BTS: WINGS - Kpop Indonesia

BTS: WINGS

Sumber: The Harvard Crimson

Setelah tiga tahun debut, 2016 menjadi tahun dimana full album BTS yang kedua rilis, WINGS.

Album terakhir mereka yakni The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever yang menuai kesuksesan seperti pendahulunya. Pada album kali ini pun sama, bahkan melebihi yang pernah dicapai sebelumnya. Hal itu sesuai dengan perkembangan BTS dari tahun ke tahun yang semakin bersinar terang.

Berikut segala tentang album WINGS. Yuk, simak!

WINGS

Sumber: ibighit.com

Album type: Reguler
Genre: Hip hop, dance-pop, R&B, EDM, tropical house, & moombahton
Record Label: Big Hit, LOEN, & Pony Canyon
Release: 2016.10.10
Track List:
• Intro: Boy Meets Evil
• Blood Sweat & Tears
• Begin
• Lie
• Stigma
• First Love
• Reflection
• MAMA
• Awake
• Lost
• BTS Cypher 4
• Am I Wrong
• 21st Century Girl
• 2! 3!
• Interlude: Wings

Usai melewati The most beautiful morning moment in life melalui seri album dengan judul yang sama, BTS kini berada di pintu baru. WINGS berisi lagu tentang laki-laki yang menghadapi godaan untuk pertama kalinya dan harus merenung dan menderita dalam menghadapinya. Saat ketujuh laki-laki tersebut merasakan kebahagiaan, mereka seperti burung yang keluar dari cangkangnya dan mencoba terbang untuk pertama kalinya dalam hidup.

Sumber: nixiwonders

WINGS menjadi full-length album kedua setelah Dark & Wild yang dirilis 2014 lalu. Tersedia empat versi: versi W, I, N, dan G dengan desain album fisik yang mencakup photobook, polaroid, mini standee, dan poster, serta berisi lima belas lagu didalamya, dengan Blood, Sweat & Tears sebagai lead single. Konsep pada album ini secara tematis membahas godaan dan pertumbuhan, album ini sangat dipengaruhi oleh novel Hermann Hesse, Demian. Terutama pada single utama yang sangat terkait dengan literary, filosofis, dan artistik.

Dari 4 sampai 13 September, Big Hit Entertainment merilis serangkaian video pendek untuk setiap anggota yang bertujuan untuk mempromosikan album mendatang. Dimulai dari Jungkook dengan lagu Begin, diikuti oleh Jimin bersama single Lie, lalu V dengan Stigma, kemudian Suga tampil dengan lagu First Love, RM dengan Reflection, Mama brsama J-hope, dan diakhiri dengan track Awake oleh Jin.

Sumber: nixiwonders

Dalam konferensi pers untuk album, RM menjelaskan, “Semakin sulit sebuah godaan untuk ditolak, semakin kamu memikirkannya maka kamu akan merasa bimbang. Ketidakpastian itu adalah sebuah bagian dari proses pertumbuhan. Blood, Sweat & Tears adalah bagian dari prosese pertumbuhan tersebut. Sebuah lagu yang menunjukkan bagaimana seseorang berpikir, memilih, dan tumbuh.”

Simbol seperti sayap (wings) adalah representasi dari pertumbuhan. Suga juga menambahkan, “Lagu ini menyampaikan tekad optimis agar menggunakan sayap kita untuk pergi jauh, bahkan jika kita bertemu dengan godaan dalam hidup.”

Sumber: btstheory.finishi.tumblr.com

9 Oktober 2016, BTS menggelar acara comeback preview show di Naver V Live dan esoknya mengadakan Wings Showcase untuk perilisan full album di Lotte Hotel, Seoul. Promosi di acara musik lokal berlangsung selama satu bulan, diawali dengan Mnet M Countdown dan membawakan single utama, Am I Wrong, dan 21st Century Girl. Pada 12 November, BTS mengadakan konser BTS 3RD Muster [ARMY.ZIP+] bersamaan dengan comeback album.

Sumber: btstheory.finishi.tumblr.com

Pre-order album WINGS mencapai 500,000 kopi pada minggu pertama, 200,000 lebih banyak daripada album sebelumnya. Tak lama usai perilisan, BTS meraih gelar all-kill dan secara bersamaan memegang posisi nomor satu di semua chart utama Korea Selatan. Album WINGS berada di Billboard 200 di nomor dua puluh enam, membuatnya sebagai album K-Pop dengan charting tertinggi dan terlaris, dengan 16,000 kopi penjualan dan 11,000 di penjualan album tradisional. Bertahan selama lebih dari satu minggu di chart, menjadikan BTS sebagai artis K-Pop pertama yang meraih prestasi dengan single album. Dalam waktu dua minggu tersebut terjual 100,000 kopi, hampir 13,000 kopi diantaranya dalam traditional album sales.

Blood, Sweat & Tears kemudian memecahkan rekor untuk music video tercepat yang mencapai 10 juta tayangan. Billboard mengatakan bahwa BST adalah video K-Pop yang paling banyak dilihat di Amerika pada bulan Oktober 2016. BST juga menjadi hit No. 1 domestik pertama grup di Gaon Digital Chart. Semua lagu didalam album masuk dalam 50 besar di Gaon Digital Chart, mengumpulkan lebih dari satu juta download dan delapan juta lebih streams. Tiga belas lagu dari album meraih tempat di Billboard World Digital Songs dengan single utama sebagai posisi puncak di minggu pertama.

Sumber: btstheory.finishi.tumblr.com

BTS juga menduduki puncak Billboard World Albums untuk minggu 29 Oktober. Pada minggu ketiga, album terjual 1,000 kopi lagi, menambah waktu satu minggu lagi sebagai album K-Pop terlaris di Amerika. Selain itu, boy group ini juga debut di posisi dua puluh pada Billboard Top Album Sales Chart, album WINGS juga menjadi album Korea pertama yang terdaftar di UK Albums Chart di nomor enam puluh dua. WINGS turut berada di list ke enam di World Album Year End Chart dan terpilih sebagai The Best Album of 2016 oleh Billboard.

Sumber: btstheory.finishi.tumblr.com

Juga memecahkan rekor chart album Korea Selatan sebagai album dengan penjualan tertinggi di Gaon Monthly Chart dan merupakan album dengan penjualan tertinggi sejak awal di Gaon chart. Selain menjadi album terlaris tahun 2016, WINGS juga memenangkan Record of The Year di Seoul Music Awards ke-26, Album of The Year (4th quarter) di Gaon Chart Music Awards ke-6 dan Disk Bonsang atau Album Division di Golden Disc Awards ke-31.

Sumber: btstheory.finishi.tumblr.com

Album WINGS menerima banyak ulasan positif dari para kritikus karena mengambil isu masalah sosial seperti kesehatan mental dan pemberdayaan perempuan. Jeff Benjamin dari Fuse menulis, “Fenomena album baru K-pop yang sedang naik daun melakukannya dengan baik serta membiarkan tujuh anggotanya melebarkan sayap artistic dan memperkuat identitas individu mereka –semuanya sambil menjaga identitas grup tetap kuat seperti biasanya.” Fuse menempatkan album ini di posisi nomor delapan dalam daftar 20 Best Albums of 2016. Memuji sebagai ‘vulnerable and honest song material’ –material lagu yang rentan (KBBI: peka; mudah merasa) dan jujur—dan track yang beragam. WINGS juga menduduki puncak daftar The Best 10 Albums 2016 milik Billboard.

Sumber: btstheory.finishi.tumblr.com

Billboard turut mencap album ini sebagai ‘accomplishment all its own’ atau ‘pencapaian tersendiri’ serta memuji keterlibatan para member dalam penulisan dan produksi lagu serta pilihan komposisi untuk membiarkan para anggota mencerminkan gaya musik masing-masing, dari hal itu menunjukkan bahwa ‘mereka dapat bersaing dengan artis pop papan atas’. Bagan musik juga menggambarkan musik BTS sebagai ‘forward-thingking’ (berpikir maju), mengacu pada suara genre tropical house dan suara EDM di album, dan lirik yang membahas dark side dari mental health issues. Nick Murray dari Rolling Stone juga menyebut album WINGS sebagai atau ‘salah satu album paling ambisius secara konseptual dan sonik (berkaitan dengan bunyi) di 2016’.


Salam Kpopindo!

Sr: Wikipedia
Kpopindo.id

Add Comment