Tablo Epik High Puji BTS Karena Membawakan Lagu Tentang Kesehatan Mental - Kpop Indonesia

Tablo Epik High Puji BTS Karena Membawakan Lagu Tentang Kesehatan Mental

Sr: Koreaboo

Lewat musik, kehidupan orang bisa berubah. Bahkan mungkin melalui musik, orang-orang berhasil mempertahankan diri mereka. Dunia ini luas, kemungkinan seperti itu bisa terjadi. Dan dilihat dari karya mereka saat ini, hal itu bisa membawa perubahan bagi dunia.

BTS membuat para pendengar lagunya merasa tidak sendirian. BTS selalu menemani penggemarnya.

Sr: Pinterest

Menurut Tablo Epik High, di beberapa tempat di dunia, kesehatan mental masih menjadi sesuatu yang jarang dibicarakan, tetapi artis seperti BTS sedang melakukan sebuah perubahan.

Tablo membahas kolaborasi baru Epik High dengan Colde, “Rain Song,” dalam sebuah wawancara bersama NME. Didalam wawancara itu ia turut membahas mengenai bagaimana dia menghadapi masa-masa kelam dan hujan dalam hidupnya.

Aku selalu merasa – dan kedengarannya sangat klise – aku hidup dengan awan gelap di atasku.  Tetapi aku juga menyadari bahwa tergantung diriku untuk membangun kekuatan untuk melindungiku dan orang yang aku cintai dari hujan itu, atau dari awan hujan yang aku bawa. — Tablo

Krisis kesehatan mental di seluruh dunia semakin membesar di dalam pandemi COVID-19.  Ketika orang-orang bertahan didalam rumah, berjuang untuk mengatasi tekanan finansial akibat pandemi, stress karena terus terkurung dan merasa takut karena tertular. Di saat seperti itu kebutuhan akan dukungan kesehatan mental tidak dipikirkan.

Selama bertahun-tahun, pembicaraan mengenai kesehatan mental seolah “disembunyikan” di Korea Selatan, tetapi bagusnya, hal itu berubah.  Dalam beberapa tahun terakhir, artis K-Pop telah mendorong diskusi yang sehat tentang topik kesehatan mental, dan secara terbuka membagikan perjuangan dibalik kesulitan mereka sendiri.

“Pasti ada kemajuan yang dibuat, di mana orang-orang langsung mengatakannya di depan umum,” kata Tablo kepada NME.  “Ini tidak terjadi ketika aku tumbuh dewasa, atau bahkan ketika aku tumbuh dewasa dalam industri ini.” lanjutnya.

Ketika ditanya perubahan apa yang masih perlu dilakukan dalam industri hiburan untuk kesehatan mental, Tablo mengungkapkan betapa pentingnya bagi musisi untuk mengekspresikan diri melalui keahlian mereka atau melewati musik mereka.

Ini adalah hal yang sulit untuk menemukan solusi, tetapi kupikir penting bagi orang untuk melakukan yang terbaik, untuk berbicara melalui apa yang mereka lakukan yang terbaik.  Musisi harus berbicara melalui musik, seniman melalui lukisan mereka, melalui tarian, melalui media apa pun yang mereka telah diberkati, dan berbicara tentang emosi mereka. — Tablo

“Aku tahu pasti bahwa [artis seperti] BTS sangat terbuka dalam menciptakan lirik tentang apa yang mereka rasakan dalam hati, dan itu terhubung dengan, tentu saja, banyak orang di seluruh dunia,” lanjut Tablo.  “Itu penting. Kamu tahu mereka melakukan [itu] melalui apa yang menurut mereka yang terbaik. [Dan kemudian, dari sana], aku pikir percakapan akan terjadi.”

Di mixtape pertamanya, AGUST D, Suga menulis tentang perjuangannya melawan depresi dan kecemasan sosial. Ia berbagi kesulitannya untuk para pendengar. Dengan menulis tentang kesehatan mental, penyanyi seperti BTS dan Epik High membantu pendengarnya mengetahui bahwa mereka tidak sendirian. Mereka menemani pendengarnya di saat-saat down maupun di saat bahagia.

Bahkan jika percakapan tidak terjadi, akan ada orang yang mendengarkan atau menonton, merasa seperti mereka tidak sendirian, dan itu adalah hal yang sangat penting.  Seperti aku telah melalui periode yang lama di mana aku merasa seperti benar-benar sendirian.  Dan penting bagi kamu untuk menemukan cara agar tidak merasa sendirian. — Tablo

Salam Kpopindo!

Sr: Koreaboo.
Kpopindo.id

Add Comment