Donasi untuk 'Jonghyun to Indonesian and Palestine' Berjalan Sukses! - Kpop Indonesia

Donasi untuk ‘Jonghyun to Indonesian and Palestine’ Berjalan Sukses!

[Donasi untuk ‘Jonghyun to Indonesian and Palestine’ Berjalan Sukses!]

Sudah sebulan lamanya, Jonghyun meninggalkan kenangan yang indah bersama kita yang masih berada di dunia ini.

Kemarin (02/07) semua hasil donasi yang diberikan dari Shawol Indonesia dan Kpopers Indonesia untuk project ‘Jonghyun to Indonesian and Palestine’ sukses diserahkan kepada 6 lembaga yang membutuhkannya yang di bantu oleh tim dari kitabisa dan beberapa perwakilan dari Shawol Indonesia.

Donasi yang mencapai Rp. 466.481.947 juta ini dengan lebih dari 5.000 donatur diserahkan kepada 6 lembaga yakni, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Insan Bumi Mandiri, Adam Fabumi Foundation, Jakarta Animal Aid Network, Yayasan Sehat Mental Indonesia, dan Gerkatin Kepemudaan.

Awalnya, donasi ini dimulai oleh salah satu Shawol Indonesia bernama Wina yang memulai membuka campaign di Kitabisa ini untuk memberikan donasi kepada Palestina dan Indonesia dari Jonghyun karena sebelumnya, banyak haters yang menganggap kita para penggemar dari SHINee terbilang ‘lebay’ akibat kehilangan salah satu idola kita bahkan kita dianggap tidak memperdulikan Palestina yang sedang mengalami tragedi besar. Tetapi, kami tidak membalas komentar haters tersebut dengan balasan yang negatif. Kami membalasnya dengan aksi peduli kepada rakyat Palestina maupun Indonesia.

Bahkan, sang Co-founder dari Kitabisa berkomentar menyentuh dan memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh Shawol Indonesia dan Kpopers Indonesia,

“Seorang vokalis dari group Kpop SHINee bernama Jonghyun meninggal dunia pada bulan Desember lalu, sebagian netizen menghujat kesedihan teman-teman Shawol yang dinilai ‘Lebay’ ditengah peristiwa tragedi yang sedang terjadi di Palestina saat itu.

“Menanggapi hal tersebut, seorang Shawol bernama Wina memulai inisiatif kecil di Kitabisa. Ia berharap mengumpulkan Rp. 5 juta atas nama sang idola untuk disumbangkan ke Palestina.

“To her (and our) surprise, dalam hitungan jam puluhan donasi berdatangan. Target 5 juta pun terlewati. Hingga saat kampanye ditutup 1 bulan setelahnya, terkumpul lebih dari Rp. 400 juta dari 5 ribu lebih donatur! ‘Tampol para haters dengan aksi’ ujar seorang donatur ‘Kami Kpopers dan kami peduli. Membully bukan solusi’ kata donatur lainnya.”

“Hari ini, dana donasi tersebut telah diserahterimakan ke 6 lembaga yang menangani beragam isu: mulai dari Palestina (ACT), pembangunan Indonesia timur (Insan Bumi Mandiri), bayi pejuang Trisomy (Adam Fabumi Foundation), komunitas tuli (Gerkatin Kepemudaan), binatang (JAAN), hingga kesehatan mental – salah satu penyebab berpulangnya sang idola – melalui Yayasan Sehat Mental Indonesia.

Sebuah bukti nyata bagaimana reaksi marah (melihat Shawol di bully) dapat diubah menjadi aksi positif yang luar biasa.

Terus, mau ngajak marah lagi Vik? Ngga kok.

Malah gw mau share kalo kata riset, selain marah ada satu lagi emotion yang paling kuat membuat orang melakukan sesuatu yaitu ‘awe’ atau tersentuh/terinspirasi.

And that is exactly why I’m writing this post, in awe of how such a small initiative can lead to a massive act of kindness.” tutur Vikra Ijazz, Co-founder dari Kitabisa.

Bagaimana menurut kalian?

Written by Hello SHINee

Via: Kpopindo.id

Add Comment