Sungkyunkwan University, Didirikan Sejak Zaman Dinasti Joseon - Kpop Indonesia

Sungkyunkwan University, Didirikan Sejak Zaman Dinasti Joseon

Sr: Pinterest

Sungkyunkwan University (SKKU atau mudahnya Seongdae, Hangeul: 성균관대학교; Hanja: 成均館大學校) didirikan pada awal Dinasti Joseon tahun 1398 sebagai lembaga pendidikan nasional tertinggi pada masa itu di Korea. Sungkyunkwan University menjadi salah satu universitas tertua yang ada di Asia Timur dan sebagai yang tertua, universitas ini telah banyak mengajar pemimpin masyarakat Korea selama lebih dari 600 tahun.

Ideologi SKKU, 수기치인 (修己治人), diucapkan ‘Su-Gi-Chi-In’, mendidik bahwa siswa SKKU berusaha untuk meningkatkan kualitas diri sendiri sebagai pemimpin dan berkontribusi pada masyarakat. Ideologi tersebut merupakan prinsip dasar yang digunakan SKKU untuk mengajar dan membesarkan para pemimpin masyarakat selama lebih 6 abad, sehingga memiliki kontribusi dalam perkembangan masyarakat. Dalam perjalanannya, SKKU berupaya untuk menyatukan filosofi tradisinya dengan teknologi modern untuk mengembangkan kemampuan lulusan global yang akan memimpin abad ke-21.

Sr: skku.com

Motto SKKU: ‘仁義禮智’ (인의예지)
Inggris: Humanity, Righteousness, Propriety, Wisdom. Motto tersebut sebagai cerminan dari semangat dasar Konfusianisme (KBBI: inti ajaran filsafat Cina yang mengajarkan peningkatan moral dan etika).

Sungkyunkwan berdiri sejak 600 tahun lalu oleh dekrit kerajaan untuk mempromosikan beasiswa pendidikan dalam Konfusianisme. Dan selama lima puluh tahun terakhir, telah banyak melampaui sejarah sebelumnya. Salah satunya perkembangan dimana SKKU kini memiliki dua buah kampus.

Humanities and Social Sciences Campus yang terletak di Seoul, bertempat di Universitas Sungkyunkwan asli. Dan sebagai pusat budaya, ekonomi, dan politik bangsa, Seoul memberikan banyak kesempatan kepada para mahasiswa untuk melakukan berbagai penelitian dan menerima banyak manfaat dari sumber daya kota. Didalam kampus terdapat 6 sekolah dan 3 perguruan tinggi dan banyak sekolah pascasarjana.

Sr: Pinterest / worldarchitecturenews.com

Dan kampus kedua, Natural Sciences Campus bertempat di Suwon. Didirikan pada 1978, jaraknya 45 KM dari ibukota. Memiliki 5 sekolah dan 2 perguruan tinggi, serta berbagai sekolah pascasarjana. Untuk sekarang ini, Sungkyunkwan sedang mendirikan kampus ke-3 di Pyongtaek.

SKKU memiliki program internasional diantaranya:

Inbound Exchange/Visiting Program, terbagi menjadi:

The Exchange Student Program (ESP)
Program ini untuk mahasiswa internasional dari universitas yang sudah menjalin kerjasama dengan SKKU. Didalamnya tersedia kursus yang menarik serta berbagai kegiatan dimana para mahasiswa internasional bisa merasakan budaya dan sejarah Korea.

• The Visiting Student Program (VSP)
Tujuan dari program ini untuk menjaring mahasiswa berprestasi dari universitas luar negeri yang tidak bekerja sama dengan SKKU. Ketika menjalani VSP, mahasiswa memiliki kesempatan kehidupan kampus di SKKU bersama mahasiswa lokal dan internasional lainnya.

International Summer Semester (ISS), berlangsung selama empat minggu dengan tema kegiatan yang berbeda setiap tahun, yang kemudian digabungkan pada setiap courses untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik.

Winter International Student Experince (WISE), kegiatannya dilaksanakan dalam waktu 2 minggu, dalam waktu tersebut mahasiswa diberi kesempatan untuk mempelajari K-Culture lebih mendalam. K-Culture sendiri mengacu pada budaya Korea yang populer dan telah mencapai ketenaran internasional dalam beberapa tahun terakhir dengan munculnya K-Pop dan K-Drama, serta masih banyak yang lainnya. Siswa di kegiatan ini akan belajar mengenai media, seni, hiburan, tari, fashion sebagai bisnis Korea, bahasa, dan budaya tradisional Korea.

Program lain:

• International Freshmen Welcome Program
• Outbond Exchange Program
• Study Abroad Program
• Short-term Program

Selain itu terdapat event universitas yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Diantaranya:

• University Festival
• Volunteer Activities for Rural Communities
• Walking Across the Country
• Overseas Culture Experience
• School Anniversary Festival
• Homecoming Day for ‘30th, 40th, 50th’ Anniversaries of Admission

SKKU bermitra dengan Samsung pada periode 1965 – 1977 dan diperpanjang pada tahun 1996. Partnership ini banyak membantu SKKU mewujudkan visinya dalam mengejar globalisasi dan membina lulusan berbakat. Melalui kerjasamanya dengan Samsung, SKKU telah mengembangkan infrastruktur penelitian berkualitas tinggi dan meraih pengelolaan SDM yang unggul. Karena partnership ini juga memungkinkan SKKU untuk mengembangkan banyak program akademik dalam pengembangan perangkat lunak, teknik komunikasi seluler, teknik energy, nanoteknologi, bisnis, hukum , dan kedokteran. Salah satunya di bidang kedokteran, berdirinya Samsung Medical Center (SMC).

Setiap tahun, sekitar 15 sampai 25 siswa dipilih untuk program teknik Seoul National University atau SKKU’s Graduate School of Business (SKK GSB) melalui Samsung Global Scholarship Program (GSP).

Terdapat hal menarik lain dari SKKU, yakni memiliki drama berdasarkan kampus lama Sungkyunkwan, berjudul Sunkyunkwan Scandal. Mengisahkan seorang siswi yang menyamar sebagai laki-laki untuk menghadiri akademi Konfusianisme khusus laki-laki. Drama ini dibintangi oleh salah satu alumnus juga, Song Joong-ki.

Selain Song Joong-ki, terdapat banyak alumni lainnya yang berkiprah di dunia hiburan. Ada Cha Eun-woo (ASTRO), Jo Bo-ah, Krystal Jung (f(x)), Moon Ga-young, Ku Hye-sun, Lee El, Uee (After School), dan masih banyak yang lainnya.


Salam Kpopindo!

Sr: Wikipedia, official website SKKU
Kpopindo.id

Add Comment