Super Group SuperM! - Kpop Indonesia

Super Group SuperM!

Sumber: Allkpop

SuperM merupakan grup musik asal Korea Selatan, bentukan SM Entertainment dan Capitol Music Group. Debut pada 4 Oktober 2019, dengan tujuh anggota dari empat grup musik yang berbeda asuhan SM Entertainment: Taemin dari SHINee, Baekhyun dan Kai dari EXO, Teyong dan Mark dari NCT 127, terakhir Ten dan Lucas dari Wayv.

Sebelum SuperM debut pada 2019, sudah beredar banyak rumor tentang SM yang akan mendebutkan ‘K-Pop Super Boy Band’. Pada 7 Agustus 2019, Steve Barnett, ketua Capitol Music Group dan Lee Soo-man selaku pendiri SM Entertainment, di Kongres Capitol 2019, mengumumkan secara resmi grup yang mereka buat. Yakni SuperM. Huruf M sebagai singkatan dari Matrix dan Master yang mengartikan bahwa setiap anggota menjadi bintang di grup mereka sendiri.

Dijuluki sebagai Avengers of K-Pop, sesuai pernyataan Chris Lee sebagai eksekutif dan direktur SM A&R di wawancara bersama Billboard, bahwa grup yang dipersiapkan selama satu tahun ini menurutnya sangat cocok menggunakan Avengers sebagai gambaran grup. Seperti Avengers juga memiliki grupnya masing-masing, Captain America mempunyai filmnya sendiri, pula dengan Iron Man atau Thor. Tetapi ketika mereka berkumpul bersama, sinergi mereka terlihat lebih hebat.

Selama tiga tahun debut, SuperM telah memiliki beberapa album yang memiliki kesuksesannya masing-masing didalam maupun diluar negeri.

1. SuperM The 1st Mini Album ‘SuperM’

Sumber: Pinterest / SM Global Shop

Album type: Mini Album
Genre: Dance
Record Label: SM ENTERTAINMENT
Distribution: ETC
Release: 2019.10.04
Track List:
• Jopping
• I Can’t Stand The Rain
• 2 Fast
• Super Car
• No Manners

Album SuperM dirilis 4 Oktober 2019 oeh SM Entertainment dan Capitol Records. Versi CD memiliki delapan versi yang berbeda: edisi individu dari setiap member dan edisi united. Title track-nya yakni single Jopping.

Satu hari usai perilisan album, SuperM mengadakan debut concert mereka di Capitol Records Building di Los Angeles, dan debut tv di acara The Ellen DeGeneres Show pada 9 Oktober. Kemudian pada November 2019, SuperM memulai tur pertama bertajuk We Are the Future Live.

Pada minggu pertama perilisan, super grup ini menapaki posisi nomor satu di US Billboard 200 dengan 168.000 album-equivalent units. Membuat SuperM mencatat rekor sebagai artis pertama Korea yang mencapai posisi satu dengan album debut. Dan mendapat posisi teratas selama delapan minggu berturut-turut di Billboard Albums Chart. Usai perilisan album, SuperM juga menjadi artis musik teratas di US sampai 19 Oktober karena menduduki posisi puncak pada Billboard’s Artist 100, juga menjadi artis K-Pop kedua yang menyusul posisi BTS di tempat yang sama. Didalam negeri, album SuperM mendapat posisi tiga di Gaon Albums Chart dan terjual 159.590 kopi hanya dalam satu hari.

2. Let’s Go Everywhere – Korean Air X SuperM

Sumber: Fandom

Album type: Single
Genre: Dance
Record Label: SM ENTERTAINMENT
Distribution: ETC
Release: 2019.11.18
Track List:
• Let’s Go Everywhere
• Let’s Go Everywhere (Inst.)

Let’s Go Everywhere merupakan single promosi pertama SuperM. Dirilis 18 November 2019 bekerja sama dengan Korean Air.

3. SuperM Single ‘100’

Sumber: Pinterest

Album type: Single
Genre: Dance
Record Label: SM ENTERTAINMENT
Distribution: ETC
Release: 2020.08.14
Track List:
• 100

Single ini akan menjadi bagian album Super One yang dirilis 25 September kemudian. Lagu ini memiliki genre breakbeat yang intens dengan elemen dubstep dalam ritme yang dinamis. Salah satu anggota, Mark juga turut berpartisipasi dalam penulisan dan produksi lagu tersebut. Melalui wawancara bersama Billboard, Mark mengungkapkan bahwa dengan 100 persen energi SuperM bisa memberikan 100 persen kepada para penggemar. Lewat energi itu berharap bisa mengatasi semua hal negatif bersama-sama.

SuperM menampilkan single ini secara live untuk pertama kalinya pada 20 Agustus di acara Good Morning America.

4. SuperM Single ‘Tiger Inside’

Sumber: Pinterest / Adam Kropla

Album type: Single
Genre: Dance
Record Label: SM ENTERTAINMENT
Distribution: ETC
Release: 2020.09.01
Track List:
• Tiger Inside

Sama seperti single 100, Tiger Inside masuk kedalam rangkaian album Super One. Merupakan lagu genre dance yang mempunyai tema oriental dengan suara synthesizer dan 808 bass yang kuat, membuat teringat pada gerungan hewan buas. Didalam liriknya terdapat pesan yang menyampaikan untuk menghadapi tantangan dengan mengeluarkan inner beast –diibaratkan seekor harimau yang tersembunyi—yang ada didalam diri.

5. SuperM The 1st Album ‘Super One’

Sumber: Pinterest

Album type: Regular
Genre: Dance
Record Label: SM ENTERTAINMENT
Distribution: ETC
Release: 2020.09.25
Track List:
• One (Monster & Infinity)
• Infinity
• Monster
• Wish You Were Here
• Big Chance
• 100
• Tiger Inside
• Better Days
• Together At Home
• Drip
• Line ‘Em Up
• Dangerous Woman
• Step Up
• So Long
• With You

Super One menjadi full album pertama SuperM. Dirilis pada 25 September 2020 oleh SM Entertainment dan Capitol Records. Album dirilis dalam lima versi: dua versi grup dan tiga versi unit. Sementara versi Asia akan dirilis satu hari kemudian. Memiliki lead single One (Monster & Infinity) yang disebut hybrid remix karena merupakan kombinasi dari dua lagu berbeda. Dengan lirik yang menceritakan kemauan untuk mengatasi semua kesulitan didepan mata tanpa rasa takut.

Sumber: Pinterest

Usai perilisan, Super One memulai prestasi dengan meraih posisi dua di US Billboard 200 dengan 104.000 album-equivalent units. Mendapat posisi teratas di Billboard World Albums Chart, menjadi lagu kedua yang menempati puncak setelah album debut mereka, SuperM. Juga pertama kalinya mencapai nomor satu di Billboard Album Independen Chart.

Di Jepang, SuperM menapaki nomor satu di total lima charts di Line Music. Tak lama setelah rilis, album Super One meraih puncak di realtime/daily Line Music Album Chart. Sementara untuk single utama menjadi lagu nomor satu di Line Music tahun 2020 setelah single 100 dan Tiger Inside.

Sebagai grup yang memiliki member dengan popularitasnya masing-masing, maka sangat bisa untuk meraih berbagai prestasi. Hal itu tentu sesuai dengan kerja keras para member sebelumnya. Tetap dukung SuperM ya!

Salam Kpopindo!

Cr: Wikipedia, Fandom, CNN Indonesia, dan kapanlagi.
Kpopindo.id

Add Comment