Punya Banyak Alumni Ternama, Inilah Konkuk University! - Kpop Indonesia

Punya Banyak Alumni Ternama, Inilah Konkuk University!

Banyak sekali artis terkenal Korea Selatan yang merupakan alumni dari Konkuk University, beberapa diantaranya: Kim Seok-jin BTS, Choi Min-ho SHINee, Lee Min-ho, Lee Jong-suk, Song Kang, Nayeon TWICE, Bae Doona, dan masih banyak yang lainnya. Sebagai salah satu universitas terbaik di Korea, maka sangat wajar jika memiliki banyak alumni penting yang banyak memberikan kontribusi dalam banyak hal, salah satunya dalam dunia entertainment.

Berikut informasi mengenai Universitas Konkuk, yuk, simak!

Konkuk University (Hangul: 건국 대학교, Hanja :建國大學校) didirikan oleh Dr. Yoo Seok-chang pada Mei 1946. Pada mulanya KU merupakan Sekolah Politik Chongsun (Chosun School of Politics, Hangul: 조선정치학, Hanja; 朝鮮政治學館) sebuah perguruan tinggi junior untuk para pemimpin politik di masa mendatang.

Tahun 1959, sekolah tersebut menjadi comprehensive university atau universitas lengkap dan berganti nama dalam huruf Hanja menjadi Konkuk yang memiliki arti ‘mendirikan bangsa’. Para pendiri dan pendukung memilih nama tersebut dengan harapan lulusan Universitas Konkuk akan berkontribusi dalam membangun dan mengabdi pada bangsa.

Sumber: dreamstudiesabroad

Memiliki motto: Sincerity (성, 誠), Fidelity (신, 信), Righteousness (의, 義)

Pada 2016, KU memiliki dua kampus, dengan kampus utama terletak di pusat kota Seoul dan kampus Glocal di Chungju. Untuk saat ini sekitar 29,000 mahasiswa terdaftar. Selain universitas, Konkuk juga memiliki pendidikan tingkat SMP dan SMA.

Semua program di KU telah diakreditasi penuh oleh Kementrian Pendidikan Korea dan organisasi eksternal seperti Accreditation Board for Engineering in Korea (ABEEK). Juga Sekolah Bisnisnya yang terakreditasi penuh oleh Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB).

KU memiliki 479 partner universitas di lebih dari 60 negara di seluruh dunia untuk mengakomodasi program Konkuk Global Exchange Network (K-GEN). Selain itu, universitas ini menyediakan program pengajaran bahasa Inggris yang memiliki waktu yang bervariasi, termasuk program musim panas jangka pendek.

Sumber: Tom In Korea

Universitas Konkuk juga memiliki beberapa program internasional yang memberikan kesempatan bagi para pelajar internasional yang ingin merasakan belajar di universitas ini, diantaranya:

1. The Exchange Student Program at Konkuk University

Merupakan program yang menawarkan kepada pelajar internasional yang terdaftar di lembaga mitra untuk melanjutkan studi di KU selama satu atau dua semester.

Memiliki persyaratan berupa paspor, sehat fisik, mahir berbahasa Inggris dan Korea, menyelesaikan setidaknya satu semester di perguruan tinggi asal, dan yang utama yaitu mahasiswa full-time yang telah resmi dipilih dan dicalonkan oleh lembaga mitra KU tersebut.

2. Visitting Student Program

Program ini disponsori langsung oleh Universitas Konkuk. VSP adalah kesempatan yang berharga bagi mahasiswa yang ingin memperluas pengalaman kuliah dan melengkapi program sarjananya. Masa belajar pada program ini mencapai dua tahun.

Program VSP terbuka untuk pelajar yang sudah terdaftar dalam program pencarian gelar sarjana di perguruan tinggi/universitas lain, syarat lainnya adalah mahasiswa yang sudah menyelesaikan minimal satu semester di perguruan tinggi asalnya saat melamar. Mahasiswa yang menghadiri institusi di luar Korea Selatan serta yang berkebangsaan non-korea bisa mendaftar.

3. The International Summer Program (ISP)

Adalah program musim panas yang dilaksanakan selama dua hingga empat minggu. ISP memberikan kesempatan bagi pelajar internasional yang berkeinginan untuk belajar tentang Korea dan merasakan budayanya. Program ini cocok untuk semua pelajar, tetapi sangat pas bagi para pelajar yang memiliki minat umum di Korea. Selama beberapa minggu itu, pelajar akan mendapatkan pemahaman tentang negara Korea.

Memiliki persyaratan: harus terdaftar di perguruan tinggi/universitas terakreditasi serta mengambil kursus tingkat college dalam bahasa Inggris, pendidikan dasar yang minimal dilakukan selama dua tahun dalam bahasa Inggris, serta skor TOEFL iBT minimal 80 atau 6.0 di IELTS.

4. The International Winter Program (IWP)

IWP tidak berbeda jauh dengan ISP. Bedanya dilakukan saat musim dingin dan masa pelaksanaan selama dua minggu. Dalam hal persyaratan pun sama, tetapi terdapat tambahan yakni lulusan SMA yang hendak mendaftar di perguruan tinggi/universitas terakreditasi bisa mengikuti program ini.

5. The Internship and Cultural Experience (ICE)

ICE dilaksanakan selama lima minggu bagi siswa yang berasal dari negara berbahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Dalam program ICE, peserta mendapat kesempatan untuk mengajar bahasa Inggris kepada mahasiswa selama musim panas.

Persyaratannya yaitu memiliki kewarganegaraan dari negara berbahasa Inggris dan mengambil kursus tingkat college dalam bahasa Inggris, terdaftar di perguruan tinggi/universitas, siswa jurusan bahasa Inggris, pendidikan, dan /atau TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languange), dan mereka yang memiliki pengalaman mengajar di negara asal juga mendapat prioritas.

Sumber: Tom In Korea

Dilansir dari blog universitaskorea.com, KU juga menyediakan beasiswa khusus bagi pelajar internasional yang ingin berkuliah di Universitas Konkuk, diantaranya:

New Foreign Student Scholarship (Hanya untuk satu semester)

Enrolled Foreign Student

• KGSP (Korean Government Scholarship Program) Scholarship, tersedia juga beasiswa KGSP dari pemerintah Korea Selatan untuk pelajar internasional yang memiliki keinginan untuk belajar di Universitas Konkuk, pilihannya antara lain:

Outstanding Foreign Student Scholarship (Sincerity)

Konkuk Scholarship for New International Students

Outstanding Foreign Student Scholarship (Righteousnesss)

Foreign Student Encouragement Scholarship

Melalui KGSP, pelajar internasional yang berkesempatan belajar di Universitas Konkuk nantinya akan berkontribusi untuk mempromosikan pertukaran internasional dalam pendidikan dan memperdalam ikatan persahabatan antar negara.

Salam Kpopindo!

Cr: Wikipedia, TopUniversities, official website Konkuk University
Kpopindo.id

Add Comment