Seluruh Lagu Kpop Di Bawah Distributor Kakao M, Di Hapus Oleh Spotify - Kpop Indonesia

Seluruh Lagu Kpop Di Bawah Distributor Kakao M, Di Hapus Oleh Spotify

KPOP INFO

Seluruh Lagu K-Pop di Bawah Distributor Kakao M Menghilang di Spotify, Penggemar Protes

Saat ini para penggemar di seluruh dunia sedang menggelar aksi protes mereka kepada pihak Kakao M dan Spotify.

Aksi protes ini disebabkan karena hilangnya lagu-lagu yang didistribusikan oleh pihak Kakao M pada platform streaming musik Spotify.

Seperti yang kita ketahui, Kakao M merupakan salah satu perusahaan distributor musik terbesar di Korea Selatan yang juga merupakan pemilik dari platform streaming musik Melon.

Menurut kabar yang beredar, hilangnya lagu-lagu yang didistribusikan oleh Kakao M di platform Spotify disebabkan karena adanya perselisihan antara kedua belah pihak perusahaan.

Sejak Spotify meluncurkan platform mereka di Korea Selatan, Kakao M dikabarkan telah menarik lisensi lagu-lagu mereka yang ada di Spotify Korea, agar lagu-lagu mereka hanya tersedia di platform streaming Melon.

Buntut dari tindakan yang dilakukan oleh Kakao M, Spotify akhirnya mencabut seluruh lagu milik Kakao M pada platform mereka. Sehingga para penggemar di seluruh dunia kini tidak bisa mendengarkan lagu-lagu K-Pop yang ada di bawah distributor Kakao M pada platform Spotify.

Berbagai artis yang berada di bawah distributor Kakao M mulai dari IU, MAMAMOO, SEVENTEEN, LOONA, MONSTA X, GFRIEND, The Boyz, Sunmi, (G)I-DLE, BtoB, Apink, P1Harmony, DreamCatcher, Epik High, SISTAR, CRAVITY, WJSN, dan masih banyak lagi.

Tablo yang merupakan salah satu personel dari Epik High kemudian menuliskan cuitan di Twitter, “Rupanya ada ketidaksepakatan antara distributor kami Kakao M dan Spotify, sehingga membuat album baru kami ‘Epik High Is Here’ tidak tersedia secara global dan bertentangan dengan keinginan kami. Terlepas dari siapa yang salah, mengapa selalu artis dan penggemarnya yang menderita ketika bisnis lebih mengutamakan keserakahan daripada seni?” tulisnya.

Saat artikel ini diturunkan, kata kunci ‘Spotify’, ‘Kakao M’ dan ‘Melon’ sedang bertengger di lima besar daftar trending topik Twitter dunia dan Indonesia.

Hingga saat ini pihak Kakao M maupun Spotify masih belum memberikan pernyataan apapun terkait isu tersebut.

Via: kpopchart

Kpopindo.id

Add Comment