Luar Biasa! Aespa Mampu Mengalahkan Popularitas BTS - Kpop Indonesia

Luar Biasa! Aespa Mampu Mengalahkan Popularitas BTS

Kpopindo.id – “Saya berada di level berikutnya, patuhi aturan mutlak, jangan lepaskan tangan saya, solidaritas adalah senjata saya, berjalanlah ke kwangya” (aespa ‘Next Level’)

Dilansir melalui navernews.com. ‘setelah Debut selama Delapan bulan’ Momentum grup K-pop generasi ke-4 aespa sangat hebat. Lagu baru ‘Next Level’ menduduki puncak tangga lagu ’24 Hits’ Melon, situs musik terbesar di Korea, dari tanggal 21 hingga 29. Di tangga lagu Melon saat ini, ‘Look at Me’ dari MSG Wannabe yang dinyanyikan oleh MSG Wannabe dari MBC ‘What do you do when you play?’ kehilangan tempat pertama ke tempat kedua, tetapi rekor aespa seperti ini mengejutkan industri musik.

Itu karena aespa, pertama kalinya menjadi grup rookie yang baru debut 8 bulan lalu menduduki puncak tangga lagu ini. Secara khusus, tangga lagu ’24 Hits’ Melon diurutkan berdasarkan akumulasi penggunaan dalam satuan 24 jam, dan hanya apa yang didengarkan pengguna sekali per 24 jam yang tercermin dalam hitungan streaming, jadi bahkan idola dengan fandom yang kuat tidak berada di urutan teratas dari daftar. Aespa bahkan mengalahkan BTS.

Video musik untuk ‘Next Level’ juga dengan cepat meningkatkan jumlah penayangan. Ini melampaui 100 juta tampilan di YouTube dalam waktu 32 hari setelah dirilis. Rekor karya sebelumnya ‘Black Mamba’ dimajukan pada tanggal 19. Sebelumnya, pada bulan Januari, video musik ‘Black Mamba’ mencapai 100 juta penayangan dalam 51 hari dan 12 jam, waktu tersingkat untuk lagu debut grup K-pop dan juga pendatang baru di seluruh dunia.

‘Next Level’, dirilis oleh aespa pada tanggal 17 bulan lalu, adalah remake dari lagu hip-hop dengan nama yang sama yang digunakan dalam OST (soundtrack asli) dari film Fast and Furious: Hobbs & Shaw, oleh pembuat hit Yoo Young-jin, direktur SM Entertainment.

‘Next Level’ menjadi topik hangat dengan pengumuman komposisi lagu yang tidak biasa yang tampaknya menggabungkan lagu yang sama sekali berbeda dengan lirik yang secara jelas menunjukkan pandangan dunia avatar aespa. 

Berkat ini, lagu tersebut menjadi budaya bermain untuk Generasi Z segera setelah muncul. Interpretasi lagu ‘Next Level’ berlanjut terutama di Internet, yang menjadi kekuatan pendorong aespa untuk mendominasi tangga lagu setelah 8 bulan debut.

Secara khusus, penggemar K-pop Gen Z terus berdebat tentang di mana ‘kwangya’ muncul, dari lagu debut aespa ‘Black Mamba’ hingga lirik ‘Next Level’. Bahkan ‘wilderness’ adalah lagu yang muncul di ’90’s Love’ NCT U (lirik ‘Come near beyond the desert’). Juga, di kalangan penggemar K-pop, analisis musik dari apa yang disebut ‘tingkat selanjutnya’ dan ‘SMP (Pertunjukan Musik SM: gaya yang memadukan lagu dan koreografi artis SM secara optimal)’ terus berlanjut.

Ini karena ‘tingkat selanjutnya’ aespa telah mengumpulkan banyak suara yang mengatakan bahwa itu adalah “kristal SMP” yang telah berlangsung selama 20 tahun terakhir.

Faktanya, ‘Next Level’ juga merupakan lagu yang menunjukkan arah aespa dan masa depan K-pop yang sedang digambar oleh SM. aespa memulai debutnya dengan gelar ‘grup avatar’ pertama di dunia. Nama tim aespa juga merupakan kombinasi dari ‘æ’, yang mengungkapkan ‘Avatar X Experience’, dan kata bahasa Inggris ‘aspect’, yang berarti kedua belah pihak.

Berdasarkan pandangan dunia ‘bertemu avatar, yang merupakan diri sendiri, dan mengalami dunia baru’, itu adalah kelompok yang berani memberikan suara. ‘The Wilderness’, yang muncul dalam lagu-lagu penyanyi SM, termasuk aespa, juga berhubungan dengan ini. Lee Seong-soo, co-representative SM Entertainment, mengatakan, “‘The Wilderness’ adalah metaverse yang digambar oleh SM Culture Universe (SMCU), sebuah dunia besar yang mengundang semua penggemar di seluruh dunia,” jelasnya.

Pandangan dunia aespa juga dibuat menjadi film. Dalam ‘SM CONGRESS 2021’ yang baru-baru ini diadakan, aespa muncul sebagai karakter utama dan memperkenalkan ‘CAWMAN’, sebuah genre konten video campuran baru yang mengompresi pandangan dunia ‘SMCU’. Ini adalah kata yang menggabungkan C untuk kartun, A untuk animasi, W untuk webtoon, M untuk grafik gerak, A untuk avatar, dan N untuk novel. SM berkata, “Ada pembicaraan untuk membuat episode dalam genre yang disebut CAWMAN dan membuatnya menjadi film di Hollywood.” Reporter Ko Seung-hee

Sumber: navernews.com

Edited: ajengfitriani
Kpopindo.id

Add Comment