Suga Mixtape: Agust D & Agust D ‘D-2’ - Kpop Indonesia

Suga Mixtape: Agust D & Agust D ‘D-2’

Berbagai sumber

Salah satu personil grup ternama BTS, Suga, mengeluarkan dua mixtape solonya. Yang masing-masing berjudul Agust D dan D-2. Perilisan dua mixtape tersebut memiliki jarak yang cukup lama, Agust D dirilis pada 15 Agustus 2016, sementara D-2 diluncurkan tanggal 22 Mei 2020.

Suga sempat mengatakan bahwa D-2 semestinya rilis lebih awal, namun harus tertunda karena ada proyek yang harus diprioritaskan. Ia juga memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mempersiapkan mixtape keduanya. Yang menariknya, Suga merilis dua mixtape nya tanpa promosi dan bisa diunggah secara gratis.

Terdapat fakta unik dari Suga dan Agust D. Suga mengungkapkan dalam wawancara bersama TIME, bahwa Suga BTS dan Agust D merupakan dua karakter yang berbeda. Jika dalam nama Agust D, Suga lebih mengeluarkan sisi ‘liar’ dan perasaan dari dirinya, ia juga memiliki kebebasan dalam membuat lagu yang sesuai keinginannya tanpa harus memilah-milah genre. Namun kesamaan antara dua nama tersebut yakni keduanya sama-sama menyanyi tentang mimpi dan harapan.

Sebagai seorang rapper yang terkenal bersama grupnya, kemampuan Suga memang tidak main-main. Selain sebagai rapper, ia juga sering turut andil dalam penulisan lirik dan pembuatan lagu. Dalam sebuah wawancara bersama Grazia, Suga mengungkapkan sebuah fakta, bahwa ia mulai membuat musik ketika berusia 13 tahun, dan mulai bekerja di MIDI. Kemudian pada usia 17 tahun, ia mulai bekerja di sebuah studio di Daegu. Jadi kemampuannya bukan sembarang kemampuan. Suga sangat serius dalam hal musik, dan ia berharap musiknya bisa menghibur orang-orang.

Agust D

Sumber: Pinterest

Track list:
• Intro: DT sugA
• Agust D
• Give It To Me
• Skit
• While 724148
• 140503 at Dawn
• The Last
• Tony Montana
• Interlude: Dream, Reality
• So Far Away

Agust D menjadi mixtape debut Suga. Dirilis pada 15 Agustus 2016 oleh Big Hit Entertainment di SoundCloud dan berisikan total sepuluh lagu. Pengertian dari nama Agust D yaitu Agus sebagai kebalikan dari namanya: Suga. Sementara t dan D merupakan ejaan terbalik dari DT, insial dari tempatnya lahir, Daegu Town.

Sumber: soompi

Bergenre hip-hop dan banyak berbeda dengan musik BTS. Suga mengungkapkan bahwa dalam mixtape ini ia ingin menuangkan semua yang ingin dirinya lakukan kedalamnya, tidak peduli dengan siapa bekerja atau dengan siapa ia tampil, agensi pun tidak ikut campur, pula tidak perlu memikirkan popularitas, dan Suga tidak mengkhawatirkan tentang chart, bahkan musiknya dirilis secara gratis.

Music video Agust D diunggah bersamaan dengan rilisnya mixtape, kemudian pada 18 Agustus, rilis music video kedua, Give It To Me. Suga tidak melakukan promosi apapun untuk mixtapenya, pada masa perilisan ia hanya melakukan wawancara bersama Grazia Korea dan Marie Claire Korea.

Sumber: Pinterest

Fuse kemudian memberi ranked enam belas dalam daftar 20 mixtape terbaik selama tahun 2016. Pada Februari 2018, mixtape dirilis ulang untuk pembelian digital dan streaming tanpa dua lagu utama. Perilisan ulang tersebut meraih posisi tiga di Billboard’s World Albums Chart, posisi lima di Album Hotseekers, dan posisi tujuh puluh empat di Top Album Sales. Serta menjadikan Agust D mencapai posisi empat puluh enam di chart Emerging Artist.

Agust D ‘D-2’

Sumber: Pinterest

Track list:
• Moonlight
• Daechwita
• What Do You Think?
• Strange (Ft. RM)
• 28 (Ft. NiiHWA)
• Burn IT (Ft. MAX)
• People
• Honsool
• Interlude: Set Me Free
• Dear My Friend (Ft. Kim Jong-wan)

D-2 diluncurkan ke publik pada 22 Mei 2020 dengan berisikan total sepuluh lagu, dengan lagu utama berjudul Daechwita. Judul lagu utama tersebut merupakan nama dari musik tradisional Korea, dengan iringan perkusi Kkwaengwari dan genre Pansori. Daechwita biasanya digunakan dalam sebuah ritual atau upacara untuk mengiringi langkah raja. Memiliki perkembangan pada zaman kini, yang sekarang digunakan sebagai musik pengiring militer dan dimainkan dalam formasi marching band.

Sumber: Pinterest

Suga mengatakan bahwa mixtape ini lebih fokus menceritakan masa kini, berbeda dengan mixtape pertamanya, Agust D, yang mengisahkan masa lalu. D-2 menurutnya merupakan dokumentasi diri Suga sejak 2016 dan seterusnya serta dokumentasi dirinya saat berusia 28 tahun.

Dalam mixtape kali ini, terdapat featuring bersama beberapa artis seperti MAX, NiiHWa, Kim Jong-wan, dan rekan satu grupnya, RM.

Terdapat kontroversi pada single What Do You Think? karena sepenggal kalimat dari pidato pemimpin sekte Jim Jones ada didalam lagu tersebut. Jim Jones merupakan pemimpin aliran sesat yang mengajak melakukan pembunuhan massal-bunuh diri, dengan korban total sebanyak 909 orang dan 304 kematian di antaranya adalah anak-anak. Oleh sebab itu banyak kritikan yang diterima oleh Suga. Big Hit, selaku agensi menanggapi berita tersebut dan meminta maaf. Kemudian kalimat tersebut dihilangkan dengan merilis versi baru.

Sumber: Pinterest

D-2 memuncak di posisi sebelas pada Billboard 200, posisi tujuh di Offical UK Chart dan posisi dua di ARIA chart, memecahkan 3 rekor baru untuk mixtape karya artis solo Korea dengan peringkat tertinggi di AS, Inggris, dan Australia. Lagu Daechwita meraih posisi tujuh puluh enam di Billboard Hot 100, menjadikan Suga sebagai solois pertama yang mendapat posisi secara bersamaan di Hot 100 dan Hot 200. Lead single tersebut juga memuncak di posisi satu pada Billboard World Digital Songs Sales, menjadi artis solo Korea pertama yang berada di posisi tersebut.

Salam Kpopindo!

Sr: Wikipedia, iwantantomi.com, antaranews.com.
Kpopindo.id

Add Comment