonkan single lead album. Mereka juga menyanyikan lagu yang sama di Britain Got Talent’s pada semi-final keempat di tanggal 30 Mei.

Kemudian pada 30 November, BTS hadir di Melon Music Awards 2019, membawakan penampilan Intro: Persona, Boy With Luv, Mikrokosmos, dan Dionysus, serta lagu lawas mereka, Boy In Luv dan NO. Selanjutnya BTS tampil di Mnet Asian Music Awards yang digelar di Jepang, dengan membawakan enam single yang sama terkecuali Intro: Persona. Dua hari kemudian, supergrup tersebut berada di KIIS-FM Jingle Ball di Los Angeles sebagai headliner, membawakan penampilan lagu MIC Drop, Boy With Luv, dan Make It Right.

Pada tanggal 25 dan 27 Desember, BTS tampil di acara musik lokal, SBS Gayo Daejun dan KBS Song Festival, sebelum melakukan perjalanan ke Times Square New York untuk menyambut tahun baru dengan penampilan Make It Right dan Boy With Luv di Dick Clark’s New Year’s Rockin’ Eve.

Sr: Pinterest

Menurut IRIVER Inc. distributor untuk MAP OF THE SOUL: PERSONA, pre-order album dalam lima hari pertama mencapai 2,68 juta kopi. Kemudian diperbarui pada satu hari sebelum perilisan, menjadi 3,07 juta kopi.

Di Korea Selatan, album ini mencatat total 2,13 juta penjualan di minggu pertama, jumlah tertinggi untuk artis di Negeri Ginseng tersebut sejak Hanteo Chart mulai melacak penjualan mingguan pada mulanya. MAP OF THE SOUL: PERSONA meraih posisi teratas di Gaon Digital Chart, termasuk lead single yang mendapat posisi tujuh belas dan naik ke posisi pertama pada minggu selanjutnya. Mikrokosmos dan Make It Right juga memasuki sepuluh besar di minggu kedua perilisan, awalnya berada di posisi tiga puluh satu dan tiga puluh sembilan sebelum menapaki nomor delapan dan sepuluh.

MAP OF THE SOUL: PERSONA terjual sejumlah 3,229,032 kopi di bulan pertama perilisan, mencetak rekor sebagai penjualan tertinggi di Gaon Music Chart sejak pertama meluncur pada 2011. Album ini juga menjadi album terlaris sepanjang masa di Korea Selatan, mengalahkan album tahun 1995 milik Kim Gun-mo, Wrongful Encounter. Kemudian Mei 2019, album ini menerima sertifikasi 3x Million dari Gaon karena melampaui 3 juta penjualan. BTS menjadi artis pertama yang menerima sertifikasi tersebut.

Di Inggris, penjualan album di pertengahan minggu lebih tinggi ketimbang penjualan di minggu pertama. MAP OF THE SOUL: PERSONA akhirnya menjadi album nomor satu pertama di Inggris, serta musik Korea pertama yang mencapai posisi yang sama, dengan penjualan 26,500 album-equivalent units, sekitar 18,020 unit diantaranya berasal dari penjualan murni.

Sr: Pinterest

Album MAP OF THE SOUL: PERSONA berada pada posisi satu di Australia’s ARIA Albums Chart, menjadi album chart-topping pertama yang dinyanyikan dalam bahasa Asia. Album ini juga menjadi album BTS keempat yang memasuki sepuluh besar, mengikuti tiga seri LOVE YOURSELF.

Di Amerika Serikat, MAP OF THE SOUL: PERSONA mendapat posisi puncak si US Billboard 200 dengan 230,000 album-equivalent albums, 196,000 diantaranya penjualan album murni. MAP OF THE SOUL: PERSONA adalah album ketiga BTS dengan jarak kira-kira sebelas bulan, menjadikan mereka band pertama yang mencapai posisi puncak dalam satu tahun sejak The Beatles pada 1995 sampai 1996. BTS juga menjadi grup pertama dengan pengumpulan tiga nomor tercepat kedua –satu album sejak awal Billboard 200. Album ini juga mendapat sertifikasi Gold oleh RIAA pada 22 Agustus, menjadi album kedua BTS yang mendapat sertifikasi sama setelah LOVE YOURSELF: ANSWER pada tahun 2018.

Single utama, Boy With Luv menapaki posisi tiga belas di UK singles chart, menjadi musik pertama BTS yang memasuki lima belas besar. Sementara Mikrokosmos dan Make It Right masing-masing berada di nomor tujuh puluh satu dan tujuh puluh empat. Sementara di Australia, lead single memulai debutnya pada nomor sepuluh di ARIA Singles Chart, membuatnya menjadi lagu pertama BTS yang berada di top-ten di negara tersebut. Single ini juga meraih posisi di nomor delapan pada Billboard Hot 100 dengan 31,000 penjualan dan 19,5 juta streaming.

Sr: Pinterest

Boy With Luv menjadi lagu BTS dengan charting tertinggi dan memasuki sepuluh besar kedua setelah rilisnya FAKE LOVE pada 2018 lalu yang memuncak di nomor sepuluh, dan menjadi grup K-Pop pertama yang berada di sepuluh besar beberapa kali setelah PSY. Lalu Make It Right yang turut masuk di chart Hot 100 pada nomor sembilan puluh lima, memiliki penjualan sebanyak 11,600 penjualan murni. Melalui hal tersebut, membuat rekor baru untuk artis Korea pertama yang dua lagunya memasuki chart dalam waktu yang sama.

Semua lagu di dalam album MAP OF THE SOUL: PERSONA muncul di chart Billboard Digital Songs dengan 82,000 pembelian kumulatif untuk ketujuh lagu.

Dengan penjualan di global yang kuat, sebanyak 2,5 juta kopi terjual. MAP OF THE SOUL: PERSONA dinobatkan sebagai album terlaris ketiga tahun 2019 oleh International Federation of the Phonographic Industry. Selain itu juga menjadi album terlaris oleh sebuah band setelah dicapai oleh 5×20 All the Best!! oleh Arashi pada tahun 1999. IFPI juga menyebut BTS sebagai salah satu artis terlaris tahun 2019 untuk dua tahun berturut-turut, membuat sejarah sebagai artis Korea pertama yang mencapai hal tersebut.


Salam Kpopindo!

Sr: Wikipedia
Kpopindo.id

Add Comment