BTS: Skool Luv Affair dan Dark & Wild - Kpop Indonesia

BTS: Skool Luv Affair dan Dark & Wild

Sejak debut pada Juni 2013, satu tahun kemudian BTS telah mengeluarkan total empat album, satu diantaranya single album sebagai album debut. Di tahun 2014, untuk pertama kalinya BTS meluncurkan full-length album dengan tema yang kontras dengan tiga album sebelumnya, menyudahi School Trilogy. Mau tahu apa saja? Yuk, cek!

BTS The 2nd Mini Album ‘Skool Luv Affair’

Sumber: ibighit.com

Album type: Mini Album
Genre: K-Pop, dance-pop hip hop
Record Label: Big Hit Entertainment
Release: 2014.02.12
Track List:
• Intro: Skool Luv Affair
• Boy In Luv
• Skit: Soulmate
• Where You From
• Just One Day
• Tomorrow
• BTS Cypher Pt. 2: Triptych
• Spine Breaker
• Jump
• Outro: Propose

Dengan dua album sebelumnya, memiliki makna lagu mengenai mimpi dan kebahagiaan para remaja. Lagu-lagu tersebut mengisahkan anak muda yang hidup tanpa mimpi dan sekolah memaksakan pikiran yang kaku dan homogen kepada para siswanya. Lalu album Skool Luv Affair yang dirilis pada 12 Februari ini tetap bercerita tentang anak sekolah dan remaja tetapi sesuai dengan judul, bertema cinta yang mekar di sekolah. Album ini menjadi puncak dari proyek School Trilogy yang membahas topik-topik yang paling diminati remaja –mimpi, kebahagiaan, dan cinta.

Sumber: Pinterest

Di album ini Boy In Luv menjadi title track. Pada April, BTS mempromosikan single kedua, Just One Day. Pada music video Boy In Luv, menampilkan para member sebagai para pelajar yang menunjukkan minat pada karakter utama wanita (Go So-hyun).

Album ini juga memiliki re-package edisi spesial bertajuk Skool Luv Affair Special Addition yang dirilis pada 14 Mei dengan total delapan belas lagu, termasuk dua lagu baru: Miss Right dan I Like It (Slow Jam Remix) dan enam instrument. Pada 13 Oktober 2020, Big Hit mencetak ulang album limited edition ini karena banyak permintaan dari penggemar.

BTS menyelenggarakan konferensi pers dan comeback showcase mereka pada 11 Februari 2014, menampilkan Boy In Luv dan Jump sebelum memulai promosi pada 13 Februari di berbagai program musik. Kemudian melanjutkan promosi dengan track Just One Day pada 9 April. Ketika 29 Maret, BTS mengadakan fan meeting pertama berjudul BTS Global Official Fanclub A.R.M.Y 1st Muster. Menampilkan single baru di album Skool Luv Affair pada saat konser tersebut.

Sumber: Pinterest

Usai perilisan album, BTS memasuki chart Billboard World Digital Songs untuk kedua kalinya dengan tiga lagu yang bertengger didalam chart. Lead single Boy In Luv berada di posisi lima sementara Just One Day di posisi dua puluh lima selama waktu promosi di bulan April. Tanggal 23 Februari, single utama dinominasikan pada tempat pertama di SBS Inkigayo. Sementara untuk album, mendapat posisi tiga di South Korea’s Gaon Weekly Chart dan naik ke posisi satu pada dua bulan kemudian selama promosi Just One Day. Selain itu album ini juga mencapai posisi tiga di Billboard World Albums Chart, hal ini pertama kalinya album BTS berada di chart internasional. Album Skool Luv Affair menjadi album terlaris ke dua puluh di chart Gaon tahun 2014.

Untuk album re-package-nya mendapat posisi satu di Gaon Weekly Chart pada minggu kedua Mei. Lalu saat penerbitan ulang enam tahun kemudian, Skool Luv Affair Special Addition masuk ke posisi dua belas di US Billboard 200 pada 13 Oktober dengan penjualan 28,000 equivalent-album units. Boy In Luv, Just One Day, dan Tomorrow kembali meraih posisi tiga, lima, dan tujuh di chart World Digital Songs. Di dalam negeri, album re-package ini kembali memasuki chart dengan posisi empat di chart bulanan Gaon. Dan pada akhir tahun menjadikannya album terlaris kesepuluh tahun 2020 karena telah terjual 670.500 kopi. Di Jepang, album meraih posisi tiga di Oricon’s Weekly Album Chart periode 26 Oktober selama 12 – 18 Oktober dengan total penjualan mencapai 37,689 kopi. Kemudian akhir Oktober mengalami penambahan menjadi 40,829 kopi, membuatnya meraih posisi sepuluh di Monthly Album chart.

BTS The 1st Album ‘Dark & Wild’

Sumber: ibighit.com

Album type: Reguler
Genre: K-Pop, hip hop, dance-pop, dan R&B
Record Label: Big Hit Entertainment
Release: 2014.08.19
Track List:
• Intro: What am I to you
• Danger
• War of Hormone
• Hip Hop Phile
• Let Me Know
• Rain
• BTS Cypher Pt.3: KILLER (Ft. Supreme Boi)
• Interlude: What are you doing now
• Could you turn off your cell phone
• Embarrassed
• 24/7=heaven
• Look here
• So 4 more
• Outro: Do you think it makes sense?

Album Dark & Wild menjadi album studio pertama miliki BTS sejak debut satu tahun dua bulan lalu. Dalam album ini BTS menyanyikan tentang cinta yang serba salah. Memperingatkan untuk gadis yang bertindak pura-pura tidak mencintai mereka untuk berhenti melakukannya. Kali ini tidak memakai seragam sekolah lagi, mereka menjadi lebih dewasa dan tangguh, bernyanyi bahwa cinta mereka tidak bisa dianggap enteng.

Sumber: Pinterest

Pada album kali ini single Danger berperan sebagai track utama yang merupakan lagu hip hop hybrid yang dikomposisikan dnegan suara gitar punk-rock yang menampilkan rap mencolok, hook intens, dan teriakan yang menggembirakan. Sementara lagu ketiga dari album, War of Hormone kemudian dipromosikan sebagai single kedua.

Sumber: Pinterest

Boy group ini mengadakan konferensi pers dan comeback showcase di 19 Agustus 2014, membawakan penampilan Danger, War of Hormone, dan Let Me Know. Kemudian melanjutkan promosi album di banyak program musik mula tanggal 21 Agustus. Promosi kedua album dilakukan selama tur konser mereka pada 23 Oktober usai perilisan music video War of Hormone. Pada 17 Oktober, BTS menyelenggarakan tur konser bertajuk BTS Live Trilogy Episode II: The Red Bullet.

Kedua single dari album Dark & Wild masuk ke Billboard World Digital Songs 2014 pada minggu yang berbeda. Sementara album debut di nomor dua pada Gaon Weekly Chart untuk minggu ketiga Agustus 2014. Kemudian memuncak di nomor tiga pada Gaon Monthly Chart untuk periode bulan Agustus selain itu Dark & Wild meraih peringkat nomor tiga di World Albums dan nomor dua puluh tujuh di Top Heatseekers. Menjadi kedua kalinya album BTS menapaki Billboard, dan tetap berada didalam chart dengan pasang surut selama 11 minggu. Dark & Wild juga mendapatkan Album Division pada 29th Golden Disc Awards di 2015. Album ini menjadi album terlaris ke empat belas di South Korea Gaon Album Chart 2014.

Salam Kpopindo!

Cr: Wikipedia & ibighit.com
Kpopindo.id

Add Comment