NCT 127 yang Melangkah Menuju Masa Depan: "Kami suka menantang diri kami sendiri." - Kpop Indonesia

NCT 127 yang Melangkah Menuju Masa Depan: “Kami suka menantang diri kami sendiri.”

[Billboard/Article] 180705 – NCT 127 yang Melangkah Menuju Masa Depan: “Kami suka menantang diri kami sendiri.”

Saat membicarakan tentang inovasi, K-Pop adalah tempat dimana musik tidak akan pernah ketinggalan zaman. Salah satu yang memimpin itu semua adalah SM Entertainment, yang telah memupuk sejumlah artis Korea Selatan yang paling menonjol dan memiliki tanggung jawab besar untuk perkembangan musik di negeranya.

Eksperimen terbaru mereka adalah sebuah boyband yang dikenal sebagai NCT, yang tampaknya tidak memiliki batasan dan akan menghasilkan banyak sub-unit, dengan ciri khas yang berbeda. Yang paling menonjol adalah NCT 127, tim yang berorientasi di Seoul ini terdiri dari sembilan anggota dari lima negara, yang juga telah mengunjungi Amerika Serikat beberapa kali sejak tahun lalu, dengan cepat menjadi salah satu penampil K-Pop yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak di AS.

Baru-baru ini mereka tampil di KCON 2018 NY, yang dilangsungkan di Prudential Center pada 24 Juni lalu dengan berbagai lagu mereka, mulai dari synthpop R&B “Touch” kemudian beralih ke experimental dance track yang bombastis seperti “Cherry Bomb”. Meskipun mereka tidak menjadi penutup acara pada tahun ini, teriakan dan tanggapan penonton yang riuh mengisyaratkan bahwa ini hanya masalah waktu.

Untuk anggota NCT 127, yang menyesuaikan dengan gaya bermusik mereka–dan setlist yang ditentukan, tiga dari mereka muncul lebih awal pada malam itu untuk penampilan khusus dari lagu hip-hop sensual mereka “Whiplash”– adalah salah satu faktor penentu mereka.

“Saya rasa kami suka melakukan hal-hal baru, dan kami suka menantang diri kami sendiri.” ungkap Jaehyun, salah satu dari vokalis utama sekaligus salah satu dari tiga member yang cakap berbahasa inggris. “Jadi saat kami mencoba tantangan itu, di kemudian hari, saya rasa kami akan menemukan warna kami yang sendiri.”

Mereka pun mengaku cukup terkejut saat pertama kali mendengar single terbaru mereka, “Touch” yang dirilis pada album NCT 2018: Empathy dan merupakan lagu yang ceria dibandingkan single sebelumnya seperti “Fire Truck”, “Limitless”, dan “Cherry Bomb”.

“Kurasa pada awalnya semua merasa sangat bersemangat.” kenang Johnny yang berasal dari Chicago, saat member yang berasal dari Kanada, Mark, menirukan reaksinya yang cukup berlebihan dengan mata dan mulut yang terbuka lebar. “Kami seperti; ‘Wow, ini keren.’ Suasananya jauh lebih ceria dari apa yang sering kami pakai, jadi kami merasa bersemangat untuk melihat penampilan seperti apa yang akan dihasilkan dari lagu baru ini. Kami sangat bersemangat untuk menunjukkannya kepada fans kami, karena biasanya ketika fans kami melihat penampilan kami, mereka seperti, ‘Woah, ini sangat powerful.’ Tapi kami rasa, segera setelah kami mendengar lagu itu, seperti, ‘Oh, mereka akan tersenyum kali ini.'”

Senyum cerah menjadi kunci dari penampilan mereka dan musik video dari “Touch”, dimana anggota asal Jepang Yuta secara khusus mendapat banyak perhatian untuk sikapnya yang ceria, bertepatan saat grup ini hendak memasuki pasar musik Jepang dengan single “Chain” pada bulan Mei.

“Saya sangat senang dapat melakukan rekaman untuk album Jepang, tetapi karena ini adalah pertama kalinya saya rekaman dengan bahasa ibu saya, saya benar-benar gugup.” ucapnya. “Tetapi saya merasa sangat nyaman karena pengucapan yang sempurna itu jauh lebih mudah.”

Johnny menambahkan: “Di dalam grup, karena dia bisa berbahasa Jepang dengan sangat lancar, kami, sebagai sebuah tim, lebih percaya diri dengan apa yang kami ucapkan karena dia akan mengartikannya dengan kata-katanya sendiri.”

Album ini memulai debutnya di No. 2 pada chart album mingguan Oricon Jepang, dan single utamanya melesat menuju Japan Hot 100 di No. 20.

Seperti grup K-Pop lainnya, anggota NCT 127 juga memiliki tangan-tangan jenius yang bertanggung jawab menciptakan lagu-lagu mereka, terutama duo rapper Mark dan Taeyong, yang menulis bagian mereka bersama-sama. Mark pun menjelaskan proses dari kreatifitas yang mereka miliki: “Ketika kami menerima track, pertama-tama kami mengambil waktu secara terpisah dan bertukar pikiran, secara individu pada awalnya. Dan kemudian kami berkumpul bersama dengan ide masing-masing, kami berdiskusi bersama, dan kami melakukan sentuhan akhir satu sama lain ketika kami memikirkannya bersama.”

Mark mengatakan bagian favorit yang telah ia tulis sejauh ini bukanlah untuk lagu NCT 127, melainkan dari penampilannya di NCT U “Yestoday”, yang dirilis pada bulan April. Di dalamnya, dia berbicara kepada dirinya yang lebih muda tentang apa yang telah ia capai di masa sekarang. “Kami pada dasarnya berbicara kepada diri sendiri dari masa lalu, karena ini tentang waktu dan segalanya, dan jadi pada bait akhir, saya berkata, ‘Dan aku berharap kau menyukainya di mana aku sekarang berada.’ Kata ‘kamu’ di sini adalah masa lalu saya.”

Anggota lain dari grup, terutama Taeil, juga tertarik untuk menulis dan memproduksi lagu untuk timnya di masa mendatang.

Seperti yang lumrah terjadi dalam K-Pop, langkah NCT 127 untuk ke depannya masih menjadi rahasia, tetapi mereka berjanji akan ada lebih banyak hal lagi yang akan segera datang.

“Kami telah melangkah di tahun 2018 dengan sangat cepat, dan para fans juga mengharapkan kami untuk terus melangkah ke depannya, dengan apa yang kami miliki, dan juga mengharap lebih banyak dari kami untuk sisa tahun ini.” ungkap sang leader, Taeyong.

Indo trans: Midnight Owl
Artikel asli: https://www.billboard.com/articles/columns/k-town/8463995/nct-127-kpop-kcon-interview?utm_source=twitter&utm_source=t.co&utm_medium=referral

🌚 Midnight Owl 🌚
Nctzen Indonesia

Add Comment