BTS: The Most Beautiful Moment in Life Pt. 1 - Kpop Indonesia

BTS: The Most Beautiful Moment in Life Pt. 1

Pada mini album kali ini menuai banyak kesuksesan dan memecahkan prestasi terbaru bagi BTS. Dari mulai penayangan music video, masuk ke chart Billboard, dan menjadi salah satu album terbaik. Hal ini sangat membanggakan mengingat latar belakang mereka tidak berada didalam ‘big three’. BTS benar-benar merintis karir dari nol bersama dengan agensinya.

The Most Beautiful Moment in Life Pt. 1

Sumber: ibighit.com

Album type: Mini Album
Genre: K-Pop, hip hop, dance-pop, R&B
Record Label: Big Hit, LOEN, Pony Canyon, Universal Music Taiwan
Release: 2015.04.29
Track List:
• Intro: The most beautiful moment in life
• I NEED U
• Hold Me Tight
• SKIT: Expectation!
• DOPE
• Boyz With Fun
• Converse High
• Moving On
• Outro: Love is Not Over

BTS comeback dengan mini album ketiga, The Most Beautiful Moment in Life Pt. 1. Memiliki 9 lagu dengan I NEED U sebagai lead single dan DOPE sebagai lagu promosi kedua. Untuk konsep kali ini tidak lagi mengusung anak sekolah. Pada album ini lebih ke pengenalan BTS sebagai grup yang terus berkembang. Usai sukses menyelesaikan ‘School Trilogy’ yang membahas minat remaja—mimpi, kebahagiaan, dan cinta—album ini membahas tentang ‘youth’ atau pemuda. Tema ‘the most beautiful moment in life’, tentang awal masa dewasa seseorang yang dimana keindahan hidup berdampingan dengan ketidakpastian. The Most Beautiful Moment in Life Pt. 1 berfokus pada masa depan yang masih menjadi misteri sehingga tidak pasti daripada tentang kemewahan masa muda.

pada album sebelumnya grup rapper yang berpartisipasi dalam penulisan lirik (RM, Suga, dan J-Hope) maka sekarang tiba waktunya grup vocal (Jin, Jimin, V, dan Jungkook) yang berpartisipasi dalam produksi dan penulisan lagu pada album ini.

Sebelum perilisan video musik pada 29 April tengah malam, BTS melakukan comeback spesial yang berjudul I NEED U, BTS ON AIR melalui Naver Starcast. Kemudian pada tanggal 30 April comeback stage mereka diadakan di acara M Countdown Mnet. Singel Boyz With Fun dan Converse High dianggap tidak layak tayang oleh KBS karena liriknya yang mengandung umpatan dan merek. Lagu kedua juga dianggap tidak layak oleh MBC. Tetapi walaupun begitu, BTS berhasil mempromosikan album baru mereka di berbagai program musik, termasuk di KBS, MBS, SBS, dan Arirang TV. Promosi untuk I NEED U berakhir pada 31 Mei dengan stage di SBS Inkigayo.

Sumber: btsdiary / Facebook BTS

13 Juni 2015, BTS mengumumkan rencana selanjutnya untuk melanjutkan promosi dengan single DOPE dengan penampilan pertama di acara musik M Countdown pada 25 Juni, dan berakhir tanggal 5 Juli dengan penampilan terakhir di Inkigayo.

Sumber: ibighit.com

Tak lama setelah perilisan album, lead single menjadi trending teratas di situs portal Korea dan menempati peringkat nomor satu di berbagai chart musik real-time, termasuk Soribada, Genie, dan Daum Music. Lagu ini juga berhasil masuk posisi sepuluh besar di chart real-time Melon, Bugs, dan Naver Music. MV I NEED U meraih satu juta penayangan dalam 16 jam, sementara untuk DOPE dalam waktu 15 jam. Menjadi rekor tercepat untuk video musik BTS. DOPE mendapat perhatian cukup besar secara internasional karena menjadi subjek banyak video reaction di Youtube. Kemudian DOPE menjadi MV pertama BTS yang meraih 100 juta penayangan. Membuat BTS sebagai grup K-Pop pertama diluar ‘big three’ yang meraih prestasi ini.

5 Mei 2015, I NEED U memenangkan trofi di program musik SBS MTV’s The Show, menjadi kemenangan pertama mereka di program musik sejak debut dua tahun lalu. Kemudian kemenangan lain di berbagai acara musik sehingga memboyong total lima trofi. Single ini juga telah mendapat posisi lima di Gaon Weekly Digital Chart dan Gaon Download Chart dengan penjualan 93,790 unit digital di minggu pertama perilisan, sampai mengumpulkan 850,000 unduhan digital. Selain itu, untuk album meraih posisi dua di Gaon Weekly Album Chart dan naik ke posisi satu pada minggu berikutnya. Lalu posisi dua di Gaon Monthly Album Chart periode bulan Mei.

Di Tiongkok, BTS menempati posisi satu selama dua minggu berturut-turut di Weibo Chart. Juga masuk peringkat mingguan dari 10 artis Korea paling populer berdasarkan data yang dikumpulkan dari platform media sosial populer di China, yakni Weibo. Di Jepang, album menapaki posisi dua puluh empat di Oricon Weekly Album Chart dan nomor empat puluh lima di Oricon Monthly Album Chart. Album The Most Beautiful Moment in Life Pt. 1 menjadi album terlaris keenam di Korea Selatan tahun 2015 dengan penjualan lebih dari 200,000 kopi.

Enam lagu dalam mini album ketiga BTS ini berhasil mendapat posisi di Billboard World Digital Songs Chart, dengan I NEED U posisi nomor empat, DOPE, Hold Me Tight, dan Boyz With Fun di posisi dua belas sampai tiga belas beruturut-turut, Converse High di posisi nomor lima belas, dan Outro: Love is Not Over di posisi dua puluh lima. 11 Juli, setelah promosi lanjutan selesai, DOPE meraih posisi nomor tiga di World Digital Songs chart. Album juga debut di posisi nomor dua Billboard World Albums Chart, memuncak di nomor enam pada Billboard Top Heatseekers Chart, dan posisi dua puluh di Billboard Independent Albums Chart, menjadi pertama kalinya album BTS masuk ke chart tersebut, yang mana semuanya menjadi prestasi terbaru Bangtan Sonyeondan. Album ini oleh Fuse disebut sebagai salah satu dari 27 Best Albums of 2015 So Far dengan BTS sebagai satu-satunya artis Korea yang masuk kedalam daftar.

Salam Kpopindo!

Source: Wikipedia
Kpopindo.id

Add Comment