Habiskan 467 Miliar Selama Setahun, Inikah Alasan China Berlakukan 'Pembatasan' KPop? - Kpop Indonesia

Habiskan 467 Miliar Selama Setahun, Inikah Alasan China Berlakukan ‘Pembatasan’ KPop?

Sepanjang tahun 2020 penggemar China menghabiskan sebanyak 211 Juta Yuan atau sekitar 467 Miliar IDR untuk diekspor kepada idola Korea berupa pembelian album atau bulk buying. Jumlah tersebut belum termasuk pemberian hadiah ulang tahun, donasi/amal dan mass project lainnya.

Melalui data yang dihimpun, netizen China menghitung jumlah album fisik idola Korea yang dibeli oleh penggemar China pada paruh pertama tahun 2020. Jumlah total yang ditransfer lebih dari 210 juta rmb, dan jumlah spesifiknya adalah 211.622.180 yuan atau engan kata lain, pada paruh pertama tahun 2020, penggemar Tiongkok menghabiskan lebih dari 211 juta yuan atau sekitar 467 Miliar Rupiah untuk membeli album fisik artis Korea saja.

Jumlah album yang dibeli satu orang penggemar China bisa mencapai 1000 keping, tetapi mayoritas dari mereka hanya membayar album tersebut tapi tidak mengirimkannya kembali, dan memberikan album tersebut kepada orang Korea secara gratis.  Dengan kata lain penggemar China menghabiskan uang untuk membeli “udara”, atau mereka secara langsung memberikan uang cuma-cuma  kepada artis Korea. Dan hal tersebut didukung oleh agensi Korea.

Terakhir, Entertainment China mulai gencar dengan peraturan barunya tentang pembatasan aktivitas fans club yang tidak sehat yaitu menghamburkan uang untuk hal yang tidak rasional.

Source: weibo dan all about C-star info Indonesia.
Written by Kristevanna

Add Comment