Idol-Idol KPOP Jebolan Acara Survival Show - Kpop Indonesia

Idol-Idol KPOP Jebolan Acara Survival Show

Grup K-Pop yang Terbentuk Lewat Acara Survival Show

Variety show ajang pencarian bakat di Korea Selatan semakin berkembang. Salah satu yang sedang menjadi tren saat ini adalah pembentukan sebuah grup idola lewat ajang pencarian bakat yang disebut idol survival show.  Dalam acara ini para trainee dari satu agensi atau beberapa agensi bersaing demi mendapatkan posisi sebagai salah satu anggota grup yang nantinya akan debut.

Salah satu acara survival show yang terkenal adalah Produce 101 yang tayang di saluran TV Mnet beberapa waktu lalu, di mana 101 trainee berkompetisi untuk debut dalam satu grup, IOI (versi girlband) dan Wanna One (versi boyband) yang kontraknya hanya berlangsung 1-2 tahun. Namun tahukah kamu ada grup lain selain IOI dan Wanna One yang juga dibentuk dari hasil ajang pencarian bakat?

Siapa saja mereka? Berikut tim kumparan telah merangkumnya.

1. Bigbang

Bigbang merupakan grup K-Pop pertama yang dibentuk melalui acara survival. Grup bentukan YG Entertainment ini debut pada tahun 2006 setelah sebelumnya mereka harus menjalani acara ajang pencarian bakat yang berjudul ‘BIGBANG Documentary: The Beginning’. Seung-ri bahkan hampir gagal debut dengan Bigbang pada saat itu karena penampilannya dianggap kurang baik oleh Yang Hyun-suk. Tetapi ternyata Hyun-suk memilih dia dan menyisihkan Jang Hyun Seung (ex-member BEAST) menjadikan 5 anggota Bigbang yaitu G-Dragon, T.O.P, Tae-yang, Dae-sung, dan Seung-ri.

2. VIXX

VIXX atau Voice, Visual, Value in Excelsis dibentuk tahun 2012 oleh Jellyfish Entertainment. Boyband ini terdiri dari 6 anggota N, Leo, Ken, Ravi, Hong-bin dan Hyuk. Sebelum debut, anggota VIXX mengikuti acara survival bertajuk ‘MyDOL’ yang ditayangkan oleh Mnet. VIXX resmi debut pada tanggal 24 Mei 2012 di M!Countdown dengan lagu ‘Super Hero’. Single kedua mereka berjudul ‘Rock Ur Body’ resmi dirilis pada bulan Agustus. Boygrup ini mengusung konsep fantasi disetiap comebacknya. 

3. Winner

Setelah Bigbang, YG Entertainment kembali membuat acara survival untuk merilis grup boyband baru yang bernaung di bawah agensinya. Pada acara survival bernama ‘Who Is Next’ ini terdapat 11 trainee YG yang dibagi menjadi Team A dan Team B. Peraturan awalnya adalah grup yang menang diakhir acara akan debut sedangkan grup yang gagal kemungkinan besar akan ditraining ulang bahkan bisa di bubarkan. Acara ini akhirnya dimenangkan oleh Team A yang akhirnya debut dengan nama grup Winner pada 2014. 

4. iKON

Setelah sempat kalah diacara survival ‘Who Is Next’, iKON yang awalnya merupakan team B kembali bersaing diacara serupa bernama ‘Mix & Match’. Awalnya YG  belum memiliki rencana terhadap mereka karena kekalahan mereka diacara sebelumnya, namun karena desakan para penggemar YG pun menarik pernyataan mereka dengan membuat acara survival lain berkonsep ‘Mix & Match’. Dalam acara ini  3 anggota baru di Team B ditambahkan. 
‘Mix & Match’ membuat persaingan ketat diantara 9 orang trainee karena hanya ada 7 member yang dipilih dan debut atas nama iKON. Acara ini hampir membuat Yun-hyeong sebagai anggota lama tersisihkan oleh anggota baru yang membuat anggota lama lainnya sedih. Akhirnya pada 2015 iKON debut.

5. TWICE

Girl group bentukan JYP Entertainment ini merupakan hasil kerja sama dengan stasiun TV MNet. JPY dan Mnet membuat acara survival ‘SIXTEEN’ yang tayang pada pada 2015. Acara ini menampilkan para trainee JYP yang saling berkompetisi satu sama lain untuk dapat mengamankan posisi dalam grup yang akan debut bernama TWICE. Tidak seperti kompetisi musik lainnya, para peserta SIXTEEN tidak hanya dikagumi dengan kemampuan bernyanyi dan menari mereka, tetapi juga karena karisma dan kepribadian mereka. Dalam acara survival ini Tzuyu dan Momo sempat tereleminasi sebelum akhirnya kembali dimasukkan menjadi anggota akhir TWICE.

6. MONSTA X

MONSTA X merupakan boy grup yang debut di bawah agensi Starship Entertainment. mereka terdiri dari 7-member Joo-heon, Show-nu, Ki-hyun, Hyung-won, Won-ho, Min-hyuk, dan I.M. Awalnya Starship hanya ingin mendebutkan sebuah grup yang beranggotakan 4 orang, tetapi kemudian berubah dengan mengadakan program survival ‘NO.MERCY’.  Hasil akhir dari acara ini adalah terpilihnya 7 member dari 13 member yang mengikuti program tersebut. MONSTA X debut pada 14 Mei 2015 dengan lagu ‘Trespass’.

7. I.O.I

I.O.I atau Ideal of Idol adalah sebuah proyek girl grup yang dibentuk melalui reality show ‘Produce 101’ yang tayang di Mnet. Program tersebut, diikuti oleh 101 trainee dari 46 agensi hiburan. Dari 101 trainee yang ikut hanya 11 anggota yang berhasil debut yaitu Na-young, Chung-ha, Se-jeong, Chae-yeon, Jie Qiong, So-hye, Yeon-jung, Yoo-jung, Mi-na, Do-yeon dan Somi. Grup yang acaranya tayang pada 2016 ini mendapat kesuksesan yang besar, namun sesuai dengan kontrak kesepakatan, grup ini hanya akan tampil selama satu tahun. Mereka resmi bubar pada 17 Januari 2017.
8. Pentagon

Boy grup Cube Entertainment ini terbentuk melalui acara survival berjudul ‘Pentagon Maker’. Di mana, para trainee akan diberi tantangan dan mendapat poin melalui 5 aspek (performance, dance, teamwork, talent dan mind). Awalnya grup ini hanya akan beranggota 5 orang saja,  tapi pada akhirnya 10 orang terpilih untuk menjadi anggota PENTAGON. Salah satu anggotanya, Hong-seok merupakan mantan trainee YG yang gagal debut dengan iKON di acara ‘Who Is Next’. Walau sempat ada masalah dan pengunduran jadwal debut tapi akhirnya mereka bisa debut dengan single mereka yang berjudul ‘Gorilla’ pada 10 Oktober 2016.
9. Wanna One

Sukses dengan acara ‘Produce 101’, Mnet kembali membentuk acara ‘Produce 101 Season 2’. Namun kali ini mereka membentuk boyband. Awalnya acara ini diikuti oleh 101 trainee dari 54 perusahaan, namun sayang ada 5 trainee yang keluar karena berbagai alasan. Dari 96 peserta yang mengikuti, terpilihlah 11 trainee yang debut dengan nama Wanna One. Mereka adalah Kang Daniel, Park Ji-hoon, Lee Dae-hwi, Kim Jae-hwan, Ong Seong-woo, Park Woo-jin, Lai Guan Lin, Yoon Ji-sung, Hwang Min-hyun, Bae Jin-young dan Ha Sung-woon. Sama seperti IOI, grup ini juga hanya dikontrak sementara. Kabarnya mereka akan bubar pada Desember 2018.
source: kumparan

Via: Kpopindo.id

Add Comment