Pendapatan Seorang Artis Kpop dari Penjualan Musik Hanya Sedikit Sekali - Kpop Indonesia

Pendapatan Seorang Artis Kpop dari Penjualan Musik Hanya Sedikit Sekali

(K POP INFO)

{Bagai Memungut Recehan, Ternyata Pendapatan Seorang Artis Kpop dari Penjualan Musik Hanya Sedikit Sekali}

Dibalik glamornya panggung hiburan Kpop, ternyata banyak terdapat sisi pahit terutama dari segi pendapatan.

Para musisi Kpop biasanya selalu merilis musik mereka secara premium alias berbayar melalui situs musik seperti MelOn, Mnet, Naver dan sebagainya.

Akan tetapi apakah kalian tahu berapa penghasilan yang mereka dapatkan atas hasil mereka menyanyi ini?

Dikutip laman Weekly DongAh, ternyata artis yang menyanyikan sebuah lagu ada di bagian bawah piramida penghasilan musik.Rasanya hampir seperti memungut receh.

Saat sebuah musik terjual, 49% penghasilan akan diambil oleh pihak situs musik yang merilis lagu tersebut, 35% untuk label, 10% untuk pembuat lagu (komposer, penulis lirik dsb) dan 6% untuk si penyanyi.

Dalam kasus sebuah lagu didownload (sama dengan dibeli hak ciptanya) oleh pendengar dengan harga 600 ₩ atau setara Rp.7,200 label akan mendapatkan Rp.720,- sedangkan si penyanyinya hanya mendapatkan Rp.432,-.Sisanya diambil oleh situs musik dan pembuat lagu.Rasanya seperti memungut recehan kan?

Lain cerita dalam kasus streaming, meski kupon streaming biasanya berkisar Rp.150,000~Rp.250,000, tetapi setiap satu kali pendengar musik melakukan streaming, 40% pendapatannya diambil oleh pihak situs musik (MelOn, Genie, dsb).Disini pihak label mendapatkan pendapatan terbesar yakni 44% sekitar Rp.15,000 sedangkan 10% pendapatan sekitar Rp.9,000. adalah untuk komposer, penulis lirik dan artis yang menyayi murni hanya mendapatkan Rp.5,000.

Pihak Kementrian Budaya dan Olahraga Korea sempat membahas mengenai penaikan pendapatan para musisi.Namun pihaknya mengatakan jika pendapatan musisi dinaiki, maka harga kupon streaming yang sudah mahal akan bertambah mahal.Tentu ini juga akan memberatkan masyarakat.

Kesimpulannya adalah, seorang artis tak mungkin akan mendapatkan banyak penghasilan jika ia hanya menjual musik saja.Untuk itu mereka juga menjual album, merchandise dan menggelar fanmeeting.

Artis senior Lee Hyori juga sempat mengakui mengenai mirisnya pendapatan dari menjual musik melalui acara KBS ‘Happy Together’ “Saat tak ada tawaran iklan dan event, aku merasakan bahwa tak ada banyak uang yang bisa aku hasilkan dari musik.Itu sulit untuk membuatku bisa bertahan hidup”.

Kalau musik yang legal aja artisnya cuma dapat penghasilan sedikit, apalagi yang ilegal ya?

Source : Weekly DongAh, Hani.co.kr
Written by Heeloooung
©KSense

Add Comment