Dark Tourism di Korea: Rumah Sakit Jiwa Gonjiam - Kpop Indonesia

Dark Tourism di Korea: Rumah Sakit Jiwa Gonjiam

Sumber: Pinterest

Mungkin bagi sebagian orang tempat seram dan dianggap berhantu adalah tempat yang patut dijauhi namun, bagi sebagian orang lain, tempat-tempat menakutkan atau semacamnya menjadi ajang dalam memacu adrenalin. Dark tourism atau wisata kelam sebutannya.

Lalu Korea Selatan yang terkenal akan hallyu wave dan berbagai tempat indahnya, juga mempunyai tempat-tempat seram nun angker seperti negara-negara lain. Kalau Indonesia punya Lawang Sewu maka Korea Selatan punya Rumah Sakit Jiwa Gonjiam. Nah, rumah sakit tersebut menjadi tempat yang sering dikunjungi untuk melakukan dark tourism.

Sumber: Pinterest / HanCinema

Rumah Sakit Jiwa Gonjiam sendiri memiliki reputasi yang baik pada masanya. Selain karena menampung orang-orang yang sakit mental, juga menampung para tentara yang mengalami depresi, hingga akhirnya tutup tanpa alasan yang jelas saat itu.

Banyak turis yang mengunjungi tempat yang terletak di daerah Gwangju tersebut mengaku bahwa mereka melihat penampakan hantu pasien, staf rumah sakit, dokter, bahkan penampakan sesosok berperawakan mengerikan yang memakai baju pasien.

Dibalik angkernya Rumah Sakit Jiwa Gonjiam, telah tersebar berbagai kisah mengerikan yang diduga-duga sebagai penyebab tutupnya rumah sakit. Versi yang paling terkenal adalah adanya dokter gila yang melakukan eksperimen sadis pada pasiennya sendiri yang kemudian berakhir dengan kematian, lalu Sang pemilik kabur dan meninggalkan rumah sakitnya begitu saja, sehingga banyak alat-alat medis, ranjang pasien dan barang lainnya dibiarkan terbengkalai didalam rumah sakit. Selain itu terdapat versi lain yang terkenal yakni kisah kematian misterius para pasien, staf, hingga dokter. Membuat arwah mereka penasaran dan bergentayangan disekitar rumah sakit.

Sumber: Pinterest / HanCinema

Namun faktanya Rumah Sakit Jiwa Gonjiam ditutup pada tahun 1990-an disebabkan masalah keuangan, ditambah dengan masalah kebersihan lingkungan dan pembuangan limbah yang mengkhawatirkan.

Dikutip dari Altas Obscura dari CNN Indonesia, pemiliki rumah sakit meninggalkan negaranya tanpa meninggalkan dokumentasi terkait keberlanjutan gedung tersebut. Menyebabkan rumah sakit terbengkalai.

Sumber: Pinterest / HanCinema

Rumah sakit tersebut secara teknis telah ditutup namun walaupun begitu, para turis tetap nekat untuk mengunjunginya sampai sekitar seribu orang keluar-masuk ke tempat tersebut. Penduduk setempat pun tidak mendorong wisatawan untuk berkunjung, bahkan ketika bertanya pada warga, seringkali diberi alamat yang salah.

Ketenaran Rumah Sakit Jiwa Gonjiam menginsipirasi sutradara Jung Bum-shik untuk membuat film berlatarkan tempat dan keangkerannya. Filmnya berjudul ‘Gonjiam: Haunted Asylum’, dirilis pada tahun 2018 dan meraih cukup banyak kesuksesan.

Sumber: Pinterest / HanCinema

Filmnya mengisahkan sekelompok Youtuber yang berpetualang didalam rumah sakit untuk memperoleh uang melalui konten tersebut, namun malah berakhir tragis.

Salam Kpopindo!

Sr: CNN Indonesia, Kumparan.
Kpopindo.id

Add Comment