SKY University: Menapaki Langit Untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Kpop Indonesia

SKY University: Menapaki Langit Untuk Kehidupan yang Lebih Baik

SKY merupakan akronim yang digunakan untuk menyebut tiga universitas paling bergengsi di Korea Selatan, yakni: Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University. Istilah SKY banyak digunakan di negara tersebut, baik dalam media maupun oleh universitas itu sendiri.

Di Korea Selatan, masuk ke salah satu Universitas SKY dianggap sebagai penentu status sosial dan karir seseorang. Banyak orang-orang berpengaruh di Negeri Ginseng yang lulus dari Universitas SKY, seperti politisi, insinyur, pengacara, dokter, birokrat, dan masih banyak yang lain. Pada tahun 2010, dilaporkan terdapat 46,3% pejabat tinggi pemerintah dan 50% CEO industri keuangan besar berasal dari tiga universitas tersebut.

1. Seoul National University

Sumber: Wikipedia

Seoul National University atau sering juga disebut SNU merupakan universitas riset nasional yang berlokasi di Seoul, Korea Selatan. Didirikan pada 22 Agustus 1946 dengan menggabungkan 10 perguruan tinggi di sekitar wilayah Seoul. SNU dianggap sebagai universitas paling bergengsi di Korea Selatan –maka sudah sewajarnya memiliki sebutan tersendiri.

Memiliki motto dalam bahasa Latin: Veritas lux mea yang memiliki pengertian ‘Kebenaran adalah cahaya saya’

Sumber: snu.ac.kr

Dilansir dari website SNU, universitas ini mempunyai empat kampus, kampus utama bertempat di Gwanak, sementara untuk kampus tambahan berlokasi Yeongeon, Pyeongchang, dan Siheung. Memiliki total enam belas perguruan tinggi, satu sekolah pascasarjana, dan sembilan sekolah professional. Untuk sekolah professional, menawarkan studi dalam bidang bisnis, studi lingkungan, ilmu pengetahuan dan teknologi konvergensi, kedokteran gigi, dan masih banyak lagi. SNU juga mempunyai andil dalam penelitian dengan banyak lembaga penelitian ternama di Korea.

Dengan masih bersumber dari website SNU, total mahasiswa yang terdaftar sebanyak 27,813, dengan 16,608 mahasiswa sarjana, 11,205 mahasiswa pascasarjana. Termasuk mahasiswa internasional dari banyak negara salah satunya Amerika Serikat dan Eropa. SNU telah melakukan kerjasama dengan berbagai universitas dan organisasi terkenal di seluruh dunia. Serta sudah menandatangani MoU bersama setidaknya 700 institusi akademik dan World Bank. Sekolah bisnis dari universitas ini juga telah melaksanakan program pertukaran pelajar di 10 negara.

Sementara untuk biaya kuliah baik siswa domestik maupun internasional sama, perbedaannya tergantung program studi yang diambil. Di SNU juga terdapat perpustakaan besar dengan koleksi buku sebanyak 2,6 juta. Memiliki bahasa pengantar utama yakni bahasa Korea, meskipun dari 10 – 20 % mata kuliah diajarkan dalam bahasa Inggris.

2. Korea University

Sumber: Wikipedia

Korea University didirikan pada 5 Mei tahun 1905 oleh seorang Bendahara Rumah Tangga Kerajaan, Lee Young-Ik. Memiliki visi bahwa dengan mendidik generasi muda, Korea dapat tumbuh berkembang sebagai sebuah bangsa serta dapat mengamankan kemerdekaannya. Karena itu KU menjadi universitas di negara Korea pertama yang didanai dan dikelola oleh orang Korea sendiri.

Memiliki motto dalam bahasa Latin: Libertas, Justitia, & Veritas.

Memilki motto dalam bahasa Latin: Libertas, Justitia, Veritas (Liberty, Justice, Truth)

Sumber: korea_university_official

Luas kampus mencapai 182 hektar dan memiliki arsitektur yang megah, halaman rumput yang luas, pepohonan, dan flora alami. Menjadikan KU sebagai salah satu kampus terindah di Korea. Selain itu memiliki 81 departemen di 19 perguruan tinggi dan divisi, serta 19 sekolah pascasarjana. Total pelajar di KU sebanyak 25,450 pelajar dengan pelajar internasional sebanyak 5,188, serta jumlah dari staf fakultas sebanyak 3,750 staf.

Fasilitas yang ditawarkan KU terdapat: perpustakaan –memiliki banyak jenis seperti perpustakaan utama, digital, hingga perpustakaan khusus—, lalu museum, kafetaria, tempat olahraga, fasilitas budaya, asrama, loker siswa, konsultasi siswa, dan pusat kesehatan.

Universitas ini memiliki kelas musim panas atau musim dingin. Biasanya diadakan selama 4 minggu dan 6 minggu, bisa juga digabung antara keduanya. Semua kursus KU ISC (International Summer Campus) memiliki jadwal yang terdiri dari kelas online dan kelas tatap muka (kelas campuran). Program musim panas merupakan salah satu program yang populer di Asia, dan diajarkan oleh fakultas dari lembaga global terkenal.

Bagi pelajar yang memiliki kinerja akademik yang bagus, KU menawarkan bermacam beasiswa sarjana. Juga dalam upaya mengurangi kesulitan finansial, Universitas Korea memberikan penawaran beasiswa kepada pelajar yang membutuhkan bantuan keuangan.

3. Yonsei University

Sumber: Wikipedia

Yonsei University merupakan universitas swasta tertua di Korea yang didirikan pada tahun 1885 oleh misionaris Kristen. Memiliki misi untuk mendidik para pelajar yang akan menjadi pemimpin yang kelak akan ikut andil pada kemanusiaan dalam semangat ‘kebenaran dan kebebasan’ serta untuk mendorong pendidikan, penelitian, perawatan medis, dan kontribusi sosial dalam komunitas global.

Memiliki motto: 진리가 너희를 자유케 하리라. (요한복음 8:32) atau The truth will set you free. (John8:32)

Sumber: www.yonsei.ac.kr

Memiliki jumlah pelajar sebanyak kurang lebih 25.000 pelajar, dimana 5,000 diantaranya merupakan pelajar internasional. Serta memiliki staf fakultas hampir 3,700 orang. Universitas berlokasi di Jantung Seoul dengan suasana khas antara wilayah metropolitan dan pesona tradisi Korea yang terasa kuat.

Universitas memiliki banyak program belajar, salah satunya Study Abroad Yonsei (SAY) yang menawarkan kesempatan untuk mahasiswa yang memiliki rencana untuk belajar di Universitas Yonsei secara singkat, selama satu semester atau satu tahun. Selain itu siswa internasional bisa juga mengetahui banyak mengenai budaya Korea dan turut berpartisipasi dalam berbagai klub dan kegiatan kampus. Selain itu ada juga program Yonsei International Summer School (YISS), yaitu program yang mengajak para pelajar untuk mengambil kursus di Universitas Yonsei. Program ini menawarkan lebih dari 100 pilihan kursus selama 6 minggu.

Untuk beasiswa, Universitas Yonsei juga menawarkan bermacam beasiswa untuk program gelar maupun non-gelar. Baik dari program sarjana dan pascasarjana, program bahasa Korea, dan sekolah musim panas dan musim dingin. Untuk pelajar internasional juga bisa mengetahui opsi beasiswa nasional melalui program KGSP.

Universitas diatas sering menjadi alasan besar para pelajar Korea untuk giat belajar rajin dan agar bisa bergabung, mungkin dengan kuliah di universitas ini bisa disebut memperbaiki hidup. Berminat juga? Maka bersiaplah untuk belajar gila-gilaan.

Salam Kpopindo!

Cr: Wikipedia, namsankoreancourse.com.
Kpopindo.id

Add Comment