Jejak Sejarah SM Entertaiment Di Dunia K-Pop - Kpop Indonesia

Jejak Sejarah SM Entertaiment Di Dunia K-Pop

Jejak Sejarah SM Entertaimen Di Dunia K-Pop

Klasifikasi bisnis resmi S.M. Entertaiment adalah “penerbitan percetakan dan rekaman bisnis reproduksi media”. Produk utama adalah kaset musik dan CD. Perusahaan mini yang hanya memiliki 13 karyawan yang didirikan pada bulan Februari 1995 dengan tujuan untuk merekam musik. Bisa dianggap ini adalah perusahaan perencanaan hiburan yang tumbuh dengan menemukan kelompok tari yang sukses mendapatkan popularitas dari kaum muda, seperti HOT , SES dan Shinhwa. Pemegang saham utama perusahaan hiburan ini adalah Lee Sooman, yang dulu terkenal sebagai penyanyi dan juga MC. ‘

Pada Maret 2000, saat SM Entertainment terdaftar di KOSDAQ, sebuah artikel di media pada saat itu menggambarkan SM. Dengan sorotan besar pada saat listing pada 27 April tahun 2000, SM adalah perusahaan hiburan pertama yang terdaftar di KOSDAQ dan mengumumkan dimulainya industrialisasi K-entertainment. Sejak saat itu, SM kemudian membuka pintu K-Pop atau yang dikenal dengan Korean Wave kepada dunia , saat ini SM telah berdiri sebagai perusahaan hiburan umum dengan 34 afiliasi di dalam dan luar negeri, termasuk SM C & C, yang memproduksi konten video.

Tahun ini sangat berarti bagi SM karna Perusahaan yang didirikan pada tahun 1995 dengan modal 50 juta won ini akan merayakan ulang tahun ke 25nya pada bulan Februari dan akan merayakan ulang tahun ke 20nya pada tanggal 27 April bulan ini. Tantangan baru terus berlanjut. SM akan menampilkan layanan streaming konser langsung < Beyond Live > dan akan melakukan penampilan pada September nanti untuk bagian Asia dari festival < Global Goal Live: The Pasable Dream > atau yang disebut < Live Aid > pada abad ke-21 di Korea. SM yang dipimpin oleh Lee Sooman, pendiri dan produser terkemuka dan mari kita lihat kembali jejak berani apa saja yang telah ditinggalkannya dalam sejarah K-Pop.

SM terkenal karena memperkenalkan dan membangun sistem casting, pelatihan, produksi, dan sistem manajemen sistematis pertama di industri hiburan K-Pop yang dulunya sering dilakukan dengan cara kuno. SM juga menjadi yang pertama kali memperkenalkan sistem A & R (Artis & Repertoar) di Korea, yang mengumpulkan lagu-lagu dari komposer dari seluruh dunia dan menghubungkannya dengan penyanyi yang cocok. SM telah menjadi pelopor dalam kemajuan industri K-Pop , Seorang pejabat di industri menjelaskan, ” SM menjadi yang pertama kali menciptakan konsep idola di Korea dan semua sistematis kegiatan yang terkait dengan idol dan industri idola.” Berdasarkan sistem yang solid, SM telah menulis sejerah dengan kesuksesan idola generasi pertama mereka seperti HOT dan SES hingga Girls ‘Generation, TVXQ, dan EXO sebagai generasi ketiga. Baru-baru ini mereka mencoba tantangan baru dengan membuat boyband baru bernama < Super M > SuperM sendiri adalah tim yang terdiri dari 7 member dari group yang berbeda-beda termasuk Taemin SHINee , Baekhyun dan Kai EXO , Taeyong dan Mark NCT 127, dan grup Cina WAYV Lucas dan Ten. mereka melakukan debut yang sukses dengan berhasil mendududki peringkat pertama di chart ‘< Billboard 200’ >

Lee Sooman adalah sosok pelopor K-Pop Korean Wave
SM juga menjadi yang pertama mencoba ekspansi penyanyi K-pop ke luar negeri sekarang tentu saja. SM telah berhasil melampaui pasar domestik yang kecil dan mempelopori pasar luar negeri lebih awal dari perusahaan lain , pada tahun 1997, SM memasuki pasar luar negeri untuk pertama kalinya dalam industri hiburan domestik. Pada tahun 2000 HOT menjadi penyanyi Korea pertama yang mengadakan konser dengan 10.000 penonton di Beijing, Cina, media Tiongkok menampilkannya dan karna hal itu kata ‘Hallyu’ kemudian di kenal secara luas.

Berikutnya adalah Jepang. Boa, memulai debutnya pada tahun 2001 di Jepang, dan berhasil menembus chart tangga lagu nomor 1 di Jepang yaitu Oricon pada tahun berikutnya dan dia menjadi ikon untuk kesuksesan idol di luar negeri. Pada tahun 2005 TVXQ kemudian menyusul dan mereka berhasil mendapatkan popularitas yang sangat besar dan menjadi Gelombang Korea di seluruh wilayah Asia. Kritikus budaya populer Kim Heon-sik mengatakan, ” SM sebenarnya adalah awal dan dasar dari K-Pop Korean Wave.”

SM juga selangkah lebih maju dari pasar U.S dan Eropa. Pada tahun 2008, BoA menantang pasar U.S dan menjadi penyanyi Korea pertama yang menempati peringkat ke-127 di tangga lagu utama < Billboard 200 > Pada tahun 2011, SM kemudian mengadakan sebuah konser bersama semua artisnya yang bertajuk (SM TOWN LIVE) yang akan diadakan di Paris, Perancis.

Produser Lee Sooman kepala dari SM yang memimpin semua ini, dia memiliki berbagai pengaruh, seperti ” Pelopor kuat bagi K-pop modern yang menikmati popularitas ledakan” (Variety of America) dan ” Tokoh simbolik yang memiliki dampak besar pada K-pop” (Bbc). Pada tahun 2016, produser ini juga diakui sebagai orang Korea pertama yang memenangkan < Asian Game Changer Awards 2016 > yang dipersembahkan oleh < Asian Society > Amerika sebagai pengakuan atas kontribusinya dalam mengubah topografi industri budaya dunia dengan Hallyu pada tahun 2016. Dia menerima Penghargaan Diplomatik dan Penghargaan CEO 2018 Korea-China Management Awards.

Tujuan SM berikutnya adalah untuk menghasilkan konten K-pop yang baru yang belum pernah dialami melalui kombinasi K-pop dan teknologi informasi (TI). Dengan banyaknya konser yang dibatalkan karena penyebaran infeksi virus corona baru-baru ini (Covid19), SM yang bermitra dengan Naver menghadirkan layanan Live streaming konser < Beyond Live >. Beyond Live pertama kali di buka dengan pertunjukan konser dari SuperM pada tanggal 26 April nanti , SM berencana untuk menampilkan konten konser digital yang dioptimalkan untuk online, daripada menyampaikan pertunjukan offline secara online. Produser Ini juga berkolaborasi dengan Intel Studio untuk menghasilkan konten baru untuk menikmati panggung K-pop dengan cara 360 derajat.

Pertunjukan amal terbesar di dunia < Global Goal Live: The Parsable Dream > yang akan diadakan di Seoul pada 26 September yang akan datang acara yang disebut juga sebagai ‘Live Aid’ di abad ke-21 , produser Lee Sooman akan menjadi direktur umum pertunjukan. Dan penyanyi Korea yang akan hadir dalam pertunjukkan ini adalahnEXO, BOA, dan SuperM pertunjukkan ini juga akan di hadiri jajaran artis ternama dunia lainnya seperti Cold Play, Metallica, Muse, Usher, Red Hot Chili Peppers, Alicia Keys, Billy Irish, dan Ferrell Williams .

Cr.Naver
Sari Tzennie

Add Comment