Konfirmasi Billboard Tentang Rumor Kecurangan Yang Di Lakukan SuperM - Kpop Indonesia

Konfirmasi Billboard Tentang Rumor Kecurangan Yang Di Lakukan SuperM

Lebih dari dua bulan yang lalu, dunia bahkan tidak tahu tentang grup K-pop SuperM. Namun minggu ini Group beranggotakan 7 orang ini debut No 1 di Billboard 200 dengan LP pertama, The 1st Mini Album, didorong hampir seluruhnya oleh penjualan album.

Ada beberapa rumor yang kurang menyenangkan terkait peringkat pertama mereka di Billboard 200, padahal ini merupakan pencapaian yang menakjubkan untuk Group yang baru saja diumumkan pada bulan Agustus sebagai kemitraan antara label raksasa Korea yaitu SM Entertainment dan Capitol Music Group (dan didistribusikan oleh Caroline). Dan itu bukan kebetulan. Dalam upaya besar pertama untuk mendorong tindakan K-pop terkemuka di pasar AS, label menarik semua perhentian pemasaran yang menang dari kedua sisi Pasifik, menciptakan kampanye super promosi Timur-bertemu-Barat yang sesuai dengan yang disebut sebagai “Avengers of K-pop,” yang menyatukan para anggota dari aksi SHINee, EXO, NCT 127 andWayV.

Karena paket album fisik yang dapat dibuktikan telah terbukti sangat populer di kalangan penggemar K-pop di Korea, SM dan Capitol menawarkan delapan variasi CD yang berbeda – satu sampul untuk masing-masing dari tujuh anggota, bersama dengan edisi grup. Di tambah lebih dari 60 bundel barang dagangan / album tersedia untuk dibeli melalui toko web resmi mereka.

Tur arena tanggal 10 di Amerika Utara SuperM yang akan di laksanakan,yang diumumkan pada 11 November, juga mencakup tawaran penukaran tiket konser / penjualan album, tempat salinan CD album tersebut digabungkan menjadi harga pembelian tiket. Pelanggan dapat memilih untuk menebus album dan mengirimkannya kepada mereka, tetapi hanya album yang ditebus itu yang masuk dalam perhitungan di grafik. Tetapi mengingat semangat penggemar K-pop, lebih aman untuk mengasumsikan album ini ditebus dengan harga di atas rata-rata.

Ketika album ini dirilis pada 4 Oktober, SuperM merayakannya dengan menjadi tuan rumah toko pop-up yang populer selama sepekan di Los Angeles selama pekan jalanan, tepat di sebelah Hollywood Walk of Fame, tempat penggemar dapat membeli CD. Pada minggu yang sama, SuperM mengadakan penandatanganan album yang sangat efisien di toko-toko rekaman di daerah Los Angeles, di mana hanya satu anggota menandatangani CD masing-masing pelanggan untuk menghindari kemacetan – bukannya meminta seluruh kelompok menandatangani disk.

Sementara itu, penggemar SuperM terbukti sangat cerdas dalam meningkatkan idola mereka di tangga lagu. Sementara grafik Nielsen Music dan Billboard hanya mencerminkan pembelian di A.S., obrolan di media sosial meresap dengan cara-cara mereka dapat membantu permainan sistem dari seluruh dunia. Pada akhirnya, Nielsen Music dan Billboard memiliki sistem melawan penggemar atau label yang mencurangi kinerja grafik, tetapi skema itu sendiri menunjukkan dedikasi yang luar biasa untuk mendukung grup. Pengecer online, termasuk etalase SuperM milik SM Entertainment sendiri, menyadap hal ini dengan menyebutkan dalam deskripsi item bahwa penjualan akan dihitung untuk grafik Billboard – praktik yang adil yang menargetkan komitmen penggemar terhadap penyebabnya, dan hanya penjualan AS yang dilaporkan untuk Bagan Billboard, data yang diteliti oleh Nielsen Music and Billboard.

“Penggemar SuperM membeli mini album dalam jumlah banyak karena itu adalah cara mereka mengekspresikan fandom dan dukungan mereka terhadap Idola meraka,” kata direktur pelaksana MIDiA Research Mark Mulligan. “Baik artis K-pop dan idola Jepang telah melakukan hal semacam ini selama bertahun-tahun di pasar domestik mereka, sedemikian rupa sehingga pendapatan fisik tumbuh kuat di Korea Selatan, didorong oleh penggemar K-pop muda.”

Kombinasi dari strategi promosi ini berhasil. Album Mini ke-1, yang hanya terdiri dari lima lagu asli (ditambah versi instrumental dari dua lagu itu), dimulai dengan 168.000 unit yang diperoleh pada minggu yang berakhir 10 Oktober di AS, di mana 98% atau 164.000 yang menakjubkan berada di penjualan album, menurut Nielsen Music. (Bagan Billboard 200 peringkat album paling populer minggu ini di AS berdasarkan konsumsi multi-metrik yang diukur dalam unit album setara. Unit terdiri dari penjualan album tradisional, trek album ekuivalen, dan album streaming setara).

Dengan melakukan itu, SM Entertainment dan Capitol Records telah mencapai kesuksesan melalui format fisik dalam lanskap musik di mana streaming disambut sebagai tiket emas menuju kesuksesan grafik.

“ketika semua orang memberi tahu Anda bahwa anak-anak muda tidak mendengarkan lagu album dan mereka tentu saja tidak membeli album, tim pemasaran yang pandai yang tentu tahu cara menarik basis penggemar inti membuktikan bahwa pendapat mereka salah,” komentar Russ Crupnick, managing partner di industry firma analisis MusicWatch.

©Billboard

Kpopindo.id

Add Comment