Kasus Kris Wu: Apa Artinya dan Apa yang Akan Terjadi Padanya Menurut Pengacara - Kpop Indonesia

Kasus Kris Wu: Apa Artinya dan Apa yang Akan Terjadi Padanya Menurut Pengacara

Menyusul postingan Du Meizhu di Weibo yang meresahkan tentang perilaku predator Kris Wu, polisi Tiongkok mengungkapkan pada 31 Juli bahwa mereka sekarang telah menahan selebriti tersebut atas dugaan pelecehan seksual.

Dalam sebuah wawancara dengan media Tiongkok Sina, seorang pengacara Tiongkok, Zhang Qi Huai mempertimbangkan kasus ini dan menjelaskan apa arti penahanan ini bagi Kris Wu dan masa depannya.

Setelah menjelaskan apa artinya ditahan oleh polisi, pengacara tersebut mengklarifikasi fakta bahwa Polisi Chaoyang telah menahannya, “menandakan bahwa penyelidikan telah menunjukkan ada bukti bahwa suatu kejahatan telah dilakukan.”

Pengacara tersebut menjelaskan:

“Kasus kriminal biasanya dimulai dengan seseorang yang melaporkan kejadian tersebut ke badan keamanan publik. Setelah menerima laporan, penyelidikan pendahuluan dilakukan dan pelapor menerima pemberitahuan yang menandakan bahwa kasus tersebut telah diterima. Ini tidak berarti kasus telah diajukan. Kasus ini diajukan setelah penyelidikan awal menunjukkan bahwa laporan tersebut cukup substansial bagi badan keamanan publik guna mengambil tindakan lebih lanjut untuk menyelidiki – jadi mengajukan kasus adalah langkah pertama.”

“Setelah kasus diajukan, polisi memulai penyelidikan dan mereka hanya menahan tersangka jika pada tahap awal mereka menentukan bahwa:

a. orang tersebut telah melanggar hukum dan perlu dihukum;

b. bahwa ada kebutuhan untuk mencegah orang tersebut melakukan lebih banyak kejahatan atau merugikan masyarakat dan;

c. bahwa ada kebutuhan untuk mencegah individu dari kemungkinan melarikan diri.

Ditahan secara pidana adalah salah satu bentuk penahanan seseorang, dan hal ini sering dilakukan pada tahap awal penyidikan tindak pidana.” Lanjutnya.

Pengacara Zhang Qi Huai juga menjelaskan bahwasanya, didalam sebuah kasus biasanya ‘tersangka‘ dipanggil selama 12 jam dan ditahan pada tahap akhir kasus ketika telah berkembang menjadi sesuatu yang sah dan kompleks.

Ia menambahkan, “Saat ini, Kris Wu sebenarnya ditahan — yang menandakan kalau penyelidikan awal telah menunjukkan bukti bahwa kejahatan telah dilakukan. Bisa juga untuk mencegahnya kabur, seperti keluar negeri atau bersembunyi sehingga penyidikan dan proses hukum tidak bisa berjalan dengan baik. Sekali lagi, penahanan hanya dilakukan ketika ada pemahaman dasar tentang kebenaran dan bukti kejahatan yang telah terjadi.”

Pengacara melanjutkan untuk membahas apa yang membuat kasus Kris Wu lebih rumit daripada yang lain. Dia mengatakan, dari perspektif hukum, kasus Kris Wu kemungkinan akan “sangat dipengaruhi oleh opini publik karena dia seorang selebriti dan tokoh masyarakat.”

Kasus Kris Wu sangat dipengaruhi oleh opini publik karena ia adalah seorang selebriti dan tokoh masyarakat terkemuka di China. Fakta bahwa Polisi Chaoyang mengumumkan perkembangan khusus untuk kasusnya saat ini menunjukkan bahwa pihak berwenang telah sangat rajin dalam penyelidikan mereka — karena kasusnya sangat rumit.” Ujarnya.

Terlepas dari betapa rumitnya kasusnya, Kris Wu akan diadili di Tiongkok sesuai dengan hukum Tiongkok. Menurut pengacaranya, kewarganegaraan Kanadanya tidak akan membuat perbedaan dalam persidangan, karena “proses dan hukumannya sama [seperti halnya] untuk warga negara Tiongkok.

Dalam wawancara, Zhang Qi Huai juga mengungkapkan bahwa salah satu alasan untuk menahan seseorang secara pidana — ketika kejahatan telah terjadi — adalah untuk mencegah orang tersebut melakukan sesuatu yang mempengaruhi penyelidikan dengan cara apa pun atau melarikan diri untuk menghindari diadili di pengadilan.

Dalam kasus Kris Wu, karena dia orang asing, ada kemungkinan dia meninggalkan negara dan mempersulit persidangan untuk berlangsung. Jadi dia telah ditahan secara pidana. Jelas, sekarang dia sudah ditahan, tidak mungkin baginya untuk melarikan diri. Dia akan diadili di Tiongkok menurut hukum Tiongkok dan dapat dideportasi setelah menjalankan hukumannya, jika terbukti bersalah.” Terang pengacara.

Pada prinsipnya, kedutaan nasional Kris Wu dapat diberitahu. Mungkin ada beberapa komunikasi ketika kasus itu dibawa ke pengadilan. Jika anggota keluarganya orang Kanada, mereka berhak mengajukan pertanyaan melalui kedutaan.”

Pengacara tersebut menegaskan, semua hal yang dijelaskan diatas tidak memengaruhi proses hukum yang diambil oleh otoritas hukum Tiongkok. Kemungkinkan yang paling bisa anggota keluarga lakukan adalah bertanya apakah Kris Wu telah dipaksa untuk memberikan pengakuan palsu selama penyelidikan.

Maka jika jawabannya tidak, selain hal itu tidak ada lagi yang bisa mereka lakukan. Kris Wu akan melalui proses hukum yang sama dan dijatuhi hukuman seperti yang dilakukan semua warga negara Tiongkok.

Jika ia hanya berbicara bahasa Inggris atau bahasa lain, ia mungkin mendapatkan bantuan dari seorang penerjemah di pengadilan. Tapi dia orang Cina dan tidak akan ada ‘perbedaan’ dalam cara dia mencoba, berdasarkan kebangsaannya.” Tutur Zhang Qi Huai.

Langkah selanjutnya dalam proses hukum untuk Kris Wu diharapkan menjadi penangkapan resmi, dakwaan jaksa, dan hukuman melalui persidangan.” Tetapi meskipun prosesnya bisa memakan waktu hingga enam bulan, pengacara yakin itu akan dipercepat karena atensi publik tertuju pada kasus ini.

Umumnya setelah menahan seseorang, keluarga mereka diberitahu dalam waktu 24 jam. Kemudian kasus tersebut diteruskan ke kejaksaan untuk diperiksa dan disetujui untuk dilakukan penangkapan. Ini membutuhkan waktu hingga tiga hari, tetapi dapat diperpanjang satu hingga empat hari, hingga total tujuh hari, dalam keadaan khusus.

Melaui hal itu, dapat disimpulkan, keputusan apakah Kris Wu sekarang ditangkap atau tidak dapat dibuat paling lambat pada hari kedelapan setelah penahanan.

Pengacara menjelaskan, “Apa itu penangkapan? Penangkapan berarti bahwa selain mempunyai bukti dasar yang kuat, ada bukti bahwa kejahatan yang bersangkutan diancam dengan pidana penjara tertentu, pidana penjara tidak terbatas, atau lebih tinggi. Jadi dengan melakukan penangkapan, semakin ditegaskan bahwa suatu kejahatan benar-benar telah dilakukan dan jika terbukti bersalah, orang tersebut akan dijatuhi hukuman.

Hal tersebut merupakan aturan dasar untuk melakukan penangkapan apa pun. Biasanya, setelah melakukan penangkapan, tersangka tidak akan ditahan selama lebih dari dua bulan, meskipun dapat disetujui untuk perpanjangan satu bulan menjadi total tiga bulan jika kasusnya besar dan kompleks.”

Zhang Qi Huai memperkirakan kasus Kris Wu, ia berkata, “Diperkirakan akan terungkap seperti ini: Jaksa akan mendakwanya, dan setelah kasus itu dibawa ke pengadilan, akan memakan waktu sekitar dua bulan – paling lama, enam bulan – untuk persidangan dan hukuman. Kejahatan Kris Wu kemungkinan besar rumit, sehingga bisa memakan waktu hingga enam bulan, tetapi karena ada banyak perhatian dalam kasus ini, tidak akan terlalu lama untuk mengadakan persidangan. Mereka mungkin membutuhkan waktu ekstra untuk memastikan segala sesuatu tentang kasus dan investigasi transparan dan kemudian mencapai putusan.

Adapun dukungan dan kontrak Kris Wu yang mungkin terpengaruh oleh kasus dan hasil akhirnya, pengacara menunjukkan bahwa ada proses hukum perdata untuk bisnis yang “telah [melihat] kerugian.”

Dukungan terbaru Kris Wu termasuk bisnis nama besar seperti Louis Vuitton, Tencent, Porsche, dan Bvlgari. Sejak awal penyelidikannya, setidaknya 14 kontrak telah diputus karena kasusnya.

Mengenai pemutusan kontrak yang terjadi, Zhang Qi Huai mengutarakan, “Segala masalah hukum perdata dapat diajukan dalam proses hukum pidana bagi korban yang telah melihat kerugian materialistis akibat tindakan pidana tersangka. Mereka juga dapat mengajukan gugatan perdata secara terpisah. Kerugian apa pun yang dilakukan oleh kejahatan Kris Wu terhadap bisnis yang dia dukung dan produser media yang dia rekam dapat dinegosiasikan atau diselesaikan melalui proses hukum perdata ini.”

Pengacara lain, Yan Xu, juga mengomentari kasus Kris Wu dan mengatakan jika dia terbukti bersalah, dia bisa dihukum lebih dari 10 tahun – atau bahkan penjara seumur hidup.


Salam Kpopindo!

Sr: Koreaboo
Images: Pinterest
Kpopindo.id

Add Comment