Inilah Alasan Kenapa SuperM Sukses Jadi Big Sales Minggu ini - Kpop Indonesia

Inilah Alasan Kenapa SuperM Sukses Jadi Big Sales Minggu ini

[ Inilah Alasan Kenapa SuperM Sukses Jadi Big Sales Minggu ini ]

Dua bulan yang lalu dunia bahkan tidak tahu tentang grup K-pop SuperM tapi minggu ini group dengan tujuh orang member ini telah sukses melakukan debut mereka dengan mendarat di posisi puncak No.1 di chart Billboard 200 dengan Mini Album pertama mereka dimana poin mereka hampir seluruhnya di dominasi dari penjualan album fisik.

Ini merupakan sebuah pencapaian yang menakjubkan untuk group yang baru saja diumumkan pada bulan Agustus tersebut. Ini bukanlah sebuah kebetulan bagi perusahan label raksasa SM Entertaimen yang bermitra bersama dengan Capitol Music Group dalam upaya besar pertama mereka untuk mendorong group K-pop lebih maju di pasar U.S,

Perusahaan label menarik semua perhatian dari pemasaran yang berhasil menang dari kedua sisi .Secara pasifik mereka menciptakan kampanye super untuk dapat mempromosikan pertemuan antara Timur dan Barat yang di sebut dengan sebutan ” Avengers of K-pop ” group yang menyatukan para member dari group SHINee , EXO , NCT 127 dan WayV ini.

Karena paket album fisik yang memang terbukti sangat populer di kalangan para penggemar K-pop di Korea, SM dan Capitol akhirnya menawarkan delapan variasi CD yang berbeda dengan cover masing-masing dari ketujuh member bersama dengan edisi album grup plus dengan tambahan lebih dari 60 bundel merchandise/album yang tersedia untuk dibeli melalui toko web resmi mereka.

Tour SuperM di Amerika Utara selama sepuluh hari yang akan datang akan di mulai pada tanggal 11 November, Mereka juga memberikan tawaran paket pembelian tiket konser/album, di mana CD album tersebut digabungkan ke dalam harga pembelian tiket. Pelanggan dapat memilih untuk membeli album dan mengirimkannya ke mereka, tapi hanya album yang sudah di beli yang di masukkan kedalam penghitungan tangga lagu. tapi mengingat bagaimana antusiasnya para penggemar K-pop dalam hal pembelian album jadi tidak masalah untuk mereka membeli album ini dengan harga di atas rata-rata.

Saat album ini dirilis pada 4 Oktober yang lalu, SuperM merayakannya dengan menjadi tuan rumah di toko pop-up yang populer di L.A selama sepekan. toko ini berada tepat di samping Hollywood Walk of Fame tempat di mana para penggemar bisa membeli CD. Pada minggu yang sama, SuperM juga mengadakan penandatanganan album secara tertutup di toko-toko rekaman di daerah Los Angeles, di mana hanya satu member saja yang dapat menandatangani CD dari masing-masing pelanggan secara acak hal ini di lakukan untuk menghindari antrian yang panjang di antara para pelanggan. Sementara itu para penggemar super dari SuperM terbukti sangat cerdas dalam meningkatkan chart group favorite mereka di tangga lagu.

Sementara itu Nielsen Music dan Billboard ‘s chart hanya menghitung pembelian album dari U S, Adanya desas-desus di media sosial yang sedang memanas pada akhirnya membuat Nielsen Music dan Billboard angkat bicara mengenai sistem yang mereka miliki untuk melawan kecurangan antara para penggemar atau label perusahaan yang berusaha mencurangi kinerja grafik mereka tapi skema itu sendiri menunjukkan dedikasi yang luar biasa untuk mendukung grup.

Pengecer online termasuk etalase SuperM milik SM Entertainment menyebutkan dalam deskripsi item mereka bahwa penjualan ini akan dihitung untuk grafik Billboard.
praktik yang adil yang menargetkan komitmen antara para penggemar adalah penyebabnya, selama ini hanya penjualan di U.S yang dilaporkan untuk Chart Billboard dari data yang telah diteliti oleh Nielsen Music and Billboard sendiri.

“Penggemar SuperM membeli mini album dalam jumlah banyak karena itu adalah cara mereka untuk mengekspresikan dedikasi mereka untuk fandom mereka dan juga bentuk dari dukungan mereka terhadap group favorite mereka ,” kata direktur pelaksana MIDiA Research Mark Mulligan ” Baik itu artis K-pop atau artis Jepang telah melakukan hal yang semacam ini selama bertahun-tahun di pasar domestik negara mereka sendiri dan para penggemar K-pop sendiri memang suka melakukan berbagai cara untuk menaikan penjualan album fisik yang kuat di Korea ”

Kombinasi promosi dari strategi ini berhasil membuat Mini Album yang hanya terdiri dari lima lagu asli (ditambah versi instrumental dari dua lagu lainnya ) menjadi no.1 dimulai dengan penjualan sebanyak 168.000 copies yang diperoleh dari penjualan di U.S pada minggu terakhir pada 10 Oktober kemarin dimana 98% atau 164.000 Copies penjulan yang menakjubkan ini di hasilkan dari penjualan album murni menurut data Nielsen Music.

Dengan melakukan hal itu, SM Entertainment dan Capitol Records telah mencapai kesuksesan melalui format fisik dalam lanskap musik di mana streaming disambut sebagai tiket emas menuju kesuksesan grafik.

” Saat semua orang memberitahumu bahwa anak-anak muda tidak mendengarkan album tersebut dan tentu saja mereka juga tidak akan membeli album tersebut , tim pemasaran yang cerdik yang tahu bagaimana cara untuk menarik basis para penggemar inti membuktikan bahwa anggapan mereka salah,” komentar Russ Crupnick , managing partner di industry firma analisis MusicWatch.

Seorang master yang ahli dalam melakukan promosi dapat berfungsi sebagai mesin pencetak untuk mendapatkan uang dari fandom, taktik yang lahir di budaya K-Pop ini juga berpotensi bekerja di budaya lainnya.

Cr.Billbiard
Sari Tzennie

Kpopindo.id

Add Comment