Pertimbangan Tentang Industri Polarisasi dengan Integrasi Vertikal - Kpop Indonesia

Pertimbangan Tentang Industri Polarisasi dengan Integrasi Vertikal

[Pertimbangan Tentang Industri Polarisasi dengan Integrasi Vertikal]

Agensi hiburan kini menggaet perusahaan ICT (Information Communication and Technologi) untuk bekerja sama, hal ini menunjukkan bahwa agensi hiburan mempertimbangkan tentang integrasi vertikal.

Baru-baru ini, SM, JYP, san Big Hit bekerja sama dengan SK Telecom untuk mengembangkan bisnis musik. Hasilnya, agensi menengah maupun kecil yang belum membangun sebuah hubungan kerja sama dengan agensi-agensi besar, kemungkinan akan semakin tersisihkan, sehingga terjadilah polarisasi. Perusahaan kecil dan menengah menyadari bahwa mereka tak akan bertahan bila mereka masih termasuk agensi kecil, maka mereka meningkatkan ‘ukuran’ merela dengan solidaritas.

Itulah yang disebut Dinosaurus dalam dunia bisnis. Seperti halnya CJ&M Entertainment dan LOEN Entertainment yang telah melebarkan sayapnya di bidang ini.

CJ&M Entertainment yang menguasai berbagai bidang bisnis seperti saluran TV kabel Mnet dan chart musik Mnet. Kemudian berafilasi dengan berbagai agensi hiphop seperti AOMG, Amoeba Culture, dan Highlight Record. Mereka juga bekerja sama dengan agensi MMO yang nantinya akan mendirikan label baru untuk Kang Daniel dan Yoon Jisung Wanna One. Perusahaan yang mengoperasikan situs musik terbesar di Korea ‘Melon’, LOEN Entertainment, bekerja sama dengan beberapa agensi seperti Fave Entertainment yang menaungi IU, Cre.kers Entertainment yang baru saja mendebutkan monster rookie The Boyz, Starship Entertainment tempat Cosmic Girl (WJSN) dan Monsta X, serta Plan A Entertainment yang menaungi A Pink.

Tahun lalu, Vibe Entertainment dan Gold Moon Entertainment bergabung dengan perusahaan game Jepang Akasuka Company. Mereka juga bergabung dengan CMH Entertainment, sebuah grup yang berafiliasi dengan Hwangbo yang bekrja sama dengan Sagon Entertainment. Sementara YG bekerja sama dengan Naver.

Skala perusahaan yang besar berkat kerja sama dengan berbagai perusahaan lain tentunya membawa berbagai keuntungan bagi perusahaan tersebut, seperti menarik investor dan merekrut talent-talent baru untuk bergabung dengan perusahaan. Terlebih lagi, ICT sangat sulit untuk perusahaan hiburan. Kerja sama dengan perusahaa ICT berarti perusahaan hiburan tersebut telah mendapatkan masa depan yang cerah.

Tapi masalahnya, perusahaan kecil yang tidak memiliki kerja sama dengan perusahaan besar otomatis terblokir. Kita tidak bisa menjamin bahwa sistem industri ini tidak akan runtuh. Perusahaan kecil menyumbang tentang beberapa ide konsep, mereka pun dapat memberikan kesempatan kepada trainee yang tidak dilatih secara sistematis dan mengalami sakitnya tereliminasi. Beberapa agensi kecil yang belakangan ini mendapat perhatian adalah agensi Momoland, Doublekick Company dan Source Music yang membesarkan Gfriend. Serta agensi yang menaungi IOI, MNH entertainment juga mendapat perhatian setelah menaungi debutnya girl grup project IOI. Untuk menambah diferensiasi dalam musik, perusahaan kecil dan menengah sebenarnya sangat diperlukan.

Kang Taegyu, seorang kritikus musik terkenal mengatakan “Perusahaan besar memimpin dari segi industri namun perusahaan kecil memberikan distribusi berupa diferensiasi dalam musik. Seharusnya kita memiliki badan industri yang membantu mereka untuk tumbuh”.

*Integrasi Vertikal yaitu penggabungan beberapa perusahaan yang meliputi semua fase produksi mulai dari bahan baku sampai barang jadi dalam satu organisasi

*Polarisasi merupakan gejala penguatan sikap ke arah yang lebih ekstrim setelah diskusi, dimana bila sebelum diskusi kelompok para anggota mempunyai sikap agak mendukung tindakan tertentu,maka setelah diskusi mereka akan lebih mendukung tindakan tersebut. Namun sebaliknya, bila sebelum diskusi para anggota kelompok agak menentang tindakan tertentu, maka setelah diskusi mereka akan menentangnya dengan lebih keras lagi (Kalvan dan Zeisel dalam Rahmat : 1985).

©edaily
➲Trans: #Budetama ▲It’s Me! Wanna One
http://line.me/ti/p/%40waz4548x
Via: Kpopindo.id

Add Comment