Jin BTS Hilangkan Stigma Negatif Gangguan Mental Melalui Karyanya - Kpop Indonesia

Jin BTS Hilangkan Stigma Negatif Gangguan Mental Melalui Karyanya

Source: Weverse

Kpopindo.id – Salah satu member BTS yakni Jin membahas tentang gangguan mental, dan hilangkan stigma negatif dari mental disorders.

Ia membuat musik dengan lirik unik dan mengatakan kepada fans agar tidak mengkhawatirkan dirinya. Dia juga mengakui bahwa perlu keberanian yang besar untuk bisa berbicara seputar gangguan mental, terutama bila menjadi selebrita yang super terkenal.

Bukan hal mudah mengawali percakapan mengenai gangguan mental. Setiap kata yang diucapkan harus berhati-hati agar tidak banyak orang salah paham.

Namun bila ia mengutarakan, maka akan memberikan dampak bagi sebagian besar orang. Karyanya membantu menghilangkan stigma negatif tentang orang yang mengidap penyakit tersebut. Lagu solonya yang berjudul Epiphany dan Abyss menjadi contoh lagu yang dipenuhi keberanian mengutarakan liriknya.

Single solo Jin yang berjudul Epiphany mendeskripsikan pentingnya mencintai diri sendiri di tengah kekurangan yang dimiliki. Liriknya tercermin pada bagian,”Aku adalah satu-satunya yang harus kucintai di dunia ini.”

Banyak pengamat musik Kpop menilai singlenya sangat berani dan dikemas dalam nada yang indah. Jin sempat membeberkan bahwa dirinya mengkritik habis-habisan tentang stigma mencintai diri sendiri sebagai narsis.

Menurut pendapatnya, kita harus selalu menjadi diri sendiri dan jangan mendengarkan hal buruk yang dikatakan oleh orang lain.

“Sulit untuk mencintai diri sendiri, tetapi kita bisa berusaha membangunnya dengan sugesti. Beri pujian terhadap diri sendiri setiap kali selesai melakukan suatu hal. Setiap kita pasti pernah merasakan kesulitan dalam hidup. Dikala menghadapi hal demikian, kita tidak perlu menyalahkan diri sendiri. Kita hanya perlu menyemangati diri dengan perkataan akan menjadi lebih baik lain kali.”

Jin juga mengajarkan tidak ada standar menjadi sempurna, kita hanya perlu tidak menggunakan standar orang lain. Tidak perlu mengorbankan diri demi apa yang menjadi standar sempurna orang lain.

Hargai diri sendiri layaknya berlian. Ia juga mengatakan kalau kita tidak memahami cara mengatasi gangguan mental, maka saatnya mencari bantuan orang lain untuk mengatasi gangguan mental yang dialami. 

Cr: Korea banget
Written by: Feby Dwi Lestari
Kpopindo.id

Add Comment